Cara Setting DNS di Windows 7 dan XP | Panduan Lengkap

Kalau kata orang zaman sekarang sih, ketakutan terbesar dalam hidup adalah gadget yang habis baterai atau koneksi internet yang lambat. Mana yang lebih kamu takutin? Kalau kamu lebih kesal dan suka emosi sama koneksi internet yang lambat, terutama dari PC atau Laptopmu, sebelum melakukan langkah perbaikan lainnya coba deh setting dulu DNS nya. 
DNS ini gunanya menyimpan informasi tentang nama host atau nama-nama domain yang ada di internet dalam bentuk data tersebar. Saat kita mengetikkan alamat tertentu di address bar browser, misalnya yang umum deh seperti www.google.co.id, nanti DNS ini akan mencari alamat si Google, dan kita akan diantarkan ke sana. Nah, kadang DNS ini kurang cepat nganterinnya kalau kamu mau menuju alamat tertentu, jadi solusinya kamu bisa setting DNS-mu diganti dengan yang lain.
Mayoritas laptop yang beredar di pasaran menggunakan sistem operasi Windows. Windows 8 dan 10 memang sekarang sudah menjadi pilihan terbaru, tapi masih ada orang yang lebih memilih menggunakan Windows 7 atau Windows XP. Katanya sih biar lebih ringan aja. Nah, buat kamu yang memakai Windows 7 dan XP, ikuti langkah-langkah berikut untuk setting DNS komputermu.

Cara Setting DNS di Windows 7 dan XP | Panduan Lengkap

Pertama pada layar komputermu, arahkan kursor ke taskbar bagian bawah di ikon Network Internet Access. Klik ikon tersebut dan pilih opsi Open Network and Sharing Center. Pada halaman antarmuka berikutnya, kamu pilih tulisan berwarna biru “Local Area Connections”.

Kalau sudah, akan muncul jendela Local Area Connections Status berisi tab General. Dalam tab tersebut, ada lagi tab Details, Properties, Disable, Diagnose, dan Close. Pilih tab Properties setelah itu akan muncul gambar seperti berikut ini. 


Pilih seperti yang ditunjukkan pada panah, yaitu Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian pilih tab Properties. Setelah itu pada tab general di gambar seperti di bawah, kamu pilih opsi Use the Following IP Address dan masukkan DNS yang kamu inginkan. 


Untuk Google DNS, kamu bisa menggunakan 8-8-8-8 untuk Preferrednya dan gunakan 8-8-4-4- untuk Alternatenya. Sedangkan kalau kamu memilih menggunakan OpenDNS, masukkan angka 208-67-222-222 pada kolom Preferred dan angka 208-67-220-220 pada kolom Alternatenya.

Sebagai langkah terakhir, kamu harus klik OK dan tutup semua Windows yang sedang kamu buka, kecuali Control Panel ini. Kamu dapat merestart koneksi internet dengan cara memutuskan lalu menghubungkannya kembali. Sekarang, coba buka website yang biasanya kamu kunjungi tapi membutuhkan waktu yang lama untuk sampai kesana.

Dengan si DNS yang baru, seharusnya lebih cepat. Kalau masih timbul masalah yang sama, coba gunakan DNS yang lain. Kalau sebelumnya kamu menggunakan Google DNS coba ganti dengan OpenDNS, dan sebaliknya.Pengaturan DNS pada Windows XP kurang lebih sama caranya seperti pada Windows 7, karena fungsi-fungsi perintah, tab, dan tampilannya kurang lebih sama saja. Pengaturan DNS ini penting untuk kamu ketahui, kenapa?

Karena dengan mengatur DNS ini ada situs-situs yang tadinya tidak bisa kamu kunjungi, jadi bisa kamu lihat. Misalnya, kamu mau mendownload film atau musik dari website tertentu tapi dilarang, maka sekarang kamu bisa mengunduhnya, tapi tetap harus dengan bijak ya! Selain itu pengaturan DNS ini juga berguna loh apabila kamu ingin memproteksi adik atau anakmu yang masih dibawa umur untuk membuka situs-situs tertentu.

0 Response to "Cara Setting DNS di Windows 7 dan XP | Panduan Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan