9 Cara Mengambil Gambar Screenshoot di Komputer Windows 7, 8, & 10

Cara mengambil gambar screenshoot bisa menjadi referensi bagi kalian yang suka menggunakan aplikasi ini untuk beberapa keperluan, seperti untuk menyimpan dokumen yang tidak bisa di copy, menunjukkan sesuatu pada teman, sebagai bukti percakapan otentik, dan masih banyak lagi fungsinya.

9 Cara Mengambil Gambar Screenshoot di Komputer Windows 7, 8, & 10

Sepertinya yang seringkali kita lakukan adalah mengambil gambar screenshoot via smartphone. Nah, lalu bagaimana jika Anda ingin melakukannya dengan menggunakan komputer atau laptop? Apakah semudah saat menggunakan smartphone? begini caranya!

1. Snipping Tool

Cara pertama adalah dengan menggunakan snipping tool. Anda bisa mengakses aplikasi ini dengan cara mengetik tombol start pada komputer, pilih All Programs, lalu masuk ke Windows Accessories, dan klik Snipping Tool.

Anda bisa melakukannya dengan mudah. Kelemahannya adalah, aplikasi ini tidak bisa menyimpan datanya secara langsung, Anda bisa menyimpannya secara manual. Klik gambar disket atau copy ke clipboard.

2. Print Screen

Nah, jika Anda ingin mengambil gambar secara menyeluruh yang terpampang di layar komputer, cobalah screenshoot dengan menekan PrtScn yang ada pada keyboard. Secara otomatis apa yang Anda screenshoot tersimpan di clipboard dan bukan di hard disk. Lalu, Anda bisa copy paste ke aplikasi editing seperti Microsoft Paint.

3. Windows Key+ Print Screen

Rumus ini berguna jika Anda ingin menyimpan gambar yang ada di layar kemudian otomatis menyimpannya. Anda bisa melacak data screenshoot-an itu pada hard disk.

4. Windows Key+H

Nah, jika tujuan Anda mengambil seluruh gambar yang ada di layar adalah untuk di share, langkah yang bisa Anda tempuh adalah dengan rumus Windows Key + H. Cukup mudah. Gambar tersebut bisa langsung di share ke social media seperti facebook, twitter, OneNote dsb.

5. Alt + Print Screen

Anda bisa gunakan rumus ini untuk mengambil gambar screenshoot dengan cepat yang ada di windows yang aktif. Manfaatkan rumus ini untuk mengambil Screenshoot dari windows untuk menyimpannya ke clipboard. Dan, jika Anda ingin mengeditnya, Anda bisa paste hasil screenshoot ke foto editor yang tersedia untuk menyimpan.

6. Windows Logo + Volume Down

Apakah Anda pengguna tablet windows? Anda bisa screenshoot gambar dengan mudah dengan menekan logo windows dan Volume Down secara bersama-sama. Pastikan Anda menekannya bersama-sama untuk mengambil screenshoot gambar yang akan otomatis tersimpan dalam Pictures di tablet folder Screenshoot.

7. Snip Editor atau Microsoft Snip

Bagi sebagian besar pengguna, snip editor atau Microsoft snip lebih canggih dibandingkan dengan Snipping Tool. Anda bisa gunakan aplikasi ini dengan cepat yang fungsinya adalah untuk screenshoot gambar yang ada di layar secara keseluruhan.

Ini beroperasi pada saat windows aktif. Anda bisa menjalankannya secara manual dengan mengoperasikan menu yang ada di layar. Setting lah tombol PrtScn yang bisa dimanfaatkan secara otomatis untuk menjalankan snip editor.

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan keterangan, merekam suara, dan juga untuk pena-free hand. Ada delay waktu pengambilan gambar setidaknya selama 5 detik seperti pada Snipping Tool.

8. Gunakan Aplikasi PicPick

Aplikasi PickPick bisa di download secara gratis. Pastikan Anda telah sukses menginstal tombol aplikasi PicPick dan gunakan dengan cara membuka aplikasinya. Setelah itu, klik kanan icon PicPick tersebut dan lakukan screenshoot dengan cepat dan mudah.

9. LightShot

Bagaimana cara mengambil gambar screenshoot di komputer dengan aplikasi ini? pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Instal aplikasi LightShot pada komputer.

Klik iconnya, lalu screenshoot obyeknya dengan cara menekan tombol PrintScreen yang ada di keyboard. Segera komputer akan meredup yang merupakan indikasi sedang berproses. Lalu akan muncul Select Area, Drag, dan sesuaikan gambar sesuai keinginan. Muncul menu Lighshot, Anda bisa menyimpannya langsung, mengeditnya, atau menguploadnya langsung.

Cara mengambil gambar screenshoot diatas bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan yang cepat dan mudah. Beberapa aplikasi diatas bermanfaat bagi Anda yang ingin sharing gambar, menyimpan gambar, upload dan juga edit gambar dengan cepat dengan cara screenshoot. Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Cara Mengambil Gambar Screenshoot di Komputer Windows 7, 8, & 10"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan