Hukum Bacaan Tajwid Beserta Contohnya Dalam Membaca Al-qur'an

Terlengkap Mei 2018 | Mempelajari hukum bacaan tajwid sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam membaca ayat-ayat alquran. Yang mana seperti kita ketahui bahwa kesalahan membaca ayat bisa mengarah kepada kesalahan arti dari ayat-ayat al-qur’an tersebut.

Maka dari itu sebagai seorang muslim adalah wajib hukumnya untuk mempelajarinya, apalagi bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an adalah bahasa Arab, sebagai salah satu bahasa yang paling kaya dan tertua aksaranya di dunia.

Hukum Bacaan Tajwid Beserta Contohnya Dalam Membaca Al-qur'an

Paling tidak, ada lima jenis hukum bacaan tajwid yang harus kita ketahui seperti di bawah ini. Lima hukum bacaan tajwid ini sangatlah mudah dan dapat ditemukan hampir di setiap baris Al-Qur’an. Apabila kita telah memahami yang lima ini, insha Allah akan semakin mudah ke depannya untuk mempelajari hukum bacaan tajwid yang lebih rumit.

Izhar Halqi

Izhar dalam bahasa Arab berarti jelas, sedangkan halqi sendiri dalam bahasa Arab berarti tenggorokan. Hukum Bacaan Tajwid Izhar terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang enam dan bunyinya dikeluarkan dari tenggorokan yaitu alif atau hamzah (ء), ha’ (ح), kha’ (خ), ‘ain (ع), ghain (غ), dan ha’ (ﮬ). Nun mati atau tanwin pada bacaan seperti ini dibaca atau dilafalkan dengan sangat jelas. Contohnya seperti beberapa kalimat dalam Al-Qur’an berikut ini. 


Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah

Idgham artinya adalah dilebur, bi berarti dengan, la berarti tidak, dan ghunnah berarti dengung. Idgham bighunnah artinya apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang empat yaitu na ( ن), ma (م), wau (و), dan ya (ي).  Nun mati atau tanwin pada bacaan seperti ini dileburkan kepada huruf setelahnya dengan berdengung. Contoh pelafalan hukum bacaan tajwid idgham bighunnah seperti beberapa kalimat di bawah ini. 


Sedangkan pada Idgham Bilagunnah sesuai namanya, apabila nun mati dan/atau tanwin bertemu huruf lam atau ra, maka nun mati atau tanwin tersebut dileburkan kepada huruf lam atau ra tersebut, namun tidak disertai dengan dengung. Contoh hukum bacaan idgham bilaghunnah dapat kita temui di beberapa kalimat dalam Al-Qur’an berikut ini.


Ikhfa Haqiqi

Ikhfa ada beberapa macam, namun yang ini adalah ikhfa haqiqi atau ikhfa yang sebenar-benarnya. Masih ada beberapa jenis ikhfa lainnya tergantung huruf apa bertemu dengan huruf apa. Ikhfa sendiri menurut bahasa artinya adalah samar-samar atau menyamarkan. Jadi, nun mati atau tanwin jika bertemu huruf yang lima belas, yang digolongkan sebagai ikhfa, akan menjadi samar-samar di antara huruf tersebut.

Kelima belas huruf tersebut adalah ta’(ت), tsa’ (ث), jim (ج), dal (د), dzal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), sod (ص), dhod (ض), , fa’ (ف), qof (ق), dan kaf (ك). Contoh hukum bacaan ikhfa haqiqi adalah seperti beberapa kalimat berikut ini. Agar lebih jelas, kalimat paling atas sebelah kiri bukan dibaca walainkulta, tapi sedikit dibaca walaingkulta. 


Iqlab

Iqlab secara bahasa berarti membalik. Iqlab adalah hukum bacaan tajwid yang paling gampang diingat karena hanya terjadi pada satu huruf saja. Hukum bacaan tajwid iqlab terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (ب). Apabila nun mati atau tanwin bertemu huruf ini, maka nun atau tanwin tersebut berganti bunyinya menjadi mim. Contohnya seperti beberapa kalimat berikut ini. Agar lebih jelas, kalimat paling atas sebelah kiri bukan dibaca minba’dihim, tapi dibaca mimba’dihim. 




Kata kunci pencarian:

▪ bacaan tajwid dalam al quran
▪ bacaan tajwid yang betul
▪ bacaan tajwid beserta contohnya
▪ hukum bacaan tajwid beserta contoh
▪ bacaan tajwid yang benar
▪ macam-macam hukum bacaan tajwid beserta contohnya
▪ contoh bacaan tajwid idgham bighunnah
▪ contoh bacaan tajwid dalam al-quran
▪ contoh bacaan tajwid iqlab
▪ contoh bacaan tajwid mad thabi'i
▪ contoh bacaan tajwid mad jaiz munfasil
▪ contoh bacaan tajwid idzhar halqi
▪ bacaan tajwid dan cara membacanya
▪ hukum bacaan tajwid dalam al-quran
▪ bacaan tajwid lengkap beserta contohnya
▪ contoh bacaan tajwid lengkap
▪ contoh bacaan tajwid beserta alasannya
▪ contoh bacaan tajwid dan cara membacanya
▪ cara cepat belajar tajwid al quran

0 Response to "Hukum Bacaan Tajwid Beserta Contohnya Dalam Membaca Al-qur'an"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan