15 Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Windows 10

15 cara mengatasi masalah umum pada windows 10 – Apakah Anda sudah menggunakan windows 10 pada PC atau laptop tercinta? Ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu beberapa masalah umum yang sering terjadi pada windows 10 serta cara mengatasinya.

15 Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Windows 10

1. Update Otomatis Saat Terkoneksi Ke Internet

Meskipun dibuat dengan sengaja untuk mengamankan windows 10 selalu terjaga dan fiturnya selalu Up To Date, tetap saja kuota akan terkuras banyak untuk proses ini. Nah, cara mengatasinya cukup mudah, masuk ke Control Panel > Windows Update > Advanced Option > Defer Upgrades (centang).

2. Error ‘This app cannot run on this PC

Cukup mudah mengatasi masalah yang satu ini, Anda cukup uninstal aplikasi yang dirasa bermasalah saja. Dan kemudian instal kembali versi terbaru di PC atau laptop. Saat pesan error masih muncul, maka Anda bisa melakukan restart komputer supaya Cache Windows bisa terupdate kembali.

3. Browser Chrome Tidak Berfungsi

Cara mengatasinya Chrome Crash pada windows 10 ialah dengan beralih ke browser lain, sebut aja seperti Firefox atau Microsof Edge. Jika Anda terlalu nyaman dengan Chrome, maka cobalah untuk menghapus dan kemudian menginstalnya kembali dari awal. Pastikan ekstensi yang digunakan ialah versi terbaru.

4. PC Terasa Lambat

Coba cek startup program di menu Run> Msconfig > Startup. Kemudian klik Disable Software yang Anda rasa tidak dibutuhkan. Banyaknya program yang Load membuat PC windows 10 sering dikeluhkan lambat.

5. Persyaratan Sistem

Persyaratan sistem digunakan untuk mengetahui apakah pengguna ingin mencegah masalah instalasi. Pastikan PC Anda selalu Up To Par dan sesuai standar. Beberapa spek Microsoft sangat membutuhkan persyaratan sistem seperti prosesor 1 GB, Hard diks dan masih banyak lainnya.

6. Tidak Bisa Men-Download

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan alat download file ISO melalui sistem operasi sehingga bisa memuat DVD atau USB Drive. Kemudian instal sistem operasi kembali dari awal. Kini Anda bisa leluasa mendownload dengan mengupgrade sistem Tray pada Taksbar.

7. Restars Terus Menerus

Pastikan windows 10 dalam keadaan Up To Date sehingga Anda bisa mengupdate antivirus secara menyeluruh. Bug windows dan virus menjadi beberapa penyebab restart secara terus menerus. Pastikan Anda mendownload driver terbaru dari situs official.

8. Activation Issues

Beberapa pengguna akan kesulitian mengaktifkan software setelah terinstal pada windows 10. Untuk masalah yang sedang hangatnya dibicarakan oleh pengguna windows 10 ini, Anda hanya bisa mengatasinya dengan cara mengintstal kembali dan mencoba mengaktifkannya kembali. Lakukan beberapa kali hingga software yang Anda incar bisa aktif digunakan.

9. Pop Up Desktop

Masalah umum ini bisa Anda atasi dengan menggunakan antivirus untuk melakukan scan pada PC. Pastikan anti virus mampu mengatasi masalah Anda dan bukannya membuat masalah adware atau sejenisnya.

10. Sound Problems

Masalah instalasi Driver Realtek, maka Anda bisa masuk ke Run > Msconfig.exe > Tab Boot > Klik Advance dan pilihlah kotak centang pada memori maksimum dengan nilai 3072. Jika Anda hanya bisa menggunakan masalah dari aplikasi tertentu, maka coba masuk ke perangkat Playback dan klik kanan pada perangkat Output Audio untuk mengatur Default.

11. Forced Updates Cause Software Clashes

Anda bisa meng-uninstal driver manajement pihak ketiga. Kemudian biarkan windows melakukan pembaharuan sistem. Update paksa bermasalah saat terjadi bertepatan dengan pembaharuan software manajemen pihak ketiga sehingga pastikan Anda meng-uninstal terlebih dahulu software pihak ketiga.

12. Software Tidak Berjalan

Anda bisa memastikan apakah software yang digunakan telah kompatibel dengan memenuhi kebutuhan software sesuai PC baru yang digunakan. Beberapa software biasanya membutuhkan aplikasi lain agar bisa beroperasi, sebut saja Java, NetFramwork dan lainnya.

13. Blue Screen

Coba Search Box di Taksbar > Windows Update > Check For Updates. Apabila Blue Screen muncul sesaat setelah pemasangan hardware baru, maka Anda bisa memastikan PC terlebih dahulu, lepas hardware dan restart komputer.  Cobalah mencari informasi mengenai hardware tersebut, mungkin saja Anda membutuhkan sebuah driver khusus.

14. Disappearing Favorites

Masalah terkait identifikasi ini bisa diatasi dengan cara membuka menu pengaturan kemudian gulir ke bawah pada menu favorit impor dari pilihan browser lain. Anda bisa menggunakan browser yang sebelumnya digunakan dan klik impor.

15. Konsumsi Bandwidth

Masuk ke menu pengaturan > gulir ke bagian Windows Update > pilih Advanced > Pilih cara update menyampaikan pilihan > Off. Pastikan Anda menerima pembaharuan dari microsoft untuk diatur secara default pada PC atau laptop Anda. Itulah 15 cara mengatasi masalah umum pada windows 10.

0 Response to "15 Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Windows 10"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan