10 Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Berfungsi / Depan dan Belakang

Kamera pada suatu hp atau smartphone untuk saat ini memiliki peran yang cukup vital. Ini dikarenakan hp atau smartphone dengan perkembangannya digunakan tidak hanya untuk sebagai alat komunikasi belaka tetapi dapat juga digunakan untuk kesukaan atau hobi yang lainnya misal untuk fotografi dan selfie

Tingkat kompetisi yang sengit untuk ranah smartphone membuat perusahaan-perusahaan smartphone menguatkan dan terus meningkatkan kualitas kamera pada smartphone yang diproduksinya.

10 Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Berfungsi / Depan dan Belakang

Walaupun begitu, setinggi apapun kualitasnya, tidak jarang kamera pada smartphone yang dimiliki para pengguna ponsel mengalami error hingga gagal fungsi. Untuk itu, inilah ulasan tentang 10 cara memperbaiki kamera android yang tidak  berfungsi / depan dan belakang yang bisa Anda simak. 

Cara yang pertama dari 10 cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi / depan dan belakang adalah dengan memperhatikan apakah pada layar android muncul atau terdapat tulisan Camera Failed Error Callback On Error atau Error Massage Handler Handle Message.

Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan cara clear data terlebih dahulu lalu ke setting, kemudian pilih aplikasi lalu running dan kemudian pilih kamera kemudian clear data. Setelah itu, stop aplikasi dengan menyentuh Force Stop kemudian hidupkan android Anda. 

Cek kembali apakah kondisi kamera sudah normal atau belum. Cara yang kedua adalah dengan melakukan restart android dengan coba me-reboot android kemudian menanggalkan kesemua akseoris seperti memory card, baterai, dan SIM card sekitar kurang lebih 5 menit.

Setelah diatas 5 menit, pasang kembali dan lalu hidupkan. Bila masih tak berfungsi juga, hal ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi kamera dari pihak ketiga. Pilih aplikasi kamera lain yang disediakan di Google Play Store.

Kemudian sesuaikan dengan selera dan kebutuhan dapat memilih yang free ataupun harus membayar. Alternatif keempat dari 10 cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi / depan dan belakang adalah dengan melakukan soft reset. Sedang cara kelima adalah melakukan hard reset android.

Sebenarnya cara soft reset sama dengan mereset android ke setingan pabrik. Yang pertama yakni kita masuk melalui menu setting setelah itu ke buat cadangan & setel ulang, kemudian kembalikan ke setelan pabrik. 

Sedangkan hard reset dilakukan dengan cara mengkombinasi tombol dimana setiap smartphone atau android memiliki kombinasi yang berbeda-beda. Dalam menyeting ulang ke setingan pabrik, ada konsuekensinya yaitu semua data yang terdapat di android dapat hilang, untuk itulah alangkah baiknya dibuatkan back up terlebih dahulu sebelum melakukan setingan ini.

Cara keenam yang bisa dipilih adalah dengan flashing firmware android jikalau kamera yang tidak berfungsi itu disebabkan masalah sistem software. Hal ini dilakukan dengan dugaan bahwa firmware yang digunakan saat ini kemungkinan disusupi bugs atau error.

Sehingga sistem tak dapat berjalan dengan baik. Cara ketujuh yang bisa ditempuh adalah mengikuti tutorial flashing yang disesuaikan dengan tipe ataupun model android. Selanjutnya, cara ke-delapan adalah dengan melakukan pegecekan pada bagian hardware ponsel.


Periksa apakah memang ada kerusakan di bagian sana. Apabila memang demikian, mungkin Anda bisa menempuh cara ke-sembilan dengan membawa ponsel ke tempat service HP untuk memperbaiki sparepart hardware yang rusak. Sedang bila cara service tidak membantu atau kerusakan terlampau parah.

Mungkin cara terakhir berupa membeli ponsel baru menjadi alternatif terakhirnya. Demikianlah 10 cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi depan dan belakang yang bisa kita simak bersama. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Berfungsi / Depan dan Belakang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan