Belajar Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Terbaru 2018

[Panduan Lengkap] Apakah anda ingin belajar membuat aplikasi android sendiri dan tentunya tanpa mengeluarkan uang sedikitpun? Jika iya di sini saya akan memberikan trik bagaimana membuat aplikasi android sendiri tanpa keahlian khusus sekalipun.

Seperti yang kita ketahui biasanya dalam pembuatan aplikasi anda wajib memiliki keahlian khusus di bagian programer dan yang paling penting anda wajib bisa dalam bermain coding dan minimum anda sudah ahli. Tentu hal tersebut menjadi penghalang bagi anda yang mempunyai mimpi untuk bisa membuat dan memiliki aplikasi sendiri.

Belajar Cara  Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Terbaru

Bahkan jika anda dapat membuat aplikasi yang unik dan memiliki manfaat yang banyak bagi para penggunanya, tentu anda memiliki kesempatan untuk memasang aplikasi yang anda miliki di google play store atau apps store lain.

Jika aplikasi anda dapat di terima tim google dan dapat di unduh di google play store atau appstore lain, maka kesempatan anda meraub uang dari aplikasi anda sangat lah banyak. Mungkin dulu anda pernah melihat di berita atau di youtube atapun di manapun.

Pada informasi tersebut menceritakan bahwa seorang pekerja kuli yang dapat menghasilkan ribuan dolar dari aplikasi yang beliau buat. Hal tersebut sangat mungkin terjadi jika tekat dan mental kita pantang menyerah, padahal beliau hanya seorang kuli bangunan bahkan beliau hanya tamatan SMP.

Mungkin tamatan anda lebih tinggi dari beliau misalnya anda tamatan SMA, S1, S2 dll. Tentu anda dapat lebih pintar dari beliau yang hanya tamatan SMP. Kemudian di bawah nanti saya akan membagi 2 metode pembuatan yaitu cara membuat aplikasi android menggunakan smartphone.

Dan membuat aplikasi android dengan komputer, tentu memiliki sistem dan kemampuan berbeda. Jika untuk membuat aplikasi android di smartphone anda tidak perlu memiliki keahlian khusus bahkan anda dapat membuat game dengan mudah.

Tetapi jika anda ingin berniat membuat aplikasi di android dengan komputer, minimum anda sudah menguasai atau bisa tentang coding. Karena di dalamnya sangat banyak yang harus di program menggunakan bahasa pemrograman misalnya Javascript, HTML, dll.

Baiklah jika anda sudah menentukan keputusan anda berikut saya akan menjelaskan satu per satu dengan tata cara semudah mungkin untuk di pahami. Perlu di ketahui tata cara yang akan saya jelaskan nanti, kita akan membutuhkan beberapa alat misalnya sebuah situs ataupun sebuah software.

A. Membuat aplikasi android atau game menggunakan smartphone

Untuk tahap yang menggunakan smartphone ini saya sengaja akan mengajarkan juga bagaimana membuat sebuah game sederhana dari karya anda sendiri. Dan waktu untuk membuatnya juga tidak terbilang lama hanya sekitar 5-10 menit juga sudah selesai.

Sebelum saya menjelaskan cara pembuatannya saya hanya ingin memastikan kepada anda wajib menggunakan OS android Kitkat ke atas, hal tersebut sangat saya sarankan agar saat pembuatan aplikasi atau game dapat berjalan dengan lancar.

Langkah-langkah yang harus di lakukan dalam pembuatan aplikasi android menggunakan smartphone antara lain:

1. Siapkan bahan-bahanya

Untuk tahap awal kita akan membuat aplikasi berbasis game sederhana dan bahan-bahan yang di perlukan yaitu sebuah image yang akan di jadikan background dalam game yang anda buat. Untuk backgroundnya sendiri anda bisa meletakan gambar misalnya pemandangan kota, foto anime, atau foto anda sendiri juga bisa.

Pada tahap pembelajaran ini saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat aplikasi berbasis game dengan tema game ''permainan spinner'', Kemudian apabila background sudah di dapatkan langkah selanjutnya yaitu menentukan gambar ikon.

Untuk membuat ikon anda bisa membuat sendiri atau bisa mencari-carinya di google. Tentunya ikon tersebut menyangkut dengan game yang anda buat, misalnya pada tahap ini kan kita belajar membuat game spinner jadi carilah ikon spinner sebagai ikon utama game yang anda buat.

2. Tahap pembuatan

Apabila tahap persiapan bahan-bahanya sudah anda miliki langkah selanjutnya yaitu masuk di tahap pembuatan game. Pada tahap ini langkah awal yang harus anda lakukan yaitu mengunjungi situs www.appsgeyser.com. Saya sarankan untuk membuka situs ini dengan browser seperti google crome atau uc browser.

Jika sudah di buka silahkan lakukan pembuatan akun di situs tersebut, saya sarankan membuat akun dengan cara manual yaitu isikan email dari akun google yang anda miliki dan pasword yang wajib di isi. Jika semua kolom sudah di isi silahkan klik ''Register'' dan jangan lupa konfirmasi pendaftaran dengan cara klik pesan yang di kirim lewat email untuk menverifikasi akun yang baru anda buat.

Kemudian apabila akun sudah selesai anda buat silahkan klik submenu di bagian kanan atas yang bertuliskan ''CREATE APP'' dan setelah di klik akan muncul banyak fiture yang bisa anda buat. Pada bagian fiture ini silahkan cari ''Fidget Spinner'', jika sudah ketemu silahkan klik.

Saat di klik biasanya akan muncul menu baru dan biasanya akan ada sambutan pada bagian atas yang bertuliskan ''CREATE FIDGET SPINNER APP''. Pada halaman ini silahkan klik ''NEXT'' pada menu bagian kanan bawah, jika sudah di klik akan muncul menu baru lagi.

Pada menu baru ini kita di ajak untuk memilih spinner yang ingin di tampilkan pertama kali pada permainan yang akan anda buat nanti, pilih saja salah satu. Kemudian pada bagian bawahnya kita di suruh untuk mengupload background dari game yang akan di buat.

Klik ''Attach Image'' dan masukan image yang sudah di siapkan di awal tadi, jika sudah silahkan klik ''Submit'' dan klik ''Next''. Jika sudah di klik akan muncul menu baru lagi, pada kolom APP NAME silahkan di isi dengan nama aplikasi yang sudah anda buat misalnya ''SPIN KU'' atau yang lain.

Jika kolom nama sudah di isi klik ''NEXT'' kemudian akan muncul menu baru lagi, pada menu ini kita di ajak untuk menuliskan deskripsi dari game yang di buat. Deskripsi misalnya menceritakan sedikit tentang game dan apa saja manfaat yang di timbulkan dari bermain game spinner ini.

Nah jika deskripsi sudah di buat silahkan klik ''Next'' dan yang terahir anda akan di ajak untuk mengupload ikon, pastikan anda mengupload ikon yang sudah anda buat atau anda miliki sebelumnya. Jika upload ikon sudah di lakukan silahkan klik ''CREATE''.

3. Download aplikasi yang sudah anda buat

Jika aplikasi yang anda buat sudah jadi saat di klik ''CREATE'' pasti akan muncul menu baru, pada menu baru ini jika anda ingin mendownload dari game yang sudah anda buat. Caranya silahkan scrol dan arahkan pada bagian bawah sekali sampai menemukan tulisan ''Share Your App''.

Biasanya di bawahnya terdapat link dari aplikasi yang sudah kita buat dan silahkan copy dan pastekan pada browser kemudian klik download. Dan tunggu proses downloadnya hingga selesai dan selamat game yang anda buat sudah dapat anda mainkan sendiri dan jangan lupa di share agar orang lain dapat memainkannya juga.

Nah untuk hasilnya akan seperti foto di bawah ini dan tentunya game yang anda buat dapat anda mainkan langsung:



Jadi apabila game sudah anda buat langkah selanjutnya anda tinggal mendalami tentang situs tersebut dan terus membuat aplikasi atau game yang unik dan menarik. Di dalam situs tersebut terdapat puluhan fitur game yang siap anda rancang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

B. Membuat aplikasi android menggunakan komputer

Bagi anda yang sudah memiliki kemampuan tentang coding lebih baik anda menggunakan komputer untuk membuatnya. Pada tahap pembutan menggunakan komputer ini kita akan menggunakan software yang bernama Android Studio.

Android studio memang sudah di kenal lama dan sudah banyak yang menggunakanya terutama untuk masalah pembuatan aplikasi. Di software ini kita akan di hadapkan banyak fiture yang wajib anda pelajari satu-persatu agar anda dapat menguasai fiture di dalamnya.

Untuk menguasai semua fiture di dalamnya mungkin membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk menguasai semuanya, tetapi bagi anda yang memang berniat untuk mempelajari semua fiture-fiture yang di sediakan android studio. Mungkin dalam waktu kurang dari 1 bulan juga anda sudah dapat menguasai secara keseluruhan.

Adapun syarat saat instalasi android studio wajib komputer atau laptop anda mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

  • Menggunakan windows 7 ke atas
  • Memiliki RAM minimum 3 GB, di sarankan untuk menggunakan komputer dengan RAM 8GB
  • Ruang disk minimal terdapat 4-5 GB ruang yang kosong

Tentu tidak semua komputer memiliki spesifikasi di atas, tapi bagi anda yang merasa persyaratan tersebut sudah anda miliki langkah selanjutnya mendownload aplikasi studio. Untuk mendownload dan membaca lagi persyaratan lain silahkan klik DI SINI.


Nah untuk cara pembuatan aplikasi android lewat android studio mungkin akan saya ajarkan di lain waktu lagi, mengingat untuk membuat tutorialnya juga memakan waktu yang cukup lama karena memang android studio adalah sebuah software lengkap yang dapat membuat aplikasi secara maksimal.

0 Response to "Belajar Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Terbaru 2018"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan