19 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar 2018

Sudah lama rasanya sudah tidak mengupload artikel tentang blog di situs ini. Sebagai seorang blogger memang harus selalu memberikan informasi dan berbagi informasi kepada sesama blogger, apalagi berbagi kepada seorang blogger yang masi pemula.

Tentu sebagai seorang blogger yang masih pemula wajib hukumnya jika harus terus belajar untuk bisa menjadi seorang blogger yang profesional di mata blogger lain, dan yang terpenting di mata publik. Karena menjadi seorang blogger itu tidak mudah.

19 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

Bagi anda yang ingin mempelajari bagai mana cara membuat artikel yang baik dan benar dan tentunya di sukai para pembaca yang membacanya tentunya harus giat berlatih. Seperti yang kita ketahui artikel adalah bagian terpenting dari sebuah blog.

Tanpa artikel mimpi rasanya jika blog anda akan ramai di kunjungi para peselancar internet apalagi jika artikel yang di buat tidak bagus, tentu para pembaca akan merasakan bosan dan ahirnya akan meninggalkan artikel yang anda buat.

Membuat artikel yang baik dan benar harus memakai cara di bawah ini:

1. Memperhatikan Tanda Baca dalam Penulisan Artikel

Sangat penting sekali untuk memperhatikan tanda baca dalam penulisan saat membuat artikel, membuat artikel blog tidak sama dengan membuat tulisan di buku tulis. Jadi yang perlu di perhatikan saat menulis artikel di blog yaitu tanda baca misalnya seperti (.) atau (,).

Saat membuat artikel di blog kemudian anda meletakan tanda baca (.) wajib setelah titik anda menekan spasi pada tuisan yang di buat, dan yang terpenting sesudah titik wajib penulisan hurufnya kapital.

Kemudian penerapan tersebut wajib di lakukan juga pada saat anda menulis artikel kemudian anda pasangkan tanda (,) tapi pada saat memberikan spasi sesudah koma anda tidak perlu mengubah huruf awalnya menjadi kapital. Biarkan saja hurufnya kecil tanpa di rubah menjadi kapital.

2. Jangan Terlalu Panjang Membuat Kata-Kata dalam Setiap Paragraph

Pada saat membuat artikel tentu akan terdapat beberapa paragraph, tapi kebanyakan para blogger pemula menulis artikel blog menggunakan sistem paragraph seperti membuat tulisan di atas buku. Tentu jika hal  tersebut di terapkan saat membuat artikel maka artikel yang di buat akan sulit di baca dan membuat para pembaca menjadi bosan.

Jadi jika anda ingin membuat artikel di blog usahakan atau biasakan membuat artikelnya dengan membatasi kalimat pada setiap paragraph. Dan utamakan pada setiap paragraph hanya memiliki 3 sampai 4 baris saja dan jangan lebih. 

3. Artikel yang di Buat Tidak Rancu

Artikel bisa di sebut rancu jika di dalamnya menjelaskan tentang informasi namun dalam informasi tersebut sulit di pahami dan susah di mengerti. Bahkan biasanya artikel di sebut rancu saat artikel tersebut berbolak-balik tidak jelas. Jadi jika ingin membuat artikel di blog, usahakan membuat artikelnya enak di baca, mudah di pahami, dan tentunya tidak berbelit-belit.

4. Artikel yang di Buat Harus Masuk Akal

Banyak blogger pemula yang membuat artikelnya hanya sekedar membuat artikel, bahkan di antaranya ada yang membuat artikel seputar informasi yang di buat tapi tidak nyambung dengan judulnya. Apabila anda orang yang seperti itu sebaiknya hindari membuatt artikel yang demikian.

Sebaiknya saat membuat artikel di blog wajib hukumnya artikel yang di buat harus nyangkut dengan judul yang di buat. Dan yang terpenting informasi yang di buat dapat di buktikan kebenaranya agar para pembaca menjadi betah membaca informasi di blog anda.

5. Buat Judul Artikel yang Menarik

Membuat judul artikel yang menarik memang menjadi cara terpenting jika anda ingin mendapatkan banyak pengunjung terutama di google pencarian. Cara mendapatkan ide judul yang dapat mengundang daya tarik pengunjung terbilang mudah.

Caranya anda bisa membayangkan saat anda membutuhkan seputar informasi yang ingin di buat menjadi artikel, bayangkan saja seolah-olah anda yang membutuhkan informasi tersebut dan ketikan di search engine google. Jika sudah muncul idenya silahkan simpan judul artikel yang sudah di dapat dari ide yang anda pikirkan tadi.

6. Jangan Terlalu Memikirkan Cara Membuat Artikel yang Seo Frendly

Terlalu memikirkan cara membuat artikel yang seo frendly akan membuat isi dari artikel menjadi tidak bagus untuk di baca. Biasanya orang yang terlalu memikirkan artikel yang seo cendrung akan memasukan berbagai kata kunci di dalam artikel yang di buat.

Tentu tujuanya agar artikel yang di buat di sukai oleh google, tetapi masalahnya kita membuat artikel itu yang di utamakan adalah bagaimana cara membuat artikel yang di sukai pengunjung dan tentunya enak di baca.

Jika terlalu mementingkan artikel yang seo kemudian tanpa di landasi dengan pengetahuan yang dalam, ahirnya  tidak bagus dan bahkan bisa membuat sepi pengunjung. Jadi jika anda masih pemula dalam bermain blogger, saran saya letakan lah kata kunci di dalam artikel yang secukupnya saja.

7. Pahami Karakter Pembaca

Memahami karakter pembaca juga sangat perlu bagi si pembuat artikel terutama karakter pembaca bisa di pikirkan saat anda sudah mendapatkan judul artikel yang akan di buat misalnya gini. Saya akan membuat artikel untuk blog saya tentang ''Cara Bermain Game Clash of Clans''.

Tentu para pembaca yang akan membacanya kebanyakan anak muda ya, dan itu sudah pasti. Jadi buatlah gaya bahasa dalam pembuatan artikel tersebut dengan gaya bahasa yang santai dan mengundang tarik para pembacanya.

Misalnya saja dari gaya bahasanya, anda bisa mengganti kata ''anda'' dengan kata ''kamu / bro'' atau kata-kata santai lain yang sesuai dengan karakter si pembaca. Kemudian jika anda ingin membuat artikel misalnya yang karakter pembacanya itu orang tua.

Tentu anda wajib membuat gaya bahasanya yang sopan dan mudah di pahami, contoh artikel yang menggunakan bahasa yang sopan bisa di amati saat membuat judul yang ingin di buat artikel. Misalnya saja saya ingin membuat artikel tentang ''Cara Menyembuhkan Rematik Secara Alami''

Kalau judul artikelnya seperti di atas tentunya sang pembaca umurnya sudah lebih dari 30 tahun kan, jadi gunakanlah gaya bahasa yang sopan misalnya saja dengan mengubah kata ''kamu'' menjadi kata ''bapak/ibu'' atau jika kebingungan silahkan ganti kata ''anda''. Karena kata ''anda'' lebih umum dan tidak memandang usia.

8. Sesuaikan Ukuran Huruf

Sangat penting sekali untuk menyesuaikan ukuran huruf terutama pada saat kita ingin meng upload artikel ke site, selain untuk mempercantik tampilan site. Ternyata ukuran huruf juga sangat berpengaruh terhadap pembaca  yang membacanya.


Terutama mengulas kembali tentang karakteristik pembaca, saat kita membuat artikel dengan ukuran huruf yang kecil mungkin masih terlihat jelas untuk di baca bagi kalangan anak muda. Tapi sangat berbeda jika yang membacanya orang tua, orang tua cendrung lebih suka membaca dengan ukuran huruf yang lebih besar.

Karena memang terpengaruh akibat usia yang memang cukup berdampak ke penglihatan, jadi gunakanlah ukuran huruf sesuai dengan karakter si pembaca. Saran saya gunakanlah ukuran huruf dalam menulis artikel dengan ukuran 12.

9. Buatlah Artikel  yang Berbobot

Artikel di katakan berbobot apabila di dalam artikel tersebut mengulas sebuah informasi yang sesuai judul artikelnya dengan lengkap dan jelas, dan yang terlebih mudah di pahami. Jadi bisa di katakan artikel yang berbobot cendrung memiliki uraian yang lebih panjang.

Tapi kebanyakan blogger pemula, banyak yang membuat artikel yang panjang tetapi tidak berbobot. Artikel di katakan tidak berbobot biasanya hanya memuat tulisan artikel yang basa-basi, dan tujuanya hanya satu yaitu hanya ingin membuat artikel yang memiliki banyak kata-kata.

Dari pada membuat artikel panjang yang hanya memuat basa basi, lebih baik berikanlah tambahan informasi yang kiranya sesuai dengan topik yang di bahas dan yang lebih penting dapat menjadi nilai tambah bagi pembaca yang membacanya.

10. Artikel yang di Buat Wajib Memberikan Informasi Lengkap

Membuat artikel jangan sampai hanya sepotong-potong, jika terbiasa membuat artikel yang berpotong-potong efeknya tidak akan bagus jika di terapkan di blog. Lebih baik buat lah artikel dengan lengkap dan di dalamnya menunjukan cara yang sesuai dan tentunya dapat di buktikan kebenaranya.

11. Kurangi Penggunaan Italic dan Underline

Mengurangi penggunaan ilatic dan underline dalam penulisan artikel memang cendrung lebih bagus terutama lebih mudah di baca. Anggapan para penulis artikel biasanya jika menggunakan fiture teks tersebut dapat menvariasi tulisan terutama bagi kata-kata yang ingin lebih di perhatikan.

Tapi anggapan tersebut sangat berbeda bagi pembaca yang membacanya, para pembaca cendrung tidak menyukai artikel yang terlalu banyak menggunakan italic dan underline. Lebih baik gunakan fiture tersebut secukupnya saja.

12. Gunakan Software Pendukung

Menggunakan software pendukung memang amat di butuhkan apalagi bagi anda yang membuat artikelnya di laptop / PC. Anda bisa menggunakan software yang bernama Evernote, aplikasi ini sangat mendukung bagi anda yang suka membuat artikel dalam mode offline.

Saya adalah salah satu pemakainya, dengan aplikasi ini anda bisa membuat artikel di mana saja. Jika anda sedang tidak membawa laptop anda bisa menggunakan smartphone android untuk membuat artikel bahkan artikel tersebut nantinya dapat anda lanjutkan kembali ke laptop.

Anda bisa mendownload softwarenya di situs resminya, jika ingin mendownload yang versi android silahkan download sofwarenya di  google play store. 

13. Gunakan Image Artikel yang Unik

Menggunakan image atau gambar yang unik memang menjadi daya tarik pengunjung tersendiri, hal ini di lakukan karena tidak sedikit orang yang mencari atau melihat-lihat gambar di google dengan informasi terkait. Kemudian di antaraya banyak yang ingin mengklik gambar tersebut dan mencari sumber site dari gambar yang di temukan.

14. Tambahkan Video di Setiap Artikel yang di Buat

Google sangat menyukai sebuah artikel informasi yang memiliki video seputar artikel yang di buat. Bahkan ternyata bukan hanya google yang menyukai tetapi pengunjung juga suka jika ada site yang memberikan sebuah informasi kemudian di sertai video.

Karena menurut mereka informasi yang di sertai video akan memuat sebuah informsi yang lengkap dan akurat, terutama bagi anda yang membuat artikel yang membahas seputar cara-cara. Karena artikel yang membahas cara-cara membutuhkan contoh penerapan agar artikel tersebut bisa memberikan informasi secara maksimal kepada para pembaca.

15. Kurangi Penggunaan Warna yang Berlebihan

Ternyata menggunakan warna yang berlebihan di dalam artikel efeknya tidak bagus, jadi gunakanlah warna di dalam artikel secukupnya saja. Kebanyakan para blogger pemula lebih ingin membuat artikel yang terlalu banyak warna agar menurut anda artikel yang di buat itu indah. Tapi menurut mereka hal tersebut malah sebaliknya.

16. Siapkan Judul Artikel yang Ingin di Buat

Menyiapkan judul artikel yang ingin di buat memang menjadi hal yang paling utama saat ingin membuat artikel, usahakan dalam membuat judul rangkailah sebuah kata-kata menjadi judul yang mengundang para pembaca untuk mengklik agar mereka dapat membaca artikel yang anda buat.

17. Tenangkan Fikiran Sebelum Membuat Artikel

Jangan pernah membuat artikel dalam kondisi pikiran yang tidak tenang atau terlalu banyak pikiran, seperti yang kita ketahui bahwa pada saat kita membuat artikel pikiran wajib fresh dan benar-benar siap untuk merangkai sebuah kata-kata agar menjadi paragraph.

Jika kata-kata sudah membentuk paragraph langkah selanjutnya menguraikan dari judul yang di buat hingga menjadi sebuah artikel yang siap di baca oleh publik. Jika pikiran sudah tenang, otomatis dalam perjalanan membuat artikelnya pun juga akan lebih cepat.

18. Hindari Bahasa SMS

Perlu di perhatikan saat membuat artikel di blog, sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan bahasa SMS. Seperti yang kita ketahui bahasa SMS biasanya memiliki kata yang di singkat-singkat misalnya saja kata ''Kemana-mana'' jangan sampai di buat bahasa SMS menjadi ''Kmna2''.

Kalau penulisan artikelnya menggunakan bahasa SMS otomatis pembaca akan jengkel dan segera mungkin akan meningalkan blog yang anda miliki. Jadi sangat penting sekali untuk menghindari bahasa SMS dalam pembuatan artikel blog.

19. Cek Ulang Artikel yang di Buat

Jika artikel sudah di buat sebaiknya di baca ulang minimal 2-3x di baca. Hal ini di lakukan agar dapat melihat letak ketidak cocokan kalimat dengan kalimat sebelum atau sesudahnya, terdapat kalimat yang hurufnya kurang, atau kesalahan lain yang seharusnya tidak ada.


Jadi membuat artikel yang baik dan benar itu sangat susah jika tidak di biasakan, hal ini wajib di lakukan jika anda ingin bercita-cita sebagai seorang blogger yang sukses. Untuk itu latihan dan terus belajar adalah solusi terbaik agar anda dapat membuat artikel yang dapat di sukai pengunjung dan search engine.

1 Response to "19 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar 2018"

  1. wah bermanfaat sekali informasinya, terimakasih banyak. beenr juga sih kalau artikel yg dibuat hanya karena ingin disukai google terkesan kaku dan nggak enak dibaca pengunjung.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan