BAGAIMANA Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk?


Anti virus akan menghapus file secara otomatis. Bila file tersebut terdeteksi mengandung virus. Agar bisa mengembalikan file yang hilang, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk?

BAGAIMANA Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk?

Cara Deteksi Data Hilang Karena Virus

Berbagai macam penyebab bisa terjadi atas hilangnya file atau data di flashdisk. Bisa karena sudah dihapus sendiri atau bisa juga karena serangan virus. Nah, untuk mengetahui penyebab file terhapus apakah karena virus atau bukan, bagaimana caranya?

  • Menekan tombol Windows di papan ketik atau keyboard, dan Kemudian menekan huruf E. Jadi tekan bersamaan tombol Windows dan tombol huruf E.

  • Pilihlah drive yang membaca input flashdisk dengan mengkliknya. Kalau tidak nampak deretan file yang seharusnya ada atau hanya terlihat warna putih semuanya, maka Anda bisa kembali mengklik drive tersebut. Lalu melakukan klik kanan dan memilih opsi Properties.

  • Cermati bagian tab Properties-nya. Kalau informasi Used Spaces-nya tidak nol (0), sebagai pertanda kalau semua file di flashdisk hilang disebabkan oleh serangan virus.

Cara Kembalikan File Hilang Atau Terhapus Dengan Megakses Hidden Folder

Pastinya sangat merepotkan bila data yang tersimpan di flashdisk adalah sangat penting. Apalagi sangat dibutuhkan dalam waktu dekat. Nah, kalau ingin mengembalikan data yang sudah hilang, salah satunya dengan membuka bagian Hidden Folder-nya.

Langkah awalnya dengan mengecek, apakah data di flashdisk disembunyikan oleh sistem atau tidak. Caranya dengan mengikuti sejumlah langkah mudah berikut ini.

  • Menekan tombol Windows di keyboard, kemudian berbarengan dengan menekan tombol huruf E.

  • Mengklik tab Organize yang letaknya ada di bagian pojok kiri atas. Lalu memilih opsi Folder and Search Options.

  • Memilih tab View, kemudian mencari dan mengklik opsi Hidden Files and Folders. Selanjutnya memilih opsi Show Hidden Files, Folders and Drives.

  • Seterusnya bisa mengklik opsi Apply kemudian pilih tombol OK.

  • Nah, Anda bisa melihat isi dari flashdisknya. Sudahkah file yang hilang atau terhapus sudah muncul atau tidak. Kalau belum muncul juga, Anda harus memakai Command Prompt, agar bisa kembalikan lagi data yang sudah hilang atau terhapus.

Cara Kembalikan Data Terhapus Dengan Memakai Command Prompt

Kalau dengan menerapkan berbagai langkah di atas, belum juga ditemukan data yang terhapus di flashdisk, maka cara lainnya dengan menggunakan metode Command Prompt.

  • Mengklik menu Start di kotak pencarian, lalu mengetikkan “cmd” (tanpa tanda petik). Kemudian bisa menekan tombol Enter.

  • Sesudah tab Command Prompt (cmd) terbuka, selanjutnya mengetikkan “SD..” (tanpa tanda petik). Sehingga akan muncul C:>.

  • Mengetikkan alamat drive yang membaca flashdisk. Sebagai contoh flashdisk biasanya terbaca berada di drivw H:>, maka bisa mengetiknya setelah C:>. Misalnya C:> H:. Sehingga nantinya tampilannya akan berubah H:>.

  • Kalau sudah berubah bisa mengetik ATTRIB (spasi) *.* (spasi)-S (spasi)-H (spasi)-R (spasi)/S (spasi)/D. Setelah itu bisa menekan tombol Enter. Penting dimengerti, kata spasi dalam formasi tersebut bukan diketik spasi, tetapi menggunakan tab yang ada di keyboard.

  • Kalau sudah selesai, maka data yang disembunyikan oleh virus bisa tampil lagi. Sehingga Anda bisa menggunakannya kembali.

Nah, agar kondisi kehilangan data tidak lagi terulang, sangat disarankan untuk melakukan back up data tersebut. Seperti menyimpannya pada harddisk laptop, di Google Drive, dan sebagainya. Jadi kalau dengan terpaksa data yang hilang tidak bisa tertolong, maka masih ada copian filenya.

Selain bisa dipraktekkan untuk perangkat flashdisk, berbagai cara di atas juga bisa diaplikasikan untuk Micro SD, external harddisk, dan sebagainya.

Agar tidak sampai  data hilang, maka ada berbagai cara antisipasi yang bisa digunakan. Seperti memasang antivirus di laptop atau komputer Anda. Dengan begitu, mencegah adanya serangan virus bagi data di flashdisk atau harddisk komputer.

Nah, meskipun sudah memasang antivirus bukan jaminan tidak ada lagi virus yang bisa merusak atau bahkan menghilangkan data Anda. Anda tetap harus mewaspadai berbagai kemungkinan, dengan cara mengetahui apa saja file yang tersimpan di dalam flashdisk.

Jadi kalau ada file yang mencurigakan, jangan sampai membukanya. Tetapi harus menghapusnya agar tidak menyebar ancaman virusnya. Kalau tidak bisa terhapus, sebaiknya melakukan format pada flashdisknya. Tapi tentunya setelah semua data penting dipindah dulu ke media lain.

0 Response to "BAGAIMANA Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan