14 Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Cepat Habis dan Boros

Apa kamu lagi mencari tahu bagaimana cara menghemat baterai xiaomi yang cepat habis atau boros? Jika iya maka  kamu sudah berada di situs yang sangat tepat untuk mencari tahu bagai mana caranya. 

Xiaomi adalah sebuah brand nama smartphone yang terkenal terutama di indonesia bahkan penggunanya terus bertambah seiring tahun berganti tahun. Hal tersebut tentu tidak heran lagi bagi kalangan para pengguna smartphone.

apalagi jika mengingat harga dari produk xiaomi ini tergolong sangat merakyat sekali dan yang paling di sukai para pengguna xiaomi ini harganya murah terus sfesifikasinya tinggi lagi. Tentu hal tersebut sangat mempengaruhi kenapa xiaomi menjadi smartphone paling laris di indonesia saat ini.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Cepat Habis dan Boros

Kemudian jika berbicara masalah ketahanan dari baterai xiaomi sendiri, menurut studi banding yang sudah pernah saya coba bahwa perbedaan penghematan di bagian baterai smartphone xiaomi ini hampir sama dengan rata-rata smartphone lain.

Hanya saja di bagian pengisianya sedikit lebih lama untuk tipe-tipe tertentu, artinya tidak semua smartphone xiaomi itu memiliki pengisian yang lama. Mengingat baterai yang di gunakan pada smartphone xiaomi untuk tipe saat ini sudah menggunakan sistem baterai tanam.

Tentu kamu sudah paham kan kelebihan smartphone jika sudah menggunakan baterai tanam? Bagi yang belum mengetahui akan saya beri bocoranya sedikit ya.

Kelebihan smartphone yang memiliki sistem baterai tanam biasanya cendrung lebih tahan lama, hal tersebut dapat di sebabkan dari bahan pembuatan baterai menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan yang pasti iyalah baterai tanam biasanya cendrung memiliki MAH yang lebih besar.

Nah sudah paham kan kelebihanya, jika sudah maka kita lanjut di pembahasan yaitu bagaimana cara menghemat baterai xiaomi yang boros dan cepat habis. Di bawah ini terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphone xiaomimu dapat bertahan lama.

1. Teliti Dalam Menginstal Aplikasi atau Game

Perlu di perhatikan dan di teliti apabila ingin menginstal sebuah aplikasi atau game. Aplikasi atau game yang memiliki ukuran besar dapat memacu sistem kerja mesin pada xiaomi meningkat menjadi 3x lipat dari penggunaan secara normal.

Solusinya selektiflah dalam menginstal aplikasi atau game. Jika kamu adalah seorang pemain gamers tentu hal tersebut tidak bisa di elakan lagi apalagi game yang kamu mainkan adalah game yang berukuran besar tentu hal tersebut dapat memakan baterai dengan jumlah besar.

2. Closed aplikasi Medsos

Tentu hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi kamu bahkan saya sendiri. Banyak sekali jenis medsos yang dapat mempercepat habis baterai xiaomi yang kamu miliki di antaranya adalah Facebook, BBM, LINE, dan Instagram. Pasti kamu salah satu pengguna dari 4 medsos di atas atau bisa jadi kamu pengguna semuanya.

Bagi kamu yang menggunakan medsos salah satu di atas, lebih baik saat kamu tidak dalam posisi online di matikan auto notifikasinya atau kamu closed saja aplikasinya di bagian smartphone biasanya terdapat fitur closed aplikasi

3. Atur Auto save baterai

Atifkan juga auto save baterai pada smartphone xiaomi yang kamu miliki. Kebanyakan smartphone rilisan 2017 keatas sudah memiliki fiture auto save baterai. Jika tidak ada fiturenya pada smartphone mu silahkan cari aplikasinya di google play store.

Mengaktifkan baterai save otomatis akan membuat baterai lebih awet saat daya kurang 50%. Namun untuk penggunaan aplikasi biasanya akan di batasi dan misalnya aplikasi yang di perbolehkan seperti sms, telphon, dan apps penting yang tidak memakan banyak daya.

4. Mengatur slep display

Mengatur slep display pada smartphone xiaomi yang kamu miliki juga akan berdampak baik apabila kamu mencari-cari cara bagai mana cara menghemat baterai smartphone mu ini. Hal tersebut menjadi peranan penting karena pada saat smartphone memiliki slep display maka konsumsi daya baterai akan lebih sedikit.

Waktu slep yang di seting lebih dari 5 menit biasanya dapat membuat smartphone menjadi lebih banyak memakan daya, apalagi saat posisi hidup namun tidak di gunakan. Jadi bagi kamu yang ingin mengatur slep dispaly lebih baik menggunakan waktu di bawah 1 menit agar baterai smartphone xiaomi yang kamu miliki lebih tahan lama.

5. Matikan Location Service pada google

Nah bagi kamu yang sering menghidupkan GPS sebenarnya ada dampak baik dan tidak baiknya, dampak tidak baiknya terutama apabila kamu selalu mengaktifkan GPS maka daya baterai pada smartphone mu akan lebih cepat habis untuk itu silahkan aktifkan fiture GPS saat kamu membutuhkan ya.

6. Aktifkan mode senyap

Mode senyap adalah sebuah mode yang paling banyak di anggap oleh orang-orang hanya di butuhkan saat misalnya kamu sedang dalam tempat kerja, sekolah, atau hal yang berhubungan dengan perkumpulan. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa mode senyap ini juga bermanfaat bagi kamu yang ingin menghemat konsumsi daya.

Jadi agar daya yang kamu miliki dalam smartphone itu lebih hemat di sarankan untuk mengaktifkan mode senyap jika posisi smartphone saat tidak di gunakan atau di butuhan.

7. Hapus file cache yang expired

Menghapus cache yang sudah expired atau kedaluarsa juga berdampak penting bagi kamu yang ingin meghemat konsumsi daya pada xiaomi. Hal tersebut karena pada cache yang kedaluarsa dapat menjalankan sebuah program pada smartphoe secara otomatis di tambah lagi program tersebut tidak kita butuhkan.

8. Nonaktifkan fiture bawaan

Menonaktifkan fiture bawaan juga dapat menghemat konsumsi daya. Untuk fiture bawaan yang dapat berdampak memakan daya besar misalnya seperti Wiffi, Bluetooth, GPS, dan Sinkron. fiture-fiture tersebut dapat kamu matikan saat fiture tersebut tidak di butuhkan atau tidak di gunakan.

9. Sesuaikan kecerahan layar

Meyesuaikan kecerahan layar juga berdampak penting agar baterai yang kamu miliki dapat lebih hemat. Karena saat kamu mencerahkan layar smartphone xiaomi maka konsumsi daya akan lebih besar termakan, jadi solusinya pakailah kecerahan layar sperlunya dan jangan berlebihan.

10. Aktifkan Mode penutup aplikasi otomatis

Megaktifkan fitur penutup aplikasi secara otomatis juga akan lebih menghemat daya baterai. Karena saat kamu membuka aplikasi kemudian belum di tutup maka aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang saat tidak kamu jalankan.

11. Kurangi Bermain game secara berlebihan

Faktor penyebab utama jika kamu seorang gamers kenapa baterai yang kamu miliki pada smartphone cepat habis. Karena saat bermain game maka smartphone akan bekerja lebih kuat lagi untuk menjalankan semua fitur agar sesuai dengan aslinya.

Dari situ sudah jelas smartphone yang di gunakan untuk bermain game maka konsumsi dayanya akan lebih cepat keluar apalagi saat kamu bermain game secara berlebihan. Jadi jangan heran lagi kalau kamu bermain game terus smartphone yang kamu miliki cepat habis baterainya.

12. Batasi browsing di internet dengan kecepatan tinggi

lebih dari 2 jam kamu browsing di internet dengan kecepatan tinggi maka akan mempercepat pula daya baterai yang kamu miliki habis. Hal tersebut saya rasa sudah dapat kamu rasakan sendiri, bahkan hal ini juga tidak hanya berlaku pada smartphone xiaomi bahkan hampir di semua produk smartphone juga mengalami hal yang sama.

13. Jangan sering nonton youtube

Jangan sering menonton video secara online juga dapat lebih menghemat konsumsi daya yang kamu miliki. Saat kamu menonton video secara online apalagi di youtube maka kecepatan internetpun akan semakin cepat dan apabila kecepatan internet semakin cepat akibatnya daya baterai yang kamu miliki cepat habis.

14. Matikan data seluler jika tidak perlu

Yang terahir iyalah dengan cara mematikan data seluler saat tidak di butuhkan. Apabila data seluller dalam keadaan hidup maka akan sangat banyak sekali notifikasi dari mediasosial yang mengakibatkan kinerja smartphone tidak bisa beristirahat dengan baik dan optimal.

Nah mungkin itulah cara bagaimana menghemat baterai xiaomi agar tidak cepat habis ataupun boros, mungkin bagi kamu yang ingin menambahkan ataupun ingin bertanya seputar pembahasan saya persilahkan. Dan jangan lupa tulis pertanyaan di kolom pertanyaan di bagian bawah dan sebisa mungkin kami akan menjawabnya.

0 Response to "14 Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Cepat Habis dan Boros"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan