12 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung | Terbaru & All Tipe

Apakah Anda merupakan pengguna setia smartphone Samsung? Jika iya pasti Anda sudah bisa merasakan dan membuktikan betapa berkualitasnya smartphone yang satu ini. Ya, Samsung memang pantas menjadi brand smartphone nomor 1 di dunia, terlebih pamornya di Indonesia juga sudah sangat baik.
Namun walau demikian tetap saja smartphone buatan Samsung ini memiliki kendala yang umum, yaitu kamera yang gagal atau kamera yang tidak bisa dioperasikan. Bahkan, kondisi ini tidak hanya terdapat di salah satu tipe smartphone saja, melainkan juga di beberapa tipe.

12 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung | Terbaru & All Tipe

Untuk itu supaya Anda para pengguna Samsung bisa mengatasi masalah ini sebaiknya Anda baca dulu ulasan dibawah ini yang akan memberi informasi seputar 12 cara mengatasi kamera gagal di HP Samsung | Terbaru & all tipe, berikut ulasannya:

12 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung | Terbaru & All Tipe

  1. Lakukan Pembersihan Cache Secara Rutin

Jika kamera smartphone tidak bisa terbuka maka besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh beban berlebih yang diterima oleh RAM sehingga tidak mampu membuka aplikasi kamera. Untuk itu bersihkanlah Cache dengan cara masuk ke menu setting lalu buka Apps Manager dan kemudian pilih aplikasi yang tidak digunakan, lalu pilih Clear Cache untuk meringankan beban RAM.

  1. Bersihkan Cache Kamera

Jika cara diatas tidak berhasil maka kali ini cukup bersihkan Cache pada aplikasi kamera saja. Caranya juga sama, hanya saja pilih aplikasi kamera lalu pilih clear cache.

  1. Reset Smartphone

Coba juga untuk mereset smartphone Anda. Kemungkinan besar hal ini akan berhasil karena sistem telah mati sepenuhnya dan kemudian hidup dalam kondisi fresh.

  1. Periksa Kapasitas Memori Internal

Kamera yang gagal dibuka juga bisa disebabkan oleh memori internal yang terlampau penuh sehingga kinerja smartphone jadi lemot dan hang. Untuk itu hapuslah beberapa file yang dirasa tidak perlu.

  1. Jangan ROOT Smartphone

Sebagian dari Anda mungkin senang melakukan ROOT karena bisa membuka beragam aplikasi. Namun imbasnya smartphone akan mengalami kendala seperti misalnya kamera yang gagal di buka.

  1. Simpan Hasil Foto di Memori Eksternal

Apabila Anda hobi selfi maka simpanlah foto yang banyak tersebut di memori eksternal supaya kinerja smartphone tidak terlalu berat dan masalah kamera yang gagal terbuka ini bisa teratasi.

  1. Gunakan Aplikasi Kamera dari Pihak Ketiga

Anda juga bisa mencoba aplikasi kamera lainnya yang tersedia di Playstore. Cukup download dan gunakan kamera tersebut, lalu buktikan bahwa hasilnya tak kalah dari aplikasi kamera bawaan.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Supaya RAM smartphone bisa bekerja maksimal dan membuka kamera dengan baik maka cobalah untuk menghapus beragam jenis aplikasi yang tidak penting. Ini dikarenakan aplikasi tersebut bisa saja masih berjalan walau tak digunakan.

  1. Lepas dan Pasang Baterai

Jika baterai pada smartphone bertipe removeable maka cobalah untuk melepasnya dan tunggu selama beberapa menit lalu pasang kembali dan cobalah membuka aplikasi kamera yang ada.

  1. Format File yang Tersimpan

Jika masih belum berhasil maka Anda bisa memformat seluruh file data yang ada supaya memori internal dan memori RAM kembali ‘lega’ dan bisa berfungsi maksimal.

  1. Reset Factory

Apabila format data juga tidak berhasil maka Anda terpaksa harus melakukan reset setelan pabrik supaya seluruh kondisi smartphone kembali seperti semula saat pertama kali Anda beli. Caranya masuk ke menu pengaturan lalu pilih ‘Backup and Reset’ kemudian pilih reset factory.

  1. Bawa Smartphone ke Service Centre

Jika seluruh cara di atas tidak berhasil maka bawalah smartphone ke service centre untuk diperbaiki karena kemungkinan besar yang bermasalah adalah hardware dari kamera itu sendiri.


Demikianlah ulasan yang bisa dibagikan seputar 12 cara mengatasi kamera gagal di HP Samsung | Terbaru & all tipe, semoga bermanfaat.

0 Response to "12 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung | Terbaru & All Tipe"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan