Bluetooth Android Tidak Berfungsi | Cara Mengatasi dan Memperbaikinya?

Sebagai teknologi yang tergolong jadul, Bluetooth memang dipastikan selalu ada di setiap smartphone android masa kini. Ya, teknologi Bluetooth sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi file dari satu smartphone ke smartphone lainnya secara nirkabel.
Bluetooth Android Tidak Berfungsi | Cara Mengatasi dan Memperbaikinya?

Bluetooth ini memang terbukti mampu mempermudah setiap urusan kita yang hendak berbagi file, namun ada masanya Bluetooth secara tiba-tiba hang alias tidak bisa digunakan. Untuk itu bagi Anda yang mengalami kejadian serupa sebaiknya membaca ulasan dibawah ini terlebih dahulu yang akan memberi informasi seputar Bluetooth Android tidak berfungsi | Cara mengatasi dan memperbaikinya? Berikut ulasannya:
Bluetooth Android Tidak Berfungsi | Cara Mengatasi dan Memperbaikinya?
  1. Clear Cache pada Aplikasi Bluetooth

Salah satu penyebab Bluetooth yang gagal berfungsi adalah karena aplikasi tersebut telah hang dan butuh direset. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan Cache yang tersisah dari Bluetooth tersebut.

Untuk melakukannya bukalah menu setting lalu pilih kolom aplikasi, setelah itu cari aplikasi Bluetooth dan bukalah, maka Anda akan menemukan tulisan ‘Clear Cache’ selanjutnya cukup tekan dan tunggu maka Bluetooth sudah kembali siap digunakan.
  1. Clear Data pada Aplikasi Bluetooth

Apabila cara di atas belum berhasil maka ada cara tambahan yang juga serupa, yaitu dengan membersihkan data. Untuk melakukannya pun sama saja, Anda hanya perlu membuka menu setting dan melakukan langkah yang sama pada langkah di atas. Hanya saja kali ini tekan tulisan ‘Clear Data’ untuk membersihkan sisah-sisah data yang menghambat fungsi dari Bluetooth tersebut.
  1. Restart Smartphone

Selain cara di atas Anda juga bisa me-restart smartphone untuk kembali menormalkan fungsi Bluetooth yang ada. Hal ini secara otomatis akan membuat smartphone kembali pada kondisi yang fresh sehingga sebagian besar aplikasi akan tertutup dan Anda bisa kembali mencoba menyalakan Bluetooth saat smartphone pertama kali menyala.
  1. Reset Smartphone

Apabila restart smartphone masih belum juga berhasil maka Anda harus me-reset smartphone tersebut dengan cara mematikannya lalu mencabut baterai apabila smartphone bertipe removable battery atau mencabut kartu sim sekaligus kartu memori eksternalnya. Setelah itu tunggu dulu selama beberapa menit lalu pasang kembali dan nyalakan smartphone.
  1. Periksa Kapasitas Memori RAM

Salah satu penyebab dari tidak berfungsinya Bluetooth adalah karena memori RAM sudah terlalu penuh. Hal ini bisa dikarenakan smartphone sudah terinstall sangat banyak aplikasi dan akhirnya tidak ada lagi kapasitas yang kosong untuk smartphone tersebut mampu menjalankan aplikasi Bluetooth.
Untuk itu bijaklah dalam mengunduh aplikasi, pastikan jika setiap aplikasi yang terpasang benar-benar penting dan sering digunakan. Apabila tidak, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak penting lalu restart smartphone Anda dan cobalah kembali untuk menyalakan Bluetooth.
  1. Factory Reset
Cara terakhir ini sekaligus menjadi cara paling pamungkas diantara yang lainnya. Anda harus melakukan factory reset supaya smartphone benar-benar kembali pada kondisi terbaiknya. Namun ingat, sebelum melakukan ini sebaiknya Anda sudah melakukan back-up data terlebih dahulu supaya seluruh data penting tidak hilang.
Untuk melakukan factory reset pun caranya sangat sederhana, cukup buka menu setting lalu cari pilihan ‘Back-up and Reset’ setelah itu tekan ‘factory reset’ dan smartphone Anda pun akan kembali normal seperti sedia kala.

Demikianlah ulasan yang bisa dibagikan seputar informasi dari Bluetooth Android tidak berfungsi | Cara mengatasi dan memperbaikinya? Semoga bermanfaat dan Bluetooth smartphone Anda kembali bisa digunakan.

0 Response to "Bluetooth Android Tidak Berfungsi | Cara Mengatasi dan Memperbaikinya?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan