Teknik Fotografi Untuk Pemula Panduan Lengkap [ Rahasia Fotograf Profesional ]

Fotografi sebuah istilah yang sarat dengan cerita sungguhnya. Ada 2 kata yang digabung untuk istilah atau kata tersebut, yaitu Photo yang artinya cahaya, dan Grafo berarti menulis atau menggambar yang jika dijelaskan secara singkat adalah suatu tehnik menggambar dengan menggunakan cahaya. Sangat indah bukan definisi tersebut yang menempatkan cahaya sebagai pemeran utamanya dalam memperoleh sebuah gambar.
Oleh sebab itulah fotografi bukan sekedar berkaitan dengan urusan memencet tombol shutter atau sekedar hobi, akan tetapi lebih dari itu, fotografi sendiri adalah seni yang rumit, yang terus berkembang dengan inovasi-inovasi dalam karya para pelakunya. 

Teknik Fotografi Untuk Pemula Panduan Lengkap [ Rahasia Fotograf Profesional ]

Secara tahap demi setahap adalah saran terbaik dalam mempelajari seni yang rumit ini. Dimana dalam setiap tahapnya harus dimengerti secara mendalam. Pada kesempatan kali ini, kita akan coba mengulas beberapa hal atau tehnik fotografi untuk pemula panduan lengkap.

Sehingga bagi para peminat fotografi, setidaknya memperoleh sedikit dasar kuat untuk melangkah ke fase berikutnya. Setelah mengerti fotografi itu apa, yang termasuk dalam tehnik fotografi untuk pemula panduan lengkap adalah mengenal kamera. 

Tentu saja kameralah yang menjadi alat untuk dapat melakukan seni lukis dengan cahaya ini. Dimana dengan kameralah fungsi untuk mengatur cahaya dapat dilakukan. Dalam kamera terdapat dua hal basic yang harus dikuasai untuk bab pengaturan cahaya yaitu Shutter Speed (Kecepatan Rana dan Aperture (Diafragma).

Shutter Speed adalah kecepatan mebukanya jendela kamera dimana cahaya akhirnya dapat menerobos masuk ke dalam image sensor. Detik adalah satuan dalam shutter speed yang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi cahaya di saat pemotretan. Jika pada siang hari cahayanya terang maka shutter speed diseting menjadi lebih cepat misalnya 1/500 detik.

Dan bila pada situasi dengan cahaya yang minim misalkan malam hari maka shutter speed pastinya diseting lebih lama misalnya 1/5 detik. Oleh sebab itu mengapa foto di saat malam hari akan terlihat cenderung lebih buram ini dikarenakan shutter speed yang lebih lambat sehingga tangan yang bergetar membuat cahaya bergeser yang pada hasil fotonya menjadi ngeblur atau sedikit buram.

Sedangkan aperture atau diafragma adalah bukaan lensa. Analoginya adalah seperti tirai di sebuah jendela kaca yang dapat ditutup atau dibuka untuk mengatur cahaya yang masuk ke sebuah ruangan. Huruf f adalah lamban. g untuk aperture atau diafragma di suatu kamera dengan satuan antara lain f/1.2 , f1/4 , f1/8 , f/2.0 , f/2.0 , f/2.8 , f/3.5 , dan seterusnya.

Kaidahnya adalah bukaan lensa akan semakin besar pada semakin kecilnya angka satuannya, contohnya f/1.8 pastinya bukaan lensanya lebih besar bila dibandingkan dengan f/3.5. Jadi korelasi antara shutter speed dan aperture adalah semakin besar aperture maka shutter speed semakin cepat dan begitu juga sebaliknya shutter speed semakin lambat bila aperture-nya semakin kecil.

Sekedar tips yang bisa diterapkan, lebih baik gunakan f kecil pada background yang menganggu dan juga untuk menghasilkan foto lanskap yang baik gunakan f yang besar. Selanjutnya dalam ulasan tehnik fotografi untuk pemula panduan lengkap adalah tentang lensa. 

Memfokuskan cahaya adalah fungsi lensa sehingga dapat membakar medium penangkap atau film. Ada 3 cincin di luar bagian lensa yaitu cincin panjang fokus, cincin fokus dan cincin diafragma. Panjang lensa mempengaruhi jarak pemotretan, sudut pandang, pembesaran dan fasilitas bukaan diafragma.

Lensa pun bermacam-macam ada lensa standar, lensa sudut-lebar, Lensa Fish Eye, Lensa Tele, Lensa zoom, dan lensa makro. Agaknya untuk kesempatan kali ini hal-hal itu saja terlebih dahulu yang bisa kita ulas. 

Masih banyak hal atau tehnik yang hukumnya wajib untuk dipelajari para pemula. Akan tetapi pahami dan kuasai terlebih dahulu hal di atas, sehingga untuk hal-hal dan tehnik selanjutnya akan relatif mudah dikuasai.

0 Response to "Teknik Fotografi Untuk Pemula Panduan Lengkap [ Rahasia Fotograf Profesional ]"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan