Cara Mudah Perbaiki Baterai Laptop yang Rusak ( Plugged In Not Charging )

Banyak orang yang sering kebingungan bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang rusak, kebanyakan orang langsung membawa ke tempat service laptop untuk memperbaikinya. Padahal permasalahan tersebut bisa di perbaiki secara mandiri dan yang terlebih tanpa mengeluarkan banyak uang.

Tentu jika tahu caranya akan menghemat pengluaran uang kita, tetapi bagai mana cara memperbaikinya sendiri apabila tidak perlu di bawa ke tempat service dan apakah tidak berbahaya? memang bagi kebanyakan orang tidak mau menyervise sendiri itu karena beberapa faktor.

Cara Mudah Perbaiki Baterai Laptop yang Rusak ( Plugged In Not Charging )

Dan faktor yang paling sangat umum adalah faktor takut akan terjadi kerusakan lain pada saat pembukaan pada komponen-komponen di dalam laptop yang kita miliki. Tapi tenang saja karena cara yang akan saya bagikan ada yang tidak perlu membuka komponen-komponen pada laptop yang anda miliki kok. 

Tetapi untuk cara pamungkasnya memang ada yang sedikit membuka pada komponen baterai laptop yang memang harus di lakukan agar bisa di lakukan perbaikan. Kemudian bagaimana sih cara memperbaiki baterai laptop yang rusak tanpa mengantar ke tukang servis untuk memperbaikinya.

Di sini saya akan menjelaskan tata cara memperbaiki komponen baterai yang rusak, dan terdapat beberapa cara yang bisa anda ikuti dan tentunya carilah cara di bawah ini yang kiranya mudah untuk anda prktekan sendiri, langsung saja simaklah cara memperbaikinya di bawah ini:

1. RESTORE laptop yang anda miliki

Cara ini sangat cocok sekali bagi laptop anda yang mengalami kerusakan baterai dan muncul notifikasi "plugged in not charging ". Cara melakukan Restorenya yaitu pertama-tama silahkan klik start kemudian cari dengan kolom pencarian pada laptop anda di menu file atau menu utama jika tersedia.

Kemudian tulis kata '' System Restore " kemudian klik dan pilih bagian " Restore Recomended File System " kemudian klik dan klik '' finish ''. Untuk melakukan proses Restore ini memang bisa memakan waktu yang lumayan lama, jadi untuk melakukan perbaikan dengan cara ini di butuhkan kesabaran. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki cukup kesabaran silahkan baca informasi cara lain di bawah ini.

2. Ganti cell baterai

Bagi anda yang kurang sabar dalam memperbaiki baterai laptop yang rusak cara kedua ini bisa saja jadi alternatif bagi anda untuk memperbaiki baterai laptop yang rusak. Kenapa saya menyarankan anda untuk menganti cell baterai laptop yang rusak?

Karena pada saat baterai laptop rusak 80% kerusakan pada baterai laptop itu hanya beberapa cell saja yang mengalami kerusakan, biasanya isi cell pada laptop juga berbeda-beda dan tidak sama ada yang berisi 8 cell, 6 cell atau bahkan berisi 4 cell.

Tentu hal itu bisa di lihat ketika anda sudah membuka pada komponen baterai laptop yang anda miliki dan dari beberapa cell yang ada di dalam laptop tersebut biasanya hanya 1 sampai 2 cell saja yang mengalami kerusakan. Dan untuk cara memperbaikinya kita akan membuka komponen pada baterai laptop saja.

Dan hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka komponen baterai laptop dan amati bagian cellnya yang sudah rusak dan jika sudah ketemu silahkan beli cell yang rusak di toko elektronika atau toko khusus aksesoris dan peralatan servis laptop di kota anda.

Cara ini saya ajarkan tujuanya untuk menghemat pengluaran anda dari pada harus membeli baterai laptop yang baru yang harganya jelas lebih mahal. untuk membeli 2 cell biasanya harganya 80 sampai 130 ribu tentunya tergantung merk cellnya.

Jika sudah mendapatkan cellnya langkah selanjutnya yaitu mengganti cell yang lama dengan yang baru. Perlu di perhatikan bahwa harus teliti saat membuka komponen baterai dan jangan sampai merusak salah satu komponen-komponennya, kemudian jangan lupa solder komponen cell yang sudah di ganti agar bisa menempel kembali.

Apabila sudah terpasang semua silahkan pasangkan baut kembali dan jangan lupa pasangkan baterai ke laptop yang anda miliki dan silahkan charger hingga penuh dan laptop yang rusak sudah siap di gunakan kembali. Jika menurut anda cara ini sangat rumit di lakukan silahkan simak cara termudahnya di bawah ini.

3. Beli baterai laptop baru

Cara yang ketiga ini bisa jadi cara terbaik yang bisa anda lakukan yakni membeli baterai laptop yang baru. Dalam membeli baterai laptop yang baru anda perlu memperhatikan tipe dan merk laptop yang anda miliki dan jangan lupa apabila anda menginginkan baterai laptop yang awet dan tidak mudah rusak, belilah baterai laptop yang original.

Jangan sampai salah membeli baterai atau tpe dan merk baterai tidak kompetible untuk di gunakan atau di pasang pada laptop anda. Memang untuk harga yang orginal lebih mahal tapi kualtas yang di berikan pasti tidak akan mengecewakan, tetapi bagi anda yang menginginkan baterai laptop dengan harga murah cobalah membeli baterai laptop dengan merk OEM atau Generik karena produk tersebut sudah memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang relatif lebih murah di bandingkan yang original.

Mungkin itulah cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki baterai laptop yang rusak atau plugged in not charging, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar informasi di atas jangan lupa tanyakan kepada kami di kolom pertanyaan yang sudah kami sediakan di bawah. 

0 Response to "Cara Mudah Perbaiki Baterai Laptop yang Rusak ( Plugged In Not Charging )"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan