Mengatasi RAM Android Cepat Penuh | Cara Mengatasinya

Bagi sebagian orang, smartphone adalah salah satu barang yang wajib dibawa kemana-mana, bahkan saat akan tidur sekalipun, smartphone juga tidak pernah ketinggalan. Wajar saja, mengingat sekarang semuanya sudah serba canggih dan bisa dilakukan dengan bantuan dari berbagai aplikasi di smartphone, mulai dari memutar musik, memainkan game, fotografi, ataupun bersosial media dan mencari segudang informasi di internet.
Mengatasi RAM Android Cepat Penuh | Cara Mengatasinya

Namun masalahnya, beragam hal yang bisa dilakukan di smartphone itu masih dibatasi oleh yang namanya memori RAM. Ya, memori RAM merupakan otak dari smartphone yang mana bisa menyimpan dan menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Namun, apabila kapasitasnya sudah penuh, tentu Anda tidak bisa lagi menginstall aplikasi apapun. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberi ulasan seputar tips mengatasi RAM Android Cepat Penuh dan Cara Mengatasinya.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan dibawah ini:

Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh | Cara Mengatasinya
  1. Menggunakan RAM Manager Apps

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah RAM kepenuhan ini adalah dengan menggunakan RAM Manager. Aplikasi ini bisa Anda download di Playstore secara gratis setelah itu Anda cukup memilih pengaturan yang ada di aplikasi tersebut. Beberapa pengaturan yang bisa dipilih ialah seperti misalnya ‘More Free Memory’ untuk melegakan kapasitas RAM Anda, atau ‘Balance For Everyday’ untuk membuat penggunaan RAM menjadi lebih stabil.
  1. Ubah Tampilan Menjadi Sederhana

Smartphone Android memang menawarkan kita akses yang tiada batas, seperti misalnya mengubah-ubah tampilan dengan menambahkan widget ataupun wallpaper yang bergerak. Namun tahukah Anda bila semua itu secara langsung akan membuat kinerja RAM semakin berat? Ya, hal ini benar adanya, untuk itu cobalah untuk menyederhanakan tampilan smartphone Anda. Buang widget yang tidak perlu dan ganti wallpaper dengan gambar atau foto yang tidak bergerak.
  1. Tutup atau Matikan Aplikasi Bawaan Smartphone

Semua smartphone pasti memiliki aplikasi bawaan dari pabrik. Aplikasi bawaan ini biasanya juga cenderung tidak penting dan bahkan tidak akan pernah Anda gunakan. Namun masalahnya, aplikasi bawaan ini tidak akan bisa dihapus atau di-uninstall. Oleh karena itu untuk mengatasinya Anda bisa menghentikan aplikasi tersebut secara paksa dengan melakukan Force Close di menu pengaturan.

Caranya sangat mudah, cukup buka menu ‘pengaturan / setting’ lalu pilih tulisan ‘Installed Apps / Aplikasi Terinstall’ kemudian pilihlah aplikasi yang ingin dihentikan dan pada bagian bawah akan terdapat tulisan ‘Force Close’. Cukup ketuk tulisan tersebut maka aplikasi itu akan berhenti secara otomatis dan RAM Anda pun kembali lega.
  1. Bersihkan Cache

Bagi Anda yang sudah membuka berbagai aplikasi, maka sebaiknya melakukan clear cache untuk menghapus berbagai beban tambahan yang disebabkan oleh aplikasi yang tetap berjalan walaupun sudah tidak dipakai. Hal ini cukup berperan penting dalam melegakan kapasitas RAM yang sedikit karena cache hanya akan menyedot memori RAM secara berlebih.

Untuk melakukannya Anda cukup menuju menu ‘pengaturan / setting’ kemudian pilih ‘Storage / penyimpanan’ dan selanjutnya pilih ‘clear cache / clear data’ setelah itu kapasitas RAM smartphone pun akan kembali normal.


Nah, demikianlah ulasan yang bisa dibagikan tentang tips mengatasi RAM Android cepat penuh | Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat dan smartphone Anda pun bisa kembali pada kondisi prima untuk menyimpan serta menjalankan berbagai jenis aplikasi yang ada. Namun juga tetap ingat untuk bijak dalam menginstall aplikasi karena sebagian diantaranya justru ada yang tidak terpakai sama sekali.

0 Response to "Mengatasi RAM Android Cepat Penuh | Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan