Cara Buat Lagu Karaoke Dengan Menghilangkan Suara Pada Vokal

Setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan kepenatan dan mengisi waktu luang. Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan kebosanan tersebut, Terutama kegiatan yang sangat digemari remaja maupun orang dewasa sampai saat ini adalah, Karaoke.

Selain untuk menghilangkan kepenatan, kegiatan karaoke ini juga bisa dimanfaatkan sebagai hobi dan menyalurkan bakat bernyanyi, terutama yang sangat gemar bernyanyi dan melatih vokal suara. Sejarah karaoke berasal dari negara jepang yang pertamanya bernama Karaoke dengan kata ''Kara'' yang artinya kosong dan ''oke'' yang artinya okestra dari kata singkatanya.

Cara Buat Lagu Karaoke Dengan Menghilangkan Suara Pada Vokal

Dengan begitu arti karaoke adalah kegiatan okestra dengan lagu yang kosong alias tidak memiliki suara vocal dan hanya terdapat suara musik lagu tersebut. Karena kata majemuk ini setengah asing (Inggris) dan setengah Jepang, maka ditulis dengan aksara katakana dan bukan kanji. Tempat karaoke biasanya yaitu gedung atau ruangan khusus untuk hiburan bernyanyi karaoke.

Karaoke merupakan sebuah bentuk hiburan interaktif atau video game di mana seorang penyanyi bernyanyi bersama dengan rekaman musik (musik video) dengan menggunakan mikrofon dan sound sistem publik. Musik karaoke biasanya lagu minus lead vocal.

Lyrics biasanya ditampilkan pada layar video, bersama dengan simbol bergerak, berubah warna, atau gambar video musik, untuk membimbing penyanyi. Di beberapa negara, di sebut sebuah kotak karaoke KTV. Hal Ini juga merupakan istilah yang digunakan oleh para teknisi rekaman diterjemahkan sebagai "lagu kosong" yang berarti tidak ada track vokal.

Biasanya lagu karaoke hanya diiringi musik saja tanpa adanya suara vokal. bagi anda yang suka karaoke dan suka bernyanyi,  anda bisa melakukanya dirumah tanpa harus datang ketempat tempat karaoke yang mengeluarkan biaya.

Tentunya untuk meminimalisir atau menghilangkan suara vocal pada lagu, anda bisa memanfaatkan software pengedit audio seperti winamp, Adobe Audition, dan Audacity. Adobe Audition merupakan software berbayar dan masih memiliki License, jika ingin menggunakan software ini anda cukup membelinya.
Tapi anda bisa menggunakan software gratis seperti winamp dan Audacity untuk mengeditnya. Berikut cara membuat lagu karaoke dengan menghilangkan suara pada vokal, dengan menggunakan software Audicity. Anda bisa mendownload software ini melalui site officialnya atau mencarinya di google dengan ukuran 20MB. karena software ini gratis, jadi bisa di cari dengan mudah.

Langkah-langkahnya:

• Buka software Audacity, lalu import lagu yang sudah disiapkan.

• Setalah itu pilih menu effect lalu pilih bagian Vocal Remover (for centered-Panned vocal).

• Lalu simpan Filenya (export) dan pilih format audio yang diinginkan.

Selesai, lagu berhasil diminimalisir. Sekarang anda bisa melakukan kegiatan karaoke dirumah. Perlu diketahui, software audio seperti ini tidak akan memberikan 100% kualitas suara yang dihilangkan, Pastinya kualitas lagu yang diedit akan mempengaruhi kualitas saat anda menghilangkan suara vocalnya.

Beberapa aplikasi punya preset bawaan untuk menghilangkan suara vokal, beberapa membutuhkan plugin, atau harus dikalibrasi secara manual. Hampir semua aplikasi penghilang suara vokal dengan format yang bisa anda atur sendiri seperti, MP3, AMR, M4A, AVR, dan sebagainya.

Beberapa aplikasi audio menggunakan teknik olah audio khusus untuk menghapus vokal dari sebuah lagu. Gambaran prosesnya adalah meminimalisir atau menghilangkan frekuensi suara manusia yang terdeteksi. Anda bisa mendownload aplikasi pengedit audio gratis seperti:

• Audacity (Recomend)
• Winamp
• MP3 Karaoke
• Wavosaur
• WavePad
• OcenAudio


Mungkin itulah informasi yang dapat kami berikan seputar cara bagaimana menghilangkan suara penyanyi pada sebuah lagu atau tanpa vokal. Apabila dari pembahasan ini mungkin ada yang kurang di mengerti silahkan tanyakan di kolom komentar yang sudah  di sediakan pada bagian bawah dan sebisa mungkin kami akan menjawabnya,

0 Response to "Cara Buat Lagu Karaoke Dengan Menghilangkan Suara Pada Vokal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan