Belajar Html Lengkap Dan Mendasar Bagi Pemula

Tentang HTML, Kemungkinan banyak yang belum mengerti apakah itu HTML, apa yang dimaksud dengan HTML, pengertian dari HTML. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Mark up Language, masing-masing ada artinya.

Sebuah text biasa yang terdapat di dalam HTML tidak hanya memiliki satu fungsi melainkan lebih dari satu. Fungsi lainnya yang dimaksud adalah bahwa text biasa tersebut bisa berubah menjadi link.

Belajar Html Lengkap Dan Mendasar Bagi Pemula

Jika kita klik textnya maka linknya bisa berpindah dari halaman yang satu ke halaman yang lain. Kemampuan text berpindah-pindah halaman inilah yang kemudian dikenal dengan nama Hyper Text.

Kalau kita ingin memberi tanda bagian-bagian yang ada di dalam text dengan menggunakan bahasa HTML pada umumnya kita memakai sebuah tanda atau mark. Inilah yang disebut dengan nama Mark up Language.

Tanda atau mark yang dimaksudkan tadi biasanya dikenal dengan istilah HTML tag. Pengejawantahannya contohnya seperti ini, bisa jadi text yang berada di antara suatu tanda akan tampak besar namun bisa juga di sisi lain text yang berada di antara tanda yang lainnya akan tampak tebal. HTML ini bisa dilihat melalui aplikasi Google Chrome atau Mozilla Firefox.

HTML itu sendiri sangat berkaitan erat dengan web. Hal ini disebabkan karena bahasa dasar dari pembuatan sebuah web adalah HTML. Di samping HTML masih banyak lagi komponen yang dijadikan bahan untuk membuat web.

HTML adalah bahasa Mark up Language, merupakan bahasa struktur, yang mempunyai fungsi memberikan tanda pada bagian-bagian yang ada pada sebuah halaman. Jadi apabila ada yang mengatakan bahwa HTML adalah bahasa pemrograman maka pendapat tersebut salah.

HTML untuk saat ini versinya sudah yang terbaru, yakni HTML5. Pertama kalinya yang digunakan adalah versi x-HTML (eXtensible Hyper Text Mark up Language). Selanjutnya versi yang dipakai adalah HTML4.

Perbedaan antara versi sebelumnya dengan yang paling baru dari HTML sangatlah sedikit sehingga kalau suatu saat kita menemukan artikel yang memakai x-HTML atau HTML4, bisa langsung disamakan dengan HTML5.

Belajar HTML Lengkap Untuk Pemula

Di uraian sebelumnya di atas kita sudah dijelaskan sedikit banyak tentang HTML. Selanjutnya yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana sebagai pemula, yang sangat awam ingin mempelajari cara membuat HTML.

Kalau kita ingin belajar HTML maka program yang paling tepat untuk mendampinginya adalah Notepad. Sebagai langkah awal belajar HTML lengkap dan mendasar bagi pemula adalah dengan mempersiapkan perangkatnya terlebih dahulu, bisa itu Personal Computer atau laptop.

Langkah selanjutnya adalah membuka Personal Computer atau laptop kemudian mengklik start. Setelah itu pilihlah program Notepad. Kalau program Notepadnya sudah terbuka maka kita tuliskan beberapa kode yang ada pada HTML.

Kode-kode HTMLnya :

<html>, <head>, <tittle>Modul Belajar HTML</tittle>, <meta name=”description” content=”Modul belajar HTML untuk pemula”>. <meta name=”keyword” content=”modul html,belajar html”>, <head>, <body>, </body>, </html>.

Kode-kode HTML tersebut langsung kita simpan dengan cara mengklik file. Selanjutnya pilihlah save as. Kita tentukan dulu di mana tempat untuk menyimpannya.

Contohnya di my document di folder latihan untuk file namenya ditulis dengan nama latihan1.html. nantinya kalau ingin menyimpannya di menu save as type kita isi dengan tulisan all file. Setelah itu mengklik save.

Cara selanjutnya adalah belajar membuat link dengan kode HTML. Misalnya kata yang akan kita pilih atau kata yang akan terlihat dalam linknya dalam hal ini ancor textnya adalah langkah-langkah dalam membuat suatu website.

Untuk alamat atau URL dari halaman yang akan dituju misalnya https://dewi.com/internet-dan-komputer/langkah-langkah-membuat-suatu-site.

Kalau kita ingin mengedit warna teks, masih dalam konteks belajar kode warna HTML caranya adalah dengan (contoh) mengetik <font color=”blue”>kata yang diedit</font>. Jika ini kita lakukan maka dengan sekejap teks akan berubah warnanya menjadi biru.

Jika ingin memberikan kode kombinasi warna HTML, jenis huruf, ukuran huruf serta paragraf barunya maka caranya adalah dengan mengetik (semisal) <p align=”left”><font face=”times new roman” size=”10” color=”blue”> kata yang diedit</font></p>. Nantinya akan terlihat paragrafnya menjadi rata kiri, jenis hurufnya times new roman, ukuran hurufnya 10, teksnya akan berubah menjadi biru warnanya.

0 Response to "Belajar Html Lengkap Dan Mendasar Bagi Pemula"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan