12 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca, Rusak, dan Eror 2018

Sangat kecewa sekali jika memori card yang di miliki bisa sampe rusak apalagi tidak bisa membaca data-data yang tersimpan di dalamnya. Apalagi jika data-data di dalamnya amat penting sekali misalnya dokumen-dokumen kerja, foto kluarga atau hal lain yang tersimpan di dalam memori sd card yang kita miliki.

Apalagi jika rasanya kita rela melakukan apapun asalkan memori sd card kita dapat kembali normal, tentu hal tersebut menjadi kebanggan yang luar biasa bagi kita. Seperti yang kita tahu bahkan saya pribadi, biasanya saya meletakan momen berfoto saya yang mungkin bisa di katakan kenangan berharga yang saya alami dan tidak bisa berulang 2x dengan cara yang sama.

12 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca, Rusak, dan Eror

Jika di bayangkan kemudian memori yang saya gunakan untuk menyimpan data-data berfoto saya tiba-tiba rusak, eror ataupun tidak dapat membaca dokumen-dokumen di dalamnya. Tentu saya pribadi akan kesal, marah, dan tidak ketinggalan kata-kata mutiara pun akan terucap di mulut saya.

Tapi itu hanya seumpama, saya harap hal tersebut jangan sampai menimpa pada saya. Kabar baiknya saya menemukan solusi untuk mengembalikan ataupun untuk memperbaiki memori card yang tidak dapat terbaca di smartphone anda.

Mungkin saat ini anda yang mencari informasi ini sedang mengalami masalah ini ataupun anda hanya sekedar ingin membaca-baca guna untuk menambah pengetahuan anda. Tapi jika anda yang mengalami, saya harap anda dapat membaca informasi ini hingga selesai.

Sebelum saya memberikan solusi dan cara mengatasi memori card yang tidak terbaca, saya ingin memberikan sedikit informasi kepada anda. Bahwa memori card dapat mengalami eror di sebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin saja pernah anda alami, dan faktor-faktornya antara lain:

  • Memori sd card sudah terlalu lama tidak di pasang
  • Sering gonta-ganti hp 
  • Terdapat kerusakan pada memori
  • Terserang virus
  • Sering mencabut memori saat Hp menyala

Jadi saat memori card rusak, tentu tidak mungkin jika  tidak memiliki penyebab yang menyebabkannya. Mungkin anda sudah memiliki sedikit gambaran apa penyebab sd card anda rusak, jika sudah langsung saja kita memulai langkah-langkah dan tata cara untuk memperbaikinya:

1. Lihat Kondisi Memori

Sebelum anda menggunakan cara-cara lain di bawah nanti sebaiknya anda perlu mengecek atau melihat kondisi memori yang anda miliki. Jika kondisi masih bagus dalam arti tidak ada cacat atau kerusakan yang di alami di memori, tentu memori masih bisa di perbaiki.

2. Bersihkan Kartu Memori

Jika cara pertama sudah anda lakukan dan hasilnya memori tidak memiliki kerusakan pisik, kemudian anda wajib membersihkan memori sd card. Caranya sangat mudah sekali anda tinggal membersihkan kartu memori misalnya terdapat noda kotor, atau yang paling sering terdapat bekas lem yang masih menempel di memori.

3. Pasang dan Coba Menggunakan Smartphone Lain 

Cara ini bisa menjadi praktekum yang memiliki hasil, caranya sangat mudah sekali silahkan matikan smartphone yang ingin di isi memori card. Kemudian anda masukan memori cardnya dan hidupkan smartphonenya, apabila hasilnya ternyata dapat membaca dokumen-dokumen di dalam memori.

Berarti yang eror bukan memorinya melainkan smartphone sebelumnya yang anda miliki. Tapi jika hasilnya ternyata masih saja belum membuahkan hasil dalam arti, masih tidak terbaca data-data memori card saat di pasangkan smartphone lain. Tentu anda bisa mencoba cara selanjutnya.

4. Pastikan Tidak Pernah Terjatuh di Air

Saat memori terjatuh di dalam air baik dalam waktu singkat maupun lama, maka komponen-komponen yang bertugas untuk menerka dokumen-dokumen yang tersimpan tidak dapat berfungsi lagi. Dalam arti enak di ucapkanya bahwa memori card sudah rusak total.

Apabila anda merasa pernah melakukan hal ini kepada memori yang anda miliki, sebaiknya urungkan niat anda untuk mengikuti cara-cara lain yang saya berikan di bawah ini. Tapi jika anda tidak pernah melakukanya silahkan ikuti solusi lain di bawah ini.

5. Memori Terkena Virus

Jika cara 1-3 sudah anda ikuti kemudian tidak membuahkan hasil, berarti memori yang anda miliki kemungkinan besar terkena virus. Tapi masih bisa di gunakan memorinya apabila di format, tapi mau tidak mau anda harus merelakan data-data penting dalam memori hilang.

Tanpa pemformatan anda akan kehilangan semuanya, tapi semuanya tergantung andanya lagi. Jika anda ingin menyelamatkan memorinya saya akan memberikan cara-caranya, untuk menyelamatkan memorinya anda bisa menggunakan cara-caranya di bawah ini.

6. Lakukan pemformatan melalui smartphone

Jika anda masih berniat untuk menyelamatkan memori yang anda miliki. Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menformat memori lewat smartphone. Caranya silahkan buka pengaturan di smartphone, kemudian  klik storage/penyimpanan.

Apabila sudah ketemu silahkan arahkan atau gulir ke bagian bawah, jika menemukan bagian menu teks yang bertuliskan Erase SD Card silahkan klik dan konfirmasi YES kemudian tunggu sampai proses benar-benar selesai. Hal ini di lakukan agar seluruh virus yang telah menyebar luas di dalam memori dapat terhapus tuntas.

7. Lakukan pemformatan melalui komputer / laptop

Menformat melalui komputer atau laptop memang jauh lebih mudah dan yang terpenting penformatan melalui PC jauh lebih optimal dan maksimal di banding dengan smartphone. Bahkan virus yang mengendap di dalam memori dapat terhapus sampai akar-akaranya secara tuntas.

Caranya juga sangat mudah silahkan tancapkan memori ke laptop atau PC, untuk menancapkanya anda bisa menggunakan alat bantu misalnya card reader. Kemudian silahkan lakukan format menggunakan laptop atau PC dan tunggu sampai prosesnya selesai, dan selamat memorinya masih bisa di selamatkan.

8. Lakukan pemformatan melalui CMD

Alternatif ini bisa anda coba juga terutama untuk penformatan melalui laptop, caranya sangat mudah silahkan langsung buka CMD, jika kesulitan menemukanya silahkan klik Start kemudian ketikan di mesin pencarian pada laptop dengan tulisan CMD kemudian klik Enter.

Jika sudah di klik enter, biasanya akan muncul perintah CMD, pada tahap ini biasanya akan muncul tulisan kurang lebih seperti ini. ''Microsoft Windows [ Version 6.1.7601 ] Copyright <c> 2017 Microsoft Corporation. All right reserverd. C:\Users\Betara>FORMAT z:/FS:FAT_''

Pada tulisan di atas saya beri tanda warna merah artinya tulisan tersebut nama file memori anda, kemudian untuk yang warna biru yaitu Z silahkan di ganti dengan letak memori anda. Misalnya di laptop memori terletak di bagian drive D silahkan ubah menjadi D, jika sudah silahkan klik Enter dan tunggu sampai prosesnya selesai.

9. Lakukan pemformatan memori menggunakan software PC Mini Tool Partition Wizard

Jika sedikit bingung melakukan format menggunakan CMD silahkan coba cara lain menggunakan cara ini. Caranya silahkan download software PC Mini Tool Partition Wizard store app atau anda bisa mencarinya di google.

Jika sudah ketemu silahkan download dan instal kemudian tancapkan memori ke PC caranya juga bisa mengunakan card reader. Kemudian buka softwarenya dan cari file yang bertuliskan MicroSD/Disk, jika sudah ketemu silahkan klik 1x dan klik kanan.

Setelah klik kanan silahkan klik Delete dan klik konfirmasi Yes, tunggu sampai proses pemformatan selesai dan silahkan coba memori apakah mau terbaca atau tidak. Jika mau, selamat anda sudah berhasil memformat memorinya.

10. Memperbaiki memori rusak menggunakan HP Drive Boot Utility

Cara dan sistem kerja software ini juga hampir sama dengan software di atas, caranya slahkan download dulu softwarenya di store app atau di google. Jika sudah dapat silahkan buka dan tancapkan memori anda di komputer atau laptop.

Jika sudah terbuka softwarenya silahkan pilih drive pada MicroSD kemudian silahkan pilih Create New or Replace Existing Configuration dan klik. Tunggu sampai prosesnya selesai dan jika sudah selesai silahkan langsung cabut memorinya dan silahkan di tes pasangkan ke smartphone anda

11. Beli memori sd card yang baru

Jika anda sudah mengiklaskan memori lama anda dan di tambah anda tidak mau ribet ambil pusing, membeli memori baru adalah alternatif terbaik sekaligus tercepat untuk menghilangkan sedikit rasa jengkel dan rasa pusing anda.

12. Jika di simpan, letakan di tempat yang aman


Penting sekali rasanya memberikan peringatan ini kepada anda, karena seperti yang kita tahu bahwa mencegah itu lebih baik dari pada memperbaiki. Jadi jika anda berfikir saat nanti anda membeli memori kemudian jarang di pasang di smartphone saya harap anda dapat menyimpanya dengan aman dan jauhkan dari tempat yang lembab, tempat terlalu panas, dan jauhkan dari tempat yang memicu adanya air.

0 Response to "12 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca, Rusak, dan Eror 2018"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan