Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel | Beserta Panduan Penggunaan

Para pemakai sistem operasi Windows dalam perangkat PC komputer ataupun laptop mungkin sudah pernah mengandalkan salah satu fiturnya yakni Microsoft Office.  Seperti kita ketahui bahwa ada beragam jenis fasilitas di dalam Microsoft Office mulai dari pembuat table hingga khusus mengetik dokumen.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel | Beserta Panduan Penggunaan

Satu fasilitas Microsoft Office yakni Microsoft Excel sudah dikenal dan mampu memberi fasilitas terbaik kepada penggunanya. Bagi Anda yang bekerja sebagai akuntan ataupun admin pasti sangat familiar dengan fitur Microsoft Excel. Apalagi saat ini banyak pengguna yang masih merasa bingung mengenai fasilitas Microsoft Excel berupa COUNT, MIN, MAX, SUM, dan AVERAGE.
Pastinya Anda sudah pernah mendengar fitur Microsoft Excel yang terdiri dari SUM, COUNT, MIN, AVERAGE, dan MAX. namun dari funsi tersebut bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari kita. Jika Anda merasa penasaran mengenai fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT dalam Microsoft Excel | beserta panduan penggunaan, mari kita simak sama-sama.
SUM
Jika Anda menemui fitur SUM di dalam Microsoft Excel ketahuilah bahwa fungsinya untuk menjumlahkan setiap angka di dalam table. Namun untuk bisa menggunakan fitur SUM tersebut Anda harus menuliskannya secara benar yakni =SUM (pada Cell awal : Cell akhir), maksud dari penulisan tersebut untuk menjumlahkan antara dua Cell awal dan akhir. Contohnya saja Anda ingin menghitung nilai dalam posisi B3 hingga ke B7, maka dari penulisannya =SUM (B3 : B7) maka akan terlihat hasilnya setelah Anda menekan Enter.
MAX
Berikutnya ada fitur MAX dimana fungsinya mampu mencari data paling tinggi di sebuah range. Fitur satu ini sangat bermanfaat jika Anda mencari nilai paling tinggi dalam sebuah input data. Seperti fungsi SUM, Anda harus menuliskan format yang benar seperti berikut ini =MAX (Cell range pertama : Cell range terakhir). Contoh penulisannya sama seperti SUM akan tetapi Anda harus memasukkan input Cell paling atas hingga paling bawah.
AVERAGE
Anda akan menjumpai fitur menarik berupa AVERAGE yang memiliki fungsi untuk mencari rata-rata di sebuah range tertentu. Penulisan fungsi AVERAGE juga berbeda yakni =AVERAGE (Cell pertama : Cell terakhir). Dari daftar nilai atau angka bisa ditemukan nilai rata-rata jika kita memakai fungsi AVERAGE.
MIN
Selanjutnya dalam Microsoft Excel juga terdapat fitur MIN dimana mampu mencari nilai terendah di dalam sebuah range. Format penulisan fungsi MIN juga tidak berbeda jauh dengan fungsi sebelumnya yakni =MIN (Cell Range Pertama : Cell Range Terakhir).
COUNT
Terakhir ada fitur COUNT dimana fungsinya mampu menghitung semua jumlah sel yang sudah terisi angka bahkan bisa menghitung angka dalam daftar argument. Rata-rata dari fungsi COUNT tersebut bisa digunakan untuk mendapat jumlah total entri dari larik atau rentang angka. Anda bisa memasukkan rumus =COUNT (Cell Awal : Cell Akhir).
Mengetahui fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT dalam Microsoft Excel | beserta panduan penggunaan dari ulasan di atas bisa memberi kemudahan terhadap penggunanya. Oleh sebab itu jika Anda ingin cara-cara praktis cobalah trik cepat seperti di atas agar kinerja Anda bisa lebih cepat.

Seseorang karyawan dengan tugas menghitung total pendapatan, ataupun menghitung nilai rata-rata di satu kelas bisa memanfaatkan fitur terbaik dari Microsoft Excel. Cara-cara di atas bisa Anda lakukan jika paket software Microsoft Office Anda sudah update bahkan dari seri 2016-2017 terdapat berbagai fitur menarik yang memberi kemudahan setiap pemakainya.

0 Response to "Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel | Beserta Panduan Penggunaan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan