WIFI Android Tidak Bisa Aktif, Error, Connect, Menyala | Begini Solusi Caranya

Menggunakan kuota internet sendiri, tentu terasa berat ya. Apalagi kalau yang handphonenya belum support koneksi 4G, soalnya seperti yang kita ketahui bersama, harga paket data internet 3G lebih mahal daripada yang 4G. Solusi yang lebih murahnya nih, adalah dengan memanfaatkan koneksi WiFi.
Teknologi Wireless Fidelity ini memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan kecepatan yang lebih cepat, dan pastinya lebih murah, terlepas dari wifi dipasang sendiri di rumah kita atau memakai wifi milik orang lain. Untuk kamu yang menggunakan Android, tentu kamu sudah tau kalau semua jenis Android bisa memanfaatkan fasilitas ini.

WIFI Android Tidak Bisa Aktif, Error, Connect, Menyala | Begini Solusi Caranya

Namun, bagaimana jika wifi dari androidmu tidak bisa aktif, error, tidak bisa connect, atau tidak bisa menyala? Sebelumnya kamu harus pastikan bahwa wifi-detector di Androidmu dan wifi routernya sudah menyala dulu, kemudian cek apakah password yang kamu masukkan benar. Jika androidmu masih belum bisa terkoneksi, cek sudah berapa perangkat yang terkoneksi ke wifi router tersebut, karena setiap wifi router memiliki kapasitas perangkat masing-masing.

Jika masih belum bisa, coba gunakan pakai perangkat android temanmu atau milik orang lain. Kamu juga bisa mengecek kekuatan sinyal wifi dengan wifi tester dengan mendownloadnya di PlayStore. Kalau semua langkah sudah kamu lakukan dan masih tidak terkoneksi, coba 5 cara berikut ini. 
Cara pertama, kamu dapat membuka menu panggilan dan men-dial nomor ekstensi *#*#526#*#*. Akan muncul jendela yang menampilkan bahwa wifi androidmu sedang diperbaiki. Kamu hanya perlu menunggunya hingga selesai, kemudian me-reboot androidmu. Cara kedua, adalah dengan menghapus cache di memori androidmu.

Untuk melakukan cara ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner, UCCleaner, Clean Master, dan lain-lainnya, yang banyak tersedia di PlayStore. Setelah selesai, pastikan kamu matikan smartphone dan melepaskan baterai, memori eksternal yang terpasang, dan SIM Card dari androidmu. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan jika androidmu menggunakan baterai yang removable alias bisa dilepas pasang ya.

Diamkan smartphonemu selama 30 detik-1 menit agar aktivitas di handphone berhenti bekerja semua karena sudah tidak ada daya lagi dari baterai. Setelah itu, pasang kembali semuanya, hidupkan kembali dan coba hubungkan dengan wifi.
Cara ketiga yang bisa kamu coba adalah dengan mengatur DNS androidmu. Buka setting pada smartphonemu dan pilih menu Wireless and Networks untuk masuk ke masalah jaringan. Berikutnya, pilih opsi Wi-Fi settings, dan masuk ke Advanced menu.

Di sini kamu harus memberi tick agar meng-enable pilihan use static IP. Kemudian ketikkan IP address yang kamu gunakan, Gateway, dan Netmask yang network kamu gunakan. Masalah DNS1, isikan angka 8.8.8.8 sedangkan DNS2, isikan angka 8.8.4.4.

Kedua angka ini adalah DNS dari Google. Berikutnya, tap tombol sebelah kiri, kemudian pilih save. Coba koneksikan kembali androidmu dengan wifi. Jika ketiga cara ini sudah kamu lakukan dan masih juga belum bisa, pilihan terakhir adalah dengan me-root androidmu terlebih dahulu dan menggunakan aplikasi Root Explorer yang bisa kamu download dari Play Store.

Wifi android yang tidak bisa aktif, error, connect, ataupun menyala dapat disebabkan oleh masalah software ataupun hardware. Cara-cara di atas dapat kamu jalankan apabila masalah terletak pada softwarenya, namun jika masalah terdapat pada hardware, disarankan agar kamu memperbaikinya langsung ke tempat service android yang terpercaya.

0 Response to "WIFI Android Tidak Bisa Aktif, Error, Connect, Menyala | Begini Solusi Caranya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan