Cara Mengunci Jaringan 4G / 3G Terbaru 2018 | Semua HP

Cara mengunci jaringan 4G atau 3G di smartphone android maupun iphone, memang tidak terlalu di butuhkan bagi orang yang belum tahu akan manfaat yang di timbulkan dari hasil mengunci salah satu jaringan yang kita inginkan. Bahkan cara ini di anggap tidak berguna bagi sebagian pengguna yang tidak mengetahui manfaatnya.

Memang jika kita berbicara kekurangan maupun kelebihan dari hasil mengunci jaringan 4G atau 3G saja, tetap ada saja kekurangan dan kelebihan yang akan di rasakan. Tentunya bagi setiap pengguna yang menggunakan sistem lock jaringan ini.

Cara Mengunci Jaringan 4G / 3G Terbaru untuk Semua HP

Sebelum saya mengulas lebih banyak bagaimana cara lock jaringan 4G atau 3G saja. Saya akan memberikan sedikit pemahaman kepada anda apasaja keuntungan dan kekurangan yang di dapat saat kita mengunci jaringan pada smartphone.

Apa kelebihan mengunci jaringan 4G atau 3G saja?

Banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan di antaranya. Anda dapat mengatur jenis paket yang anda miliki misalnya di paket yang anda miliki hanya tersisa 3G maka anda dapat mengkhususkan hanya jaringan 3G saja yang dapat di tangkap oleh smartphone anda.

Kemudian apabila anda, misalnya hanya memiliki jaringan 4G saja dan paket 3G anda habis maka anda juga bisa mengkhususkan hanya jaringan 4G saja yang dapat di tangkap oleh smartphone anda. Memang jika mengingat jaringan yang terkuat di indonesia untuk saat ini adalah 4G. Di tambah lagi kecepatan jaringan 4G bisa 10x lipat lebih cepat dari jaringan 3G.

Apa kekurangan mengunci jaringan 4G atau 3G saja?

Untuk kekurangannya untuk saat ini saya rasa belum ada ya selama anda mengunci jaringan pada wilayah yang masih tepat. Maksudnya apabila anda misalnya ingin mengunci jaringan 4G di wilayah yang belum suport 4G otomatis smartpone anda tidak dapat terhubung di internet sampai smartphone anda menemukan wilayah yang suport 4G.

Jadi, intinya jika anda ingin mengunci jaringan 4G atau 3G saja. Anda wajib menyesuaikan dengan wilayah di mana anda tinggal, misalnya anda tinggal di wilayah yang suport 4G maka anda bisa mengunci jaringan 4G saja dan sebaliknya untuk 3G.

Di atas kita sudah membahas apa saja kelebihan maupun kekurangan menglock jaringan 4G atau 3G saja. Kemudian bagi anda yang ingin mengetahui cara mengunci jaringanya silahkan baca cara-caranya di bawah ini:

1. Bantuan Aplikasi

Cara pertama untuk mengunci jaringan yang kita inginkan, di sini saya membutuhkan bantuan berupa aplikasi janggih yang bisa anda download di play store dengan nama 4G LTE Switch. Jika kesulitan menemukanya silahkan gunakan kolom pencarian.

Jika aplikasinya sudah ketemu silahkan di download dan tunggu sampai proses download selesai. Apabila sudah selesai langkah selanjutnya silahkan buka aplikasinya dan jalankan, di menu utama biasanya anda akan mendapat informasi seputar smartphone anda.

Misalnya tentang IMEI, Nomor handphone, dan jenis smartphone yang mengakses. Saya sarankan untuk memindah simcard yang biasa untuk internet di pindah di bagian simcard 1 jangan di simcard 2, kemudian pilih jenis jaringan yang di inginkan misalnya hanya ingin 3G saja silahkan pilih WCDMA Only kemudian jika ingin jaringan 4G saja silahkan LTE Only. Jika belum puas dengan cara pertama silahkan simak cara kedua.

2. Bantuan Aplikasi Only Network Mode

Hampir sama kok dengan aplikasi di atas hanya saja memiliki beberpa fiture yang di unggulkan dalam aplikasi ini dan tentunya tidak di miliki oleh aplikasi di atas. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan download aplikasinya di play store jika kesulitan mencarinya silahkan gunakan kolom pencarian untuk menemukanya.

Download dan buka aplikasinya, biasanya di halaman pertama akan muncul ikon gerigi yang memiliki tulisan di bawahnya ''Open Secret Settings''. Dan tunggu beberapa saat maka akan muncul informasi handphone yang anda miliki.

Geser ke arah bawah dan di bagian bawah anda akan menemukan beberapa kolom dan silahkan ganti ''Set preferred network type'' dengan tipe jaringan yang anda inginkan. Lebih singkatnya cara setingnya hampir sama dengan bantuan aplikasi di nomor 1.

Jika sudah di seting langkah selanjutnya silahkan klik Update dan selamat anda sudah dapat mengunci jaringan dengan jaringan yang anda butuhkan.

3. Menggunakan Dial smartphone

Cara ketiga ini mungkin bisa anda coba juga yaitu menggunakan sebuah dial untuk mengunci jaringan yang anda inginkan. Caranya silahkan ketikan *#*#4636#*#* pada aplikasi telphon pada smartphone anda. jika sudah di klik maka otomatis akan berganti tab baru.

Biasanya di tab baru tersebut menunjukan informasi smartphone yang anda miliki dan hampir sama cara menyetingnya seperti pada aplikasi di atas. Hanya saja jika menggunakan dial ini dapat mempersingkat waktu dan tidak membuang paket internet untuk mendownload aplikasi.

4. Gunakan Setelan Smartphone

Biasanya di bagian smartphone baik jenis android ataupun iphone pasti terdapat pengaturan jaringan. Dan cara yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengunci jaringan yang anda inginkan melalui pengaturan jaringan pada smartphone yang anda miliki.

Tetapi biasanya tidak semua smartphone memiliki penguncian jaringan 4G saja, kalau untuk 3G saja saya yakin pasti rata-rata smartphone sudah memiliki fiture tersebut. Jadi jika di smartphone anda tidak memiliki  fiture lock 4G LTE only ya terpaksa wajib menggunakan salah satu cara dari cara nomor 1, 2, dan 3.


Mungkin itulah informasi bagai mana cara mengunci jaringan 3G atau 4G saja. Mungkin bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar informasi ini silahkan di tanyakan di kolom pertanyaan di bagian bawah dan sebisa mungkin saya akan menjawabnya.

0 Response to "Cara Mengunci Jaringan 4G / 3G Terbaru 2018 | Semua HP"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan