Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya Terbaru

Bagi kamu yang suka dengar Seni Grafis pasti menghubungkan pada dunia percetakan semata. Artikel ini akan membahas pengertian dan macam-macam seni grafis beserta contohnya terbarunya. Mungkin pemahaman kamu tentang seni grafis adalah seni menggambar saja namun ternyata arti seni grafis akan kita bahas lebih luas dari itu.

Pemahaman Awal Tentang Seni Grafis

Seni Grafis berawal di China dengan dimulainya penggandaan tulisan-tulisan keagamaan yang diukir di atas kayu atau ditulis di kertas. Di Indonesia sendiri seni grafis ini muncul pada tahun 1950-an dimana tokoh seni grafis waktu itu yang bernama Suromo dan Abdul Salam yang berasal dari Yogyakarta membuat karya cukil kayu untuk membuat poster-poster perjuangan.

Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya Terbaru

Pengertian dari Seni Grafis sendiri adalah seni gambar yang di cetak.  Asal mula kata Grafis sendiri berasal dari kata Graphein yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti “menulis”. Inti pengertian dari Seni Grafis sendiri adalah seni berupa tulisan atau gambar yang di cetak dan bisa diperbanyak. Karena itu Seni Grafis ini sering dikaitkan dengan industri printing atau percetakan.

Seni Grafis sebenarnya adalah cabang terapan dari Seni Rupa yang menggunakan kecanggihan teknologi yakni dengan computer dan juga mesin cetak untuk mencetak hasil karyanya dan dapat diperbanyak seperti yang kita temukan di papan reklame, majalah, koran dan juga pakaian.

Macam-Macam Jenis dan Teknik Dalam Seni Grafis

1. Fotografi

Fotografi  merupakan wujud seni grafis yang memakai pencitraan dalam suatu objek. Unsur seni dalam fotografi ini yang di tonjolkan adalah komposisi foto. Foto akan semakin bagus ketika semakin bagus juga komposisinya. Hasil foto akan semakin bagus jika ada pesan khusus yang tersirat di dalamnya. Kamera adalah peralatan inti dalam Fotografi. Hasil foto bisa di simpan atau di cetak.

2. Relief

Jenis Seni Grafis berikutnya adalah proses percetakan dimana adanya lapisan timbul pada lempengan cetakan atau pada balok kayu dimana lapisan yang timbul diberi tinta sedangkan lapisan yang tersembunyi (tidak timbul) tidak diberikan tinta. Sehingga ketika dilakukan penempelan maka akan dihasilkan cetakan yang diinginkan. Stempel adalah contoh dari teknik relief dalam Seni Grafis.

3. Cetak Plano

Teknik Cetak Plano adalah teknik mencetak pada lapisan datar. Teknis jenis ini memanfaatkan perbedaan air dan minyak yang tidak dapat saling menyatu. Teknis ini telah menjadi cikal bakal terbentuknya mesin cetak offset dengan menggunakan pelat yang contohnya diterapkan pada mesin scanner dan mesin fotocopy.

4. Cetak Stensil

Teknik Cetak Stensil ini diterapkan pada pencetakan spanduk dan juga pada papan peringatan seperti pada rambu-rambu lalu lintas.

Cara kerja Cetak Stensil ini adalah dengan menggunting dengan membuat kondisi bolong pada media untuk dicetak lalu akan ditempelkan ke kain atau papan yang akan dicetak gambar atau huruf tersebut dan setelah itu semuanya dicat atau disemprot. Ketika kertas pencetak tadi dicopot atau dicabut maka akan meninggalkan hasil dari cetakannya.

5. Cetak Saring

Jenis Teknis Cetak Saring ini adalah perkembangan dari Cetak Stensil di mana yang digunakan adalah bentuk kertas yang sudah bolong terpotong atau tergunting dengan lebih memperhatikan beberapa cetakan huruf yang memiliki lubang di tengah seperti huruf A, B, D, E, O. Teknik ini sering disebut teknik Sablon.

6. Cetak Intaglio

Seni Cetak Intaglio adalah teknik cetak timbul dengan cara menggoreskan atau menorehkan pada plat aluminium yang akan membentuk gambar sesuai yang diinginkan pada plat aluminium tersebut. Lalu tahap berikutnya adalah area yang tergores dan berbentuk gambar tersebut akan diberikan tinta lalu kemudian ditempelkan pada kertas basah. Bentuk hasil cetakan teknik Intaglio adalah dalam percetakan uang kertas.

7. Kolagrafi

Seni Grafis dengan teknik Cetak Kolagrafi dengan menggunakan penempelan objek dengan kanvas yang kemudian keseluruhannya akan dibubuhi dengan cat dan setelah itu objek itu dilepas.
Pada area yang tidak diberikan cat akan berbentuk objek tersebut dengan bentuk cekung. Walaupun Kolagrafi mempunyai kata dasar dari kolase namun seni kolagrafi sendiri sebenarnya tidak ada kaitannya sendiri dengan kolase.

Seni Grafis akan selalu ada dan bahkan akan selalu berkembang. Bagi kamu yang tertarik terjun dalam Seni Grafis setelah membaca artikel berkaitan dengan pengertian dan macam-macam seni grafis beserta contohnya terbaru ini silahkan kamu pertimbangkan dari 7 teknik Seni Grafis tersebut kamu cocok di bidang yang mana.

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya Terbaru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan