Mengenal Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR / Cara Menggunakan Canon?

Kamera DSLR mungkin layaknya nasi bagi para fotografer yang kesehariannya memotret gambar. Seperti suatu keharusan bagi mereka untuk menguasai keseluruhan atau pun sebagian besar kamera DSLR dari berbagai merk dan jenis. 

Secara basic, semua kamera khususnya kamera DSLR sama dalam hal konfigurasinya hanya beberapa fitur saja yang mengalami perbedaan yang mana pada akhirnya fotografer itu sendiri yang harus lihai memanfaatkan berbagai fitur dalam konfigurasi pada suatu kamera.

Mengenal Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR / Cara Menggunakan Canon?

Bagi para pemula mengenal fungsi tombol pada kamera DSLR/ cara menggunakan Canon adalah wajib hukumnya. Barangkali dengan uraian singkat ini dapat membantu para pemula untuk mengetahui fungsi puluhan tombol yang terdapat di sebuah kamera DSLR. 

Tombol Built-in Flashlight adalah tombol untuk mengatur lampu flash. Bila diseting otomatis, flash akan hidup dengan sendirinya sedangkan bila disetel manual maka dapat diatur secara manual oleh pengguna.

Adapun tombol Red-eye reduction berupa tombol untuk mengaktifkan fitur red-eye reduction yang bertujuan untuk menetralisir hasil refleksi iluminasi flash dan pembuluh darah yang bisa menghasilkan foto seseorang dengan mata yang memerah. 

Fitur ini akan bekerja secara otomatis sekitar 1 hingga 2 detik sebelum gambar terambil. Display berfungsi untuk mengatur ditampilkannya atau tidak informasi setting suatu mode. Sedangkan pengaturan modus pemotretan dapat dilakukan dengan tombol Thumb Wheel.

Yang selanjutnya dibahas pada ulasan mengenal fungsi tombol pada kamera DSLR/ cara menggunakan camera canon adalah tombol lensa yang berfungsi melepas dan mengunci lensa saat terpasang di body camera. 

Pengaturan besaran (tinggi-rendah) aperture dan shutter speed dapat dilakukan dengan menggunakan tombol main dial. Tombol lensa kamera adalah tombol untuk mengatur lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.
Untuk pengaturan focus setting lensa secara manual atau atomatis dapat diatur dengan tombol Manual and Automatic Focus Setting. Sedangkan tombol flash adalah untuk mengaktifkan flashlight secara manual. 

Shutter adalah tombol dalam eksekusi mengambil gambar. Sementara untuk mengatur white balance atau metering kita bisa menggunakan tombol Fn/Q. Sesuai namanya, tombol Zoom in-Zoom Out berfungsi untuk memperbesar gambar setelah diambil.

Sedikit berbeda dengan kamera digital biasa dimana tombol ini biasanya berfungsi untuk memperbesar gambar yang akan diambil. Untuk menentukan titik fokus, kita bisa menggunakan Viewfinder sedangkan Monitor LCD adalah untuk menampilkan keseluruhan informasi kamera, setting, fitur, hingga hasil akhir. 

Tombol ISO adalah tombol untuk mengatur seberapa besar ISO yang dibutuhkan, sedangkan tombol Mode berfungsi untuk mengatur drive mode dengan memilih Single Shotting, High Speed Continues, Low Speed Continues atau juga mode timer atau remote.

Adapun fungsi tombol navigasi adalah untuk menggerakkan hasil gambar yang telah diambil dengan 3 bentuk berbeda yakni scroll, analog, dan tombol 4 arah biasa. Tombol Menu/Info berfungsi untuk mengatur setting.

Tentunya keseluruhan kamera saat memotret dan menampilkan info foto yang diambil seperti aperture, ISO ataupun shutter speed-nya.  Sedangkan tombol preview adalah tombol untuk melihat hasil jepretan. Untuk mengatur aperture, tinggal menggunakan tombol AV (Aperture Value).

Sedangkan tombol Life View adalah tombol yang digunakan untuk membidik gambar melalui layar LCD, jadi terdapat 2 cara membidik objek yaitu via finder dan layar LCD. Hampir kesemua tombol basic pada kamera DSLR telah dijelaskan dalam tulisan mengenal fungsi tombol pada kamera DSLR/ cara menggunakan Cannon ini. 

Selebihnya dapat dipelajari tombol atau fitur-fitur yang lain pada tulisan-tulisan berikutnya. Semoga dapat berguna bagi para pemula atau pun yang mulai menyukai bidang fotografi dengan kamera DSLR-nya.

0 Response to "Mengenal Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR / Cara Menggunakan Canon?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan