Arti Kode Error Kamera DSLR Canon | Solusi dan Cara Mengatasinya?

Sebagai salah satu brand kamera yang paling terkenal di dunia, tentu Canon sudah terbukti memiliki jutaan konsumen maupun basis fans setianya di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri Canon berhasil menjadi salah satu brand kamera yang paling laris dipasaran. Hal ini tentu berkaitan dengan kualitas produknya yang memang berkualitas tinggi namun tetap bisa digunakan oleh siapa saja.
Produk kamera dari Canon juga terkenal awet, bahkan tanpa perawatan yang mendetail pun kamera ini tetap akan bisa digunakan selama bertahun-tahun. Hanya saja kadang kala kerusakan tetap terjadi, hal ini memang tidak bisa dihindari mengingat kamera adalah barang elektronik yang pastinya bisa rusak.

Arti Kode Error Kamera DSLR Canon | Solusi dan Cara Mengatasinya?

Untuk itu supaya Anda mampu mengenali tiap-tiap kerusakan pada kamera ini Anda sebaiknya membaca ulasan dibawah ini terlebih dahulu yang akan memberi informasi terkait arti kode error kamera DSLR Canon | Solusi dan cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini:

Arti Kode Error Kamera DSLR Canon | Solusi dan Cara Mengatasinya?

  1. Err 01

Kode tersebut mengisyaratkan bahwa komunikasi antara lensa dan kamera Anda sedang bermasalah sehingga kamera tidak akan bisa merekam hasil tangkapan dari lensa. Hal ini bisa dikarenakan pin kontak pada mount lensa sedikit tergores atau mungkin masalah lainnya.

  1. Err 02

Kalau kode ini mengisyaratkan bahwa kamera Anda tidak bisa mengenali kartu memori. Ya, ada problem dalam komunikasi antara kamera dan memori, ini bisa disebabkan oleh kartu memori yang memang rusak atau bahkan slot memorinya yang sudah rusak.

  1. Err 04

Kamera Anda tidak bisa menyimpan lagi gambar dikarenakan kartu memori terindikasi telah penuh. Ada dua kemungkinan, apakah kartu memori memang penuh atau memang kamera Anda yang tidak bisa mendeteksi kapasitas sisa pada kartu memori.

  1. Err 5

Kode ini menandakan adanya gangguan pada flash internal kamera Anda. Hal ini bisa jadi dikarenakan ada benda yang menghalangi bukaan flash sehingga gagal terbuka.

  1. Err 6

Kalau yang ini pertanda bahwa sensor mekanik pembersih otomatis dalam kamera Anda tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Hal ini besar kemungkinan hanya terjadi pada kamera yang sudah berumur dan sering dipakai.

  1. Err 20

Kode eror ini mengindikasikan kalau bukaan diafragma pada kamera Anda mengalami gangguan sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.

  1. Err 30

Kalau kode yang ini besar kemungkinan juga akan ditemui pada kamera yang sudah berumur karena arti kode ini adalah shutter dari kamera tersebut sudah macet sehingga tidak bisa digunakan.

  1. Err 40

Jika baterai Anda drop maka kamera akan meunculkan kode ini karena arti dari kode ini adalah indikasi bahwa ada masalah antara kamera dan baterai. Bisa jadi permasalahannya dikarenakan unit baterai yang sudah soak atau bahkan slot baterai yang aus.

Solusi dan Cara Mengatasi Berbagai Kode Error pada Kamera Canon

  1. Booting Kamera

Jika permasalahan di atas muncul hanya sesekali saja maka Anda bisa melakukan booting pada kamera dengan cara melepaskan baterai kamera selama beberapa detik kemudian memasang dan menyalakannya kembali.

  1. Bersihkan Bagian-bagian yang Rawan

Jika melakukan booting tidak berhasil maka kemungkinan ada bagian yang tersumbat debu di kamera Anda. Untuk itu bersihkanlah area kontak data dengan menggunakan kain yang lembut. 
Namun jika cara ini tidak juga berhasil maka Anda dianjurkan untuk membawa kamera ke tempat service resmi supaya kerusakan segera bisa teratasi sebelum parah.


Nah, demikianlah ulasan yang bisa dibagikan seputar arti kode error kamera DSLR Canon | Solusi dan cara mengatasinya? Ya, semoga bermanfaat dan kamera Anda bisa kembali normal seperti sedia kala.

0 Response to "Arti Kode Error Kamera DSLR Canon | Solusi dan Cara Mengatasinya?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan