10 Cara Mengatasi Fingerprint yang Error Tidak Berfungsi | Baru 2018

Teknologi fingerprint adalah sebuah teknologi yang kini banyak diinginkan oleh banyak orang. Pasalnya teknologi yang seperti ini sudah sangat canggih sekali dalam sistem keamanannya.

10 Cara Mengatasi Fingerprint yang Error Tidak Berfungsi | Baru 2018

Saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan fingerprint karena dapat meningkatkan sistem keamanan dengan tinggi. Lalu bagaimana jika fingerprintnya error? Tidak perlu khawatir, ada 10 cara mengatasi fingerprint yang error tidak berfungsi.

10 Cara Mengatasi Fingerprint yang Error Tidak Berfungsi.

1. Bersihkan Fingerprint

Memang ada 10 cara mengatasi fingerprint yang error tidak berfungsi . Yang pertama di setiap pabrik dalam mengeluarkan ponsel dan meletakkan sensor sidik jari (fingerprint) memang berbeda-beda.
Biasanya ada yang meletakkannya di depan smartphone yang terintergrasi dengan tombol home atau yang saat ini sedang banyak kita temui yaitu letaknya di belakang smartphone.

Terlepas dari tata letaknya sensor sidik jari, sistem ini terkadang memiliki kelemahan tersendiri misalnya seperti pada saat jari tangan anda sedang kotor, baik itu berminyak, basah ataupun terluka, maka pemindai dengan menggunakan sidik jari tidaklah mungkin bisa mendekteksi.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, bersihkan fingerprint dengan kain yang bersih dan lembut. pastikan jari tangan anda bersih dan tidak kotor saat memegangnya. Anda bisa membersihkannya secara rutin.

2. Konfigurasi Ulang

Cara kedua yaitu untuk mengatasi masalah sensor pada fingerprint adalah dengan mengkonfirgurasi ulang. Pilihan ini tersedia dimasing-masing smartphone, pertama hapus dulu ssidik jari kemudian tambahkan lagi.

3. Hapus Fungsi Lain Dari Sensor Fingerprint

Fingerprint biasanya memang memiliki fungsi lain seperti untuk berfoto, angkat telepon dan mengakses berbagai macam shortcut yang berbasis gerakan. Untuk itu anda bisa menghapusnya untuk dapat memulihkan kembali fungsi utama pada fingerprint.

4. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Dalam menyimpan data sidik jari, pada aplikasi fingerprint juga menyimpan cache yang berfungsi sebagai mempercepat pemindaian sidik jari. Namun, cache ini juga biasanya tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu anda bisa membersihkan cache aplikasi fingerprint agar dapat lebih membuatnya menjadi optimal.

5. Restart Smartphone Anda

Apabila anda tidak mengerti tentang fingerprint ini, anda bisa melakukan restart atau reboot pada smartphone anda. caranya anda dapat melepas microsd, baterai dan kartu sim, namun jika anda menggunakan baterai yang non removable. Anda dapat melepas kartu sim saja.

6. Kembali Pada Pengaturan Pabrik

Lankah keenam yang bisa anda coba yaitu dengan melakukan reset pada pengaturan pabrik. Jika anda menggunakan cara ini, maka kemungkinan semua pengaturan dalam smartphone anda kembali seperti semula dan virus-virus yang ada juga ikut hilang. Untuk itu data pada smartphone harus dibackup terlebih dahulu, agar tidak hilang juga nantinya.

7. Hard Reset

Setelah anda melakukan factory reset juga tidak berhasil, maka anda bisa mencoba hard reset. Bedanya dengan pengaturan diatas adalah memulai ulang pengaturan. Tetapi pada hard reset, mengembalikan semua baik itu pengaturan ataupun isi file-file pada smartphone.

Penting yang perlu diingat sebelum anda melakukan cara ini,pastikan anda telah memback up semua data-data yang penting yang ada pada smartphone anda, sehingga pada saat direset data anda tidak hilang.

8. Penghapusan Data Aplikasi Dengan Titanium Backup

Masalah seperti ini bisa terjadi karena berbagai sebab, bahkan setelah melakukan root. Jika ini memang terjadi pada smartphone anda, maka cara untuk membuat fingerprint pada smartphone anda menjadi normal kembali adalah pertama, anda bisa memperbaiki fungsi pada fingerprint dengan cara menghapus data sidik jari pengguna yang tersimpan.

Jika menggunakan aplikasi titanium backup maka diperlukan beberapa cara untuk penyelesaiannya seperti mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut, install dan buka. Kemudian masuk ke backup atau restore dan temukan fingerprint, lalu pilih wipe dan tekan oke.

9. Memperbaiki MIUI

Nah, cara ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi fingerprint yang error pada smartphone kesayangan anda. caranya pertama anda mengunduh global rom sesuai dengan jenis smartphone yang kamu gunakan.

Setelah selesai mendownload simpan ke memory internal dan ubah nama file tersebut dengan nama update.zip. kemudian tekan aplikasi update dan pilih menu dibagian atas serta sentuh chose update package, lalu file rom dan terakhir perbaharuilah.

10. Bawa ke Service Center

Jika dengan beberapa cara diatas anda tidak bisa melakukannya, maka anda bisa membawanya ke service center. Anda bisa menanyakan langsung kepada mereka mengapa fingerprint pada smartphone anda bisa menjadi error atau bermasalah. Jika telah mengetahui permasalahannya mereka juga akan membantu anda untuk memperbaiki fingerprint yang error sehingga menjadi normal kembali.
Diatas ada 10 cara mengatasi fingerprint yang error tidak berfungsi |  baru 2018 yang dapat anda gunakan dan coba untuk masalah smartphone anda.

0 Response to "10 Cara Mengatasi Fingerprint yang Error Tidak Berfungsi | Baru 2018"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan