Cara Gampang Mengatasi Sinkronasi Suara Vokal dan Musik Pada Smule

Sedang mencari cara agar suara sinkron dengan musik di Smule? Jika Anda ingin kualitas visual di aplikasi tersebut berpadu harmonis dengan musik, terapkan saja langkah-langkah di bawah ini:

Cara Gampang Mengatasi Sinkronasi Suara Vokal dan Musik Pada Smule

1. Menghapus cache yang tertimbun pada aplikasi Smule.

Cache yang tidak terhapus akan memenuhi ruang penyimpanan di ponsel Anda. Untuk menghapusnya, pilih Pengaturan atau Setting, klik Manajer Aplikasi, lalu pilih Smule. Dalam keterangan yang muncul, tekan kotak Clear Cache untuk membersihkannya.

2. Login ulang ke aplikasi Smule.

Setelah masuk, lakukan play test dengan menggunakan lagu-lagu bertempo cepat atau lambat. Cara ini biasanya berhasil kalau penyebab masalah adalah cache yang menumpuk. Namun kalau masih gagal, Anda ikuti langkah selanjutnya.

3. Lakukan lagi cara di poin kesatu.

Setelah cache dibersihkan, biasanya pengaturan sinkronisasi vokal dan musik akan kembali ke Default. Kemudian, lakukan lagi play test menggunakan lagu-lagu yang Anda sukai. Baik yang bertempo cepat maupun lambat selama Anda dapat mendengar hasilnya.

4. Dalam langkah ini, pastikan Anda menyanyi tanpa menggunakan earphone atau headphone.

Lantunkan tembang tersebut selama kurang lebih 30 detik untuk mendapatkan hasil. Anda tak perlu menggunakan suara bagus, karena langkah ini hanya tester cara agar suara sinkron dengan musik di Smule.

5. Klik panel Pause setelah Anda selesai bernyanyi.

Panel tersebut terletak di pojok kiri panel layar ponsel. Kemudian, pilih opsi Simpan Dini.

6. Berikutnya, buka laman tempat menu sinkronisasi vokal dan musik pada aplikasi Smule.

Anda simak hasil nyanyian yang disimpan tadi secara saksama tanpa earphone atau headphone. Jika tidak ada delay, dengarkan lagi rekaman tersebut memakai earphone/headphone (pastikan output audio dari alat ini cukup jernih). Simak dengan teliti, apakah hasilnya sudah sinkron?.

7. Jika Anda sudah tidak mendapati masalah pada sinkronisasi, sekarang saatnya membersihkan lagi cache pada aplikasi Smule (lihat poin satu).

Kemudian, pilih lagi yang ingin Anda nyanyikan (dengan earphone atau headphone terpasang). Begitu layar abu-abu muncul, Anda bisa mulai menyenandungkan lagu dan bersiaplah melepas headphone/earphone dari ponsel.

8. Ketika intro lagu mulai melantun atau durasi detik telah melewati angka 00.01, segera lepas earphone atau headphone Anda.

Tak lama berselang, akan muncul opsi Lanjutkan, Mulai lagi, Simpan Dini, dan Laporkan Dini. Yang harus Anda lakukan adalah memilih Lanjutkan untuk terus bernyanyi.

9. Dalam cara agar suara sinkron dengan musik di Smule ini, nyanyikan tembang tersebut secara serius hingga tuntas.

Begitu selesai, Anda akan dibawa ke menu pengaturan untuk memilah efek dan sinkronisasi vokal dengan musik. Anda dapat mengedit hasil rekaman sesuai kebutuhan dan selera.

10. Jika Anda berhasil, selamat! Anda sudah mendapatkan sinkronisasi vokal dengan musik yang diinginkan.
Perlu diketahui bahwa metode ini dapat Anda aplikasikan juga saat bernyanyi lewat video call atau berduet memakai video.

Mengapa sinkronisasi vokal dengan suara di Smule bermasalah?

Selain mengetahui cara untuk mengatur sinkronisasi vokal dengan musik di Smule, Anda juga harus mengenal sejumlah penyebab masalah tersebut. Di antaranya adalah:

  • Spesifikasi ponsel yang kurang tepat

Tidak semua ponsel pintar atau smartphone dapat menjalankan Smule. Kapasitas RAM yang kurang besar dan spesifikasi yang kurang mendukung akan membuat ponsel Anda ‘menolak’ menginstal Smule (biasanya akan muncul pesan device is not compatible atau semacamnya). Lalu, seperti yang telah disinggung, RAM yang dipenuhi cache pun akan membuat sinkronisasi mengalami delay.

  • Headphone/earphone dan jack tidak pas

Headphone atau earphone menjadi komponen esensial bagi Anda yang ingin berkaraoke di Smule. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin baik juga hasil sinkronisasi yang muncul. Akan tetapi, kalau Anda menggunakan headphone/earphone murah yang tak sesuai dengan jack atau lubang konektor, maka sinkronisasi hingga hasil rekaman di Smule pun bakal kurang maksimal.

Demikian informasi bagi Anda yang ingin melakukan sinkronisasi pada hasil rekaman di Smule. Semoga cara agar suara sinkron dengan musik di Smule ini membantu Anda untuk menghasilkan mutu rekaman setara di studio.

0 Response to "Cara Gampang Mengatasi Sinkronasi Suara Vokal dan Musik Pada Smule"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan