Cara Gampang Membuat Minyak Pomade Warna Sendiri

Pomade memang salah satu minyak rambut yang kini banyak digemari oleh para pria karena mampu membantu penataan rambut dengan mudah dan dapat bertahan lama. Banyak produk yang dijual dipasaran dengan berbagai macam merek.

Cara Gampang Membuat Minyak Pomade Warna Sendiri

Tetapi apakah kamu tahu kalau minyak pomade ini bisa dibuat sendiri dirumah? Pasti tidak kan, Nah ada cara gampang membuat minyak pomade warna sendiri.

Cara Membuat Minyak Pomade

Dalam membuat minyak pomade untuk rambut, kamu harus menyiapkan dulu bahan-bahan untuk pembuatan minyak rambut tersebut seperti :

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini sangat bermanfaat untuk kelembabkan dan mengatasi masalah pada rambut. Tak hanya itu bahan alami ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Tekstur dari bahan ini tidak begitu berminyak sehingga membuat rambut kamu tetap terlihat lembut dan indah.

2. Lilin Madu (Beeswax)

Beeswax merupakan sebuah lilin madu yang diproduksi langsung oleh lebah yang berada di sarangnya. Biasanya lilin madu ini juga kerap sekali dijadikan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik karena dapat melembabkan dan berkilau. Lilin madu ini juga ada dijual dipasaran dalam bentuk kemasan yang dijual pada toko kosmetik atau banyak juga dijual secara online.

3. Lempung Bentonit

Bahan ketiga yaitu lempung bentonit yang merupakan jenis tanah liat. Pada dasarnya tanah ini berbentuk pada sebuah proses pelapukan abu vulkanik sehingga memiliki kaya akan kalsium dan natrium dan cocok diolah untuk obat dan kosmetik.

Untuk rambut jika menggunakan lempung bentonit sangat bermanfaat karena dapat menjadi penangkal dari radikal bebas, sehingga rambut tidak mudah rusak.

4. Minyak Esensial

Minyak yang satu ini sebenarnya hanya sebagai pewangi saja. Dalam cara gampang membuat minyak pomade warna sendiri biasanya digunakan kayu cendana untuk bahan pembuatan minyak tersebut. tetapi jika kamu ingin membuat wangi yang lebih segar, kamu bisa menggantinya dengan aroma lain seperti vanilla atau buah-buahan sesuai selera kamu.

5. Pewarna Alami

Untuk mendapatkan pewarnanya anda bisa membeli di toko terdekat di sekitar anda atau anda bisa membelinya di situs shopee, tokopedia, bukalapak atau dll. Biasanya tersedia dengan jenis serbuk ataupun dengan jenis cairan.


Jika kamu sudah menentukan dan menemukan bahan-bahan seperti diatas maka kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya untuk membuat minyak rambut pomade sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Cara pembuatan :

1. Lelehkan terlebih dahulu lilin madu tadi dengan menggunakan teknik double boiler, yaitu dengan cara melelehkan di dalam panci yang berukuran kecil kemudian diletakkan didalam panci besar yang berisikan air dan di masak di atas kompor.

2. Kemudian jika sudah meleleh, maka campurkan minyak kelapa dan aduk sampai benar-benar mengental.

3. Setelah itu, matikan kompor dan masukkan lempung bentonit atau tanah liat tersebut. pastikan sebelum memasukkannya lempung bentonit tadi dibuat lembek dulu dengan menggunakan air, kemudian baru kamu mencampurnya kedalam panci.

4. Lalu masukkan minyak ensensial sesuai dengan selera kamu dan aduk sampai rata beserta pewarna yang sudah anda beli.

5. Tuangkan ke dalam sebuah wadah penyimpanan yang telah kamu sediakan dan biarkan sementara di ruangan sampai dingin.

6. Yang terakhir minyak pomade yang kamu buat sudah bisa digunakan.

Bukan kah mudah untuk membuatnya sendiri. tetapi kebanyakan pria harus membelinya di luar baik itu toko khusus atau tempat-tempat yang memang menjual produk minyak rambut pomade tersebut.

biasanya untuk membeli pomade ini harganya juga terbilang cukup mahal dan bervariasi tergantung merk dan ukuran minyak pomade itu. Di Indonesia kini banyak sekali yang menjual minyak pomade mulai dari warna dan jenisnya, tetapi kamu sebagai pembeli harus benar-benar cermat dalam membeli minyak pomade ini.

Tampil dengan gaya yang keren memang siapa sih yang tidak mau, namun jika selalu harus mengeluarkan uang untuk membeli minyak pomade yang mahal pasti akan terasa berat juga. Nah, diatas kan sudah ada cara gampang membuat minyak pomade warna sendiri.

jadi tak ada salahnya bagi kamu untuk membuatnya sendiri dirumah. Disini kamu juga bisa membuat banyak untuk persediaan kamu nantinya atau kamu yang punya keinginan untuk membuka usaha minyak pomade, tak perlu khawatir cara diatas bisa membantu kamu untuk membuat minyak pomade dengan cara  yang mudah dan gampang.

0 Response to "Cara Gampang Membuat Minyak Pomade Warna Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan