Mengenal 16 Macam Jenis-Jenis Sepeda di Dunia 2018

Terpopuler dan Terlengkap pada tahun 2017 ini | Terdapat banyak sekali jenis-jenis sepeda yang terdapat di dunia baik dari negara indonesia ataupun dari negara-negara lain. Tetapi pada informasi ini saya hanya memberikan jenis-jenis sepeda yang sudah mulai modren dan pastinya yang sedang populer di berbagai belahan dunia.

Sebelum saya memberikan jenis-jenis sepedanya ada baikanya kita sedikit mengingat masa lalu, mungkin ada yang sudah mengetahui sedikit tentang sejarah sepeda ataupun ada yang belum sama sekali. Jadi sebelum membahas jenis-jenisnya inilah sejarah pertama kali sepeda di buat.

Sepeda pertama kali di ciptakan di negara perancis pada awal abad ke-18 namun tidak jelas siapa pencipta pertama kalinya, di negara perancis sepeda di kenal dengan nama Velocipede. Namun dalam pembuatannya belum mengenal besi bahkan sepeda yang di buat pun tidak memiliki pedal.

Ahirnya pada tahun 1818 sepeda kembali di modifikasi oleh Baron Karis Drais von Sauerbronn seorang ilmuan yang berasal dari jerman yang pada waktu itu sepeda masih di kenal dengan sebutan dandy horse, dan pada tahun 1839 ahirnya sepeda di sempurnakan oleh Kirkpatrick MacMillan.

Pada penyempurnaanya inilah ia menciptakan pedal khusus di bagian sepeda yang ia rancang pada negara yang di tinggalinya yaitu di negara Skotlandia. Nah dari sejarah singkatnya tersebut tentu masih sangat panjang untuk di ceritakan dan jika anda ingin mengetahui sejarah lengkapnya, anda bisa langsung membacanya di wikipedia.

Jika sejarah singkatnya anda sudah tahu silahkan simak kembali berbagai macam jenis-jenis sepeda yang dapat anda baca informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Sepeda BMX
Mengenal 16 Macam Jenis-Jenis Sepeda di Dunia

Sepeda BMX adalah sepeda yang dapat di pakai khusus untuk anak muda dan anak-anak, sepada ini biasanya memiliki bentuk yang lebih kecil di banding sepeda lain. Biasanya sepeda ini kebanyakan di gunakan untuk atraksi dan kegiatan bersepeda santai.

2. Sepeda Tandem



Sepeda tandem adalah sepeda yang memiliki fiture ganda di setiap sepeda, fiture ganda yang di maksud yaitu memiliki tempat duduk dan pedal yang ganda artinya dalam satu sepeda dapat di kendarai 2 orang. Tentu sangat cocok sekali sepeda ini di gunakan untuk jalan santai baik dengan saudara, teman, atau pasangan.

3. Sepeda Tidur


Sepeda tidur adalah sepeda yang memiliki sistem penggunaan yang berbeda pada umumnya, kenapa berbeda? karena pada sepeda tidur memiliki pedal di depan dan dapat di kendarai sambil duduk santai. Tentu hal tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengendara yang mengendarainya, dan hebatnya lagi sepeda ini berasal dari indonesia.

4. Gravity Bike


Bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan pasti sangat suka sekali dengan sepeda ini, karena sepeda ini hanya membutuhkan track jalur yang menurun. Seperti yang kita tahu bahwa di daerah pegunungan medan jalan pasti naik turun, walaupun sepeda ini tidak memiliki pedal tetapi sangat laju sekali jika hanya di gunakan pada daerah jalur yang naik turun.

5. Hybird Bike

Hybird Bike adalah sepeda MTB atau yang sering di kenal dengan Mountain Bike, sepeda Hybird Bike sangat cocok di gunakan pada jalur yang beraspal. Tetapi sepeda ini juga dapat di gunakan di area jalur yang tidak beraspal dan tentunya masih dapat di gunakan secara maksimal.

6. Sepeda XC

Sepeda XC atau yang sering di kenal oleh berbagai kalangan di seluruh dunia dengan nama Cross Country adalah jenis sepeda yang dapat melintasi di jalur tanah, aspal, menanjak ataupun menurun. Tentunya bisa di sebut sebagai sepeda yang multi track karena dapat melintasi di berbagai macam medan area yang siap di lintasi oleh pengendara yang mengendarai sepeda XC ini.

7. Sepeda Trial Bike



Sepeda Trial Bike sebenarnya hampir sama dengan sepeda BMX hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar, tentu sepeda ini hanya dapat di gunakan oleh anak yang memiliki tinggi di atas 140cm. Kegunaan sepeda ini juga hampir sama kok yaitu di gunakan untuk atraksi dan melintasi medan yang banyak rintanganya.

8. Free Ride Bike


Bagi pecinta sepeda gunung pasti tahu dengan sepeda yang mirip dengan sepeda Downhill namun memiliki bobot yang lebih ringan di bandingkan sepeda downhill. Biasanya sepeda ini di gunakan oleh pengendara yang sangat suka sekali melewati medan yang ekstrim atau untuk berpetualang di hutan.

9. Downhill Bike



Downhill Bike adalah sepeda yang khusus di kendarai oleh orang yang memiliki hobi mengendari sepeda dangan medan yang ekstrim. Biasanya sepeda ini di gunakan di area pegunungan yang memanfaatkan jalur yang menurun dan ekstrim.

10. All Mountain Bike


Adalah jenis sepeda yang dapat melewati medan yang terjal dan medan jalan yang berlubang-lubang. Tetapi biasanya jika jalanan terjal dan berlubang pasti akan membuat pengendara yang mengendarinya akan merasakan  sakit terutama di bagian bokong.

Tapi jika menggunakan sepeda ini anda tidak akan mengalami kesakitan pada bagian bokong. Karena pada sepeda ini sudah di lenkapi Shock Absorber yang menjadi keunggulan pada sepeda All Mountain Bike ini, di tambah lagi sepeda ini memiliki suspensi yang lebih besar di banding sepeda mountain lain.

11. Mountain Bike


Sepeda Mountain Bike sebenarnya hampir sama dengan sepeda All Mountain Bike tetapi yang membedakanya adalah bagian desain sepedanya. Sepeda Mountain Bike desainya hampir mirip dengan sepeda Hybrid Bird, tetapi sepeda ini lebih bagus di gunakan pada area medan yang terjal dan banyak sekali rintangannya.

12. Time Trial Bike

Time Trial Bike adalah sepeda balap yang memiliki ban yang tertutup dan tanpa jeruji pada bagian belakangnya. Biasanya sepeda balap ini di gunakan untuk balap sepeda yang mengutamakan kecepatan penuh, selain itu sepeda ini juga memiliki bobot yang sangat ringan sekali.

13. Competitive Road Bike


Sepeda Competitive Road Bike adalah sepeda yang hanya di gunakan untuk balapan. Bahkan sepeda ini hanya memiliki berat kurang dari 5 Kg, tentunya bisa anda bayangkan betapa ringanya sepeda ini. Tentu keringanan tersebut dapat membuat sepeda jauh lebih cepat dari sepeda lain yang sejenisnya.

14. Road Bike



Sebenarnya sepeda Road Bike ini adalah sebuah sepeda yang hanya di gunakan untuk balapan, namun karena bentuk dari sepeda ini universal artinya sepeda ini juga sangat pantas di gunakan untuk umum terutama untuk di kendarai pada jalur yang beraspal ahirnya sepeda ini banyak di gunakan secara umum.

15. Fixie Bike

Sepeda Fixie Bike adalah sepeda terbaik yang dapat di gunakan oleh berbagai kalangan baik muda, anak-anak, sampai orang tua. Biasanya sepeda ini di gunakan untuk berolah raga ataupun untuk jalan-jalan di area perkotaan.

16. Sepeda Lipat


Sesuai dengan namanya sepeda lipat adalah sebuah sepeda yang bisa di lipat, tetapi cara melipatnya bukan seperti melipat baju ya. Sepeda lipat sudah tidak asing lagi di indonesia bahkan mungkin anda adalah salah satu orang yang memiliki sepeda lipat, sepeda lipat ini sangat cocok bagi anda yang ingin membawa sepeda saat liburan karena desain yang simpel dan tidak memerlukan tempat yang lebar untuk membawanya.

Nah mungkin itulah daftar jenis-jenis sepeda terbaik dan terpopuler di dunia. Jangan lupa baca informasi lain yang terdapat di situs ini secara gratis, tentunya dapat menambah wawasan sesuai dengan informasi yang anda butuhkan.

0 Response to "Mengenal 16 Macam Jenis-Jenis Sepeda di Dunia 2018"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan