Pengertian Perangkat Output dan Input Beserta Contoh Fungsinya

Ada banyak sekali jenis-jenis perangkat output maupun input yang bisa anda ketahui. Bagi anda yang mungkin masih ingin mengenal apa saja jenis perangkat dan kegunaan perangkat Otput dan Input silahkan simak dulu pengertian perangkat input dan outputnya di bawah ini.

Perangkat Output adalah sebuah perangkat yang memiliki peranan terpenting dalam sebuah komputer karena di dalamnya mencakup seluruh komponen-komponen komputer yang dapat menghasilkan sebuah informasi yang di dapat dari komputer. Dan tujuanya agar informasi tersebut dapat di ketahui oleh manusia baik melalui gambar, tulisan, ataupun suara.

Perangkat Input adalah sebuah unit komponen pada komputer yang memiliki peranan penting yang memberikan perintah secara langsung kepada komputer agar komputer dapat menghasilkan sebuah informasi digital secara langsung kepada para penggunanya. 

Pengertian Perangkat Output dan Input Beserta Contoh Fungsinya

Kemudian sebagai mana yang di bahas di atas adalah pengertian perangkat output dan input, Jadi untuk mengetahui apa saja contoh dan manfaat dari kompunen itu sendiri langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Contoh Perangkat Output Pada Komponen Komputer

Di pembahasan contoh yang di informasikan ini terdapat beberapa komponen dalam sebuah komputer yang menjadi jenis perangkat Output dan jenis perangkat Outputnya adalah:

1. Speaker

Speaker adalah salah satu perangkat outpot yang memiliki peranan penting, yaitu sebagai sarana pemberi informasi yang memanfaatkan suara sebagai informasinya. Dan dari informasi suara yang di hasilkan maka setiap pengguna komputer yang memasangnya dapat memperoleh informasi secara langsung tanpa harus membaca.

2. Monitor

Monitor adalah komponen perangkat output yang paling penting karena tanpa monitor setiap pengguna komputer tidak akan bisa mendapatkan informasi baik dari gambar, tulisan, maupun dari suara. Karena setiap komponen memang sudah memiliki manfaat dan kegunaanya sendiri-sendiri.

Biasanya monitor memberikan informasi kepada para pengguna komputer secara langsung melalui tulisan ataupun melalui gambar. Jadi untuk mendapatkan informasi dari sebuah monitor anda wajib membaca ataupun melihatnya.

3. Printer

Printer adalah sebuah komponen terpisah dari sebuah komponen komputer biasanya anda dapat membelinya di toko electronik terdekat. Karena memang saat anda membeli komputer anda tidak akan mendapatkan sebuah printer untuk aksesoris atau perlengkapan komputer yang di beli.

Untuk manfaat dan kegunaan printer sendiri biasanya di gunakan untuk mengambil sebuah gambar atau sebuah tulisan yang terdapat di informasi monitor. Kemudian printer mampu mengluarkan informasi dari monitor baik berbentuk foto ataupun teks yang sudah di ceplak di sebuah kertas biasa ataupun kertas khusus.

Contoh Perangkat Input Pada Komponen Komputer

1. Keyboard

Keyboard adalah perangat terpenting dalam sebuah komponen komputer karena tanpa keyboard setiap pengguna tidak akan bisa menulis sebuah informasi yang akan muncul di layar monitor. Keyboard memiliki fungsi ya seperti yang saya informasikan itu, yaitu untuk mengetik tulisan yang akan di buat oleh penggunanya.

2. Mouse

Mouse adalah perangkat input penting dalam komponen komputer. Kegunaanya untuk menjadi pengganti alat tunjuk pada manusia atau yang sering di sebut dengan pointer agar pada pengoprasianya komputer dapat bekerja secara maksmal. Tanpa mouse sebuah komputer tidak akan bisa berguna secara maksimal karena memang mouse adalah alat terbaik yang dapat menggerakan pointer di dalam layar monitor.

3. Joystick

Hampir sama manfaatnya dengan mouse yaitu untuk menjalankan sebuah pointer ataupun sebuah simbol tunjuk di dalam komputer, hanya saja Joystick lebih dominan untuk menjalankan atau untuk bermain game. Karena saat bermain game menggunakan Joystick setiap pengguna akan merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam bermain game.

Jadi itulah manfaat, contoh, dan pengertian dari perangkat Input dan Output pada komponen komputer. Mungkin bagi anda yang ingin menambahkan atau pun ingin bertanya silahkan tulis di kolom pertanyaan di bagian bawah dan sebisa mungkin saya akan menjawabnya.

0 Response to "Pengertian Perangkat Output dan Input Beserta Contoh Fungsinya "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan