Tahapan Memulai Ternak Ayam Petelur | Panduan Lengkap

Apakah Anda sedang bingung memilih jenis bisnis yang menguntungkan? Jika iya, maka sebaiknya Anda mencoba dan segera mulai melakoni bisnis ayam petelur karena usaha ini adalah salah satu yang paling menuntungkan.

Tahapan Memulai Ternak Ayam Petelur | Panduan Lengkap

Ya, terlebih saat ini harga ayam dan telur semakin naik setiap harinya, tentu Anda bisa meraup pundi-pundi rupiah yang banyak. Namun sebelum itu sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu ulasan dibawah ini yang akan memberi informasi seputar tahapan memulai ternak ayam petelur | Panduan Lengkap, berikut ulasannya:

Tahapan Memulai Ternak Ayam Petelur | Panduan Lengkap

1. Memahami Usaha dan Ayam Petelur

Pertama-tama Anda haruslah terlebih dahulu memahami bahwa usaha Anda ini merupakan usaha ternak yang memang menjanjikan namun juga membutuhkan keuletan yang tinggi.

Anda juga harus memiliki gambaran dan rencana perihal dimana nantinya akan memilih lokasi yang cocok untuk mulai beternak, perhatikan juga faktor lainnya seperti akses jalan, lokasi yang jauh dari rumah penduduk sehingga tidak mengganggu, hingga bahkan jumlah kandang dan jumlah atam petelur yang ingin diternakkan.

Selain itu, Anda juga harus memahami betul mengenai ayam petelur itu sendiri. Anda bisa mempelajarinya melalui berbagai jenis buku yang ada di pasaran atau langsung berkonsultasi dengan para peternak senior. Pada intinya, Anda harus selalu haus belajar dan tidak boleh sekalipun berhenti belajar mengenai usaha yang satu ini.

2. Mempersiapkan Modal

Modal adalah hal yang relatif namun pasti untuk memulai usaha ternak ayam petelur. Ya, modal memang bisa dikatakan relatif karena Anda lah yang nantinya harus menentukan berapa modal yang dikeluarkan, seperti misalnya jika Anda sudah memiliki tempat, tentu modal yang diperlukan hanya sekedar modal untuk membeli ayam petelur dan berbagai macam obat.

3. Menentukan Skala Usaha

Dalam tahap skala usaha ini Anda sudah bisa menentukan berapakah ekor ayam petelur yang akan dipelihara. Tentu hal ini juga didasari dengan beberapa faktor, yaitu sebagai berikut:

·         Ketersediaan Modal

Jumlah ayam petelur yang akan dipelihara tentu sebanding dengan modal Anda. Semakin besar modal, Anda bisa membeli ayam dalam jumlah banyak, namun tetap juga perhatikan kualitas dari ayam tersebut, jangan sampai membeli dalam jumlah banyak ayam yang rentan sakit atau kurang sehat.

·         Ketersediaan Lahan

Anda juga wajib mengetahui luas lahan yang dimiliki. Sebagai gambaran, untuk dapat memelihara 1000 ekor ayam, idealnya Anda harus memiliki lahan seluas 84 meter persegi yang mana nantinya akan diisi dengan kandang pullet. Tapi itu hanya ukuran untuk ayam saja, belum hasil ternak yang ada seperti anak ayam dan telur atau tempat penyimpanan dan tempat karyawan. Jadi, untuk mengcover semuanya setidaknya Anda perlu menyediakan lahan sebanyak 2 kali lipat jumlah awal, atau sekitar 160 meter persegi.

 4. Mengamati Permintaan Pasar

Tahap terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah mengamati permintaan pasar. Ya, walaupun ayam petelur adalah usaha yang tidak ada matinya, namun adakalanya permintaan pasar sedang lesu. Dalam hal ini Anda sebaiknya menunda untuk membeli ayam petelur dalam jumlah banyak karena biasanya jumlah permintaan cukup sedikit dan alhasil ayam peternak yang dimiliki pun kurang laris.


Demikianlah ulasan yang dapat dibagikan seputar tahapan memulai ternak ayam petelur | Panduan Lengkap, semoga bermanfaat dan Anda bisa segera memulai usaha Anda. Juga jangan lupa untuk selalu belajar dan pantang menyerah karena usaha ini membutuhkan kerja keras dan kedisiplinan Anda.

0 Response to "Tahapan Memulai Ternak Ayam Petelur | Panduan Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan