Cara Menyetem Gitar Sendiri untuk Pemula | Gampang Banget

Cara Menyetem Gitar Sendiri untuk pemula. Gitar adalah alat musik yang terdiri dari 6 senar yang dimainkan oleh seorang gitaris dengan cara dipetik untuk menghasilkan alunan musik yang indah dan harmonis. Akan tetapi, untuk bisa menghasilkan suara yang indah, tidak cukup hanya dengan memiliki skill memetik gitar yang baik.

Gitar yang dimainkan tersebut juga perlu disetting atau disetem terlebih dahulu dengan baik. Menyetem gitar adalah sebuah tindakan menyelaraskan suara senar gitar yang dihasilkan dari standar senar gitar yang standar sehingga gitar tersebut tidak menghasilkan suara yang sebagaimana mestinya dihasilkan oleh sebuah gitar standar.

Cara Menyetem Gitar Sendiri untuk Pemula

Sebagai seorang pemula dalam perihal menyetem gitar, akan terasa cukup sulit untuk menyetem dengan baik dan benar. Semoga dengan membaca artikel singkat ini, anda bisa merasa terbantu dalam menyetem gitar dengan baik.
Kenapa Gitar perlu disetem?

Sebelum kita masuk lebih lanjut ke menyetem gitar untuk pemula, alangkah lebih baik jika kita pahami penyebab sebuah gitar perlu disetem. Berikut adalah beberapa penyebab sebuah gitar bisa menyimpang bunyi senarnya:

1. Sebuah gitar yang baru dibeli

Jika anda baru membeli sebuah gitar, ada kemungkinan bahwa gitar tersebut tidak memiliki suara yang standar. Hal ini dikarenakan mungkin gitar tersebut sering diuji coba oleh beberapa calon pembeli yang mencoba menyetem gitar tersebut sesuai selera masing-masing. Jadi setelah membeli, anda mungkin perlu untuk menyetemnya sendiri.

2. Senar Putus

Putusnya senar gitar mengharuskan anda untuk menyetem senar gitar yang putus itu dari awal lagi. Senar lain juga akan kena efek dari senar yang putus tersebut sehingga anda kemungkinan harus menyetem ulang semua senar gitar anda.

3. Goyangan, Getaran, dan Tabrakan semasa perjalanan

Saat anda melakukan sebuah perjalanan panjang dengan membawa gitar, saat-saat goyangan dalam mobil memungkinkan gitar tersebut bertabrakan dengan kursi atau dinding yang dapat mengakibatkan senar gitar terkena efeknya dan menyimpang bunyinya. Perubahan dalam temperatur dan iklim cuaca juga bisa mengakibatkan penyimpangan bunyi gitar.

Menyetem Gitar 6 Senar Sendiri

Setelah anda mengetahui penyebab sebuah gitar memiliki penyimpangan bunyi, langkah selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah cara untuk memperbaiki penyimpangan bunyi tersebut atau “menyetemnya”. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memiliki alat bantu instrument penyetem.
Instrumen ini berperan sebagai bunyi patokan yang perlu anda jadikan basis dalam menyetem gitar. Ingat, jika anda menyetem tanpa menggunakan instrument ini, kemungkinan gitar anda tidak akan memiliki standar bunyi sebuah gitar yang berlaku internasional. Jadi gitar anda tidak akan bisa dimainkan bersama alat musik lainnya.

Standar urutan nada senar gitar adalah E, A, D, G, B, e rendah. Berikut adalah langkah-langkah dalam menyetem gitar:

1. Sesuaikan nada e rendah dengan bunyi standar e rendah pada nada alat bantu instrument anda. Pastikan kedua bunyi tersebut yang dihasilkan dari instrumen dan gitar anda sudah terdengar sama.  

2. Mainkan senar e rendah pada fret kelima “A”, lalu senar gitar “A” kemudian selaraskan kedua bunyi tersebut sampai terdengar sama.

3. Mainkan senar A pada fret kelima “D”, lalu senar gitar “D”, kemudian selaraskan kedua bunyi tersebut sampai terdengar sama.

4. Mainkan senar D pada fret kelima “G”, lalu senar gitar “G”, kemudian selaraskan kedua bunyi tersebut sampai terdengar sama.

5. Mainkan senar G pada fret kelima “B”, lalu senar gitar “B”, kemudian selaraskan kedua bunyi tersebut sampai terdengar sama.

6. Mainkan senar B pada fret kelima “E”, lalu senar gitar “E”, kemudian selaraskan kedua bunyi tersebut sampai terdengar sama.

Kesimpulan

Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka anda sudah memiliki gitar yang memiliki bunyi yang standard dan bisa dimainkan bersama alat musik lainnya. Yang perlu diingat adalah bagi seorang pemula dalam menyetem gitar, besar kemungkinan anda masih belum begitu fasih dalam penyelarasan nada.

Tapi dengan latihan dan proses yang berulang-ulang, hanya masalah waktu sampai pada saatnya anda menjadi seorang “Master” dalam penyeteman atau tuning sebuah gitar. Diharapkan artikel singkat ini bisa memberikan wawasan yang berguna dalam Cara menyetem gitar sendiri untuk pemula.

0 Response to "Cara Menyetem Gitar Sendiri untuk Pemula | Gampang Banget"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan