4 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa di Connectkan ke Wifi

Terkadang muncul permasalahan saat akan mengkoneksikan laptop dengan jaringan Wifi. Kalau hal ini terjadi, Anda bisa mengaplikasikan 4 cara mengatasi laptop yang tidak bisa di connectkan ke Wifi berikut ini.
4 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa di Connectkan ke Wifi

1. Memastikan Router Sudah Diaktifkan

Kalau Anda mengakses Wifi dari rumah, maka pastikan sudah menghidupkan routernya. Karena kabel terlepas dari stop kontaknya tanpa disengaja sudah pasti akan bermasalah. Sudah pasti jaringan Wifi tidak bisa diakses, karena routernya mati.

Kondisi serupa juga bisa terjadi kala di tempat umum, seperti swalayan, cafe, dan sebagainya. Mintalah petugas setempat untuk mengecek kondisi routernya. Apakah sudah diaktifkan atau belum.

2. Memastikan Server Tidak Mengalami Gangguan

Kalau Anda tidak bisa mengakses laman situs tertentu, padahal website lainnya bisa diakses sangat jelas kalau permasalahannya bukan pada jaringan Wifi. Jadi untuk memastikan apakah Wifi sudah bekerja atau belum, bukalah sejumlah situs. Kalau hanya satu atau beberapa saja yang tidak bisa diakses, permasalahan pada server website bersangkutan.

Bisa jadi karena jumlah kunjungan atau trafik situs tersebut sedang overload, website sedang dalam masa perbaikan, termasuk situs yang dilarang atau diblokir pemerintah, dan sebagainya. Jadi tidak semua permasalahan website tidak bisa diakses karena jaringan Wifi-nya saja.

3. Pastikan Anda Berada Di Jangkauan Sinyal Wifi

Jaringan Wifi hanya bisa diakses kalau seseorang masih dalam jangkauan sinyalnya. Jadi sudah pasti performanya menurun, kalau Anda berada jauh atau di luar jangkauan jaringannya.

Karenanya gunakan laptop yang dekat dengan wireless access point-nya. Sehingga kecepatan jaringan internetnya tetap stabil. Karena sinyalnya kuat, maka Anda bisa lebih nyaman dalam mengakses internetnya.

4. Cek Konfigurasi Jaringan Wifi Tidak Mengalami Perubahan

Mungkin saja password atau kata kunci Wifi di tempat biasa Anda mengakses internetnya sudah diganti. Sehingga Anda pun harus memasukkan kata sandi tersebut saat akan menghubungkan perangkat laptop dengan jaringan Wifi-nya.

Meskipun sebelumnya sudah memilih opsi “connect automatically”, tetap saja harus setting ulang untuk passwordnya. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui sandi barunya, dan masukkan lagi untuk mengaktifkan koneksi internetnya.

Sebenarnya tidak hanya bagian sandinya saja yang harus diperhatikan. Tapi juga perubahan pada setingan access point-nya. Semisal Wifi channel number-nya. Karena hal ini bisa mengakibatkan laptop tidak dapat terhubung dengan jaringan Wifi. Jadi bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut?

Caranya sangat mudah, dengan melakukan reset pada koneksi Wifi. Anda bisa melakukannya secara manual. Dengan cara mengakses menu Network Setting. Kemudian pilih opsi Manage Known Networks, lalu memilih opsi SSID (sesuai nama jaringan Wifi-nya), terakhir dengan memilih opsi Forget.

Nah, sesudah itu Anda sudah bisa hubungkan lagi koneksi Wifi dan laptopnya. Dengan cara mengetikkan lagi password barunya. Kalau sudah berhasil, maka Anda bisa kembali mengakses jaringan Wifi tersebut seperti biasanya. Jadi kalau suatu saat mengalami kondisi serupa, Anda sudah tidak bingung lagi untuk mengatasinya.

Sangat mudah, bukan? Jadi jaringan Wifi yang tidak bisa diakses memiliki berbagai penyebab. Karena itu, cari penyebabnya baru bisa menerapkan solusinya. Termasuk juga dengan mengecek penyedia layanan internetnya, kalau Wifi tidak bisa berfungsi.

Karena permasalahan juga bisa terjadi dari server penyedia jaringan Wifi tersebut. Ramainya pengguna server hingga overload, dan kondisi cuaca yang buruk bisa berdampak pada performa jaringan Wifi. Jadi, kalau ke empat cara di atas tidak berhasil. Maka bisa menghubungi pihak penyedia jaringan internetnya. Sehingga permasalahannya bisa segera tertangani.

Nah, kalau sudah bisa terkoneksi dengan Wifi, pastikan Anda menggunakan jaringan internet itu secara bijak. Kalau Anda menggunakan akses Wifi  tidak berbayar, seperti di hotel, restauran, swalayan, cafe dan sebagainya, pastikan jaringan Wifi-nya asli. Cara dengan hanya mengakses jaringan Wifi yang dilengkapi dengan password. Bila tidak, sangat rentan dengan tindakan kejahatan dunia maya.

Kemudian, kalau hanya gunakan Wifi gratisan jangan pernah membuka aktivitas sensitif atau krusial bagi Anda. Seperti mengakses email, bertransaksi online, membuka akun perbankan dan sebagainya. Karena sangat berbahaya bagi sistem keamanannya. Sebaiknya gunakan data mobile pribadi untuk segala transaksi penting tersebut.

0 Response to "4 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa di Connectkan ke Wifi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan