Cara Merubah File MS Word ke PDF Terbaru 2018

Selain operation systemnya sendiri, Microsoft Word adalah jantungnya setiap komputer atau laptop. Karena hampir setiap orang pasti membutuhkan program aplikasi ini. Microsoft Word memang bagaikan “penyelamat hidup” kita.

Untuk menulis 1000 kata di kertas menggunakan pena, mungkin membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Belum lagi kalau ada yang salah, harus dihapus atau didouble memakai correction tape, dan sebagainya. Terimakasih kepada Microsoft, sekarang kita hanya perlu memainkan jari di keyboard saja, untuk menghapus pun hanya perlu menekan tombol backspace.

Memodifikasi tulisan? Lebih mudah lagi, tinggal geser-geser kursor dan pilih-pilih saja. Tak heran baik di dunia perkantoran, sekolah, bisnis, dan semua sektor lainnya pasti menggunakan program aplikasi ini.

Tapi jika kita mengirimkan dokumen Microsoft Word kepada orang lain, masih ada kemungkinan bahwa orang tersebut dapat mengeditnya dan melihat apa saja yang kita kerjakan pada dokumen tersebut, yang memungkinkan terjadinya kebocoran privasi atau rahasia kita. Oleh karena itu, banyak orang mengetik dokumennya menggunakan Microsoft Word kemudian disimpan dalam format PDF baru lah dikirimkan dalam bentuk soft copy kepada orang lain.

Pada format PDF, isi file tersebut biasanya sudah disetting untuk tidak bisa dicopy, sehingga jika kita ingin menyalinnya, kita hanya bisa melakukan screenshot pada dokumen tersebut atau dengan mengetik ulang.  Pada awalnya, PDF hanya bisa dibuat menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe.

 Harga program aplikasi ini sangat mahal. Bahkan untuk memiliki aplikasi PDF Reader saja, kita masih menggunakan yang palsu alias bajakan. Berkat kemajuan internet dan improvement yang dibuat oleh Microsoft sendiri, sekarang merubah file MS Word ke PDF lebih mudah di tahun 2017 ini. Simak cara-cara berikut.

Jika anda menggunakan Microsoft Word seri terbaru yaitu Microsoft Word 2016 atau yang versi sebelumhya Microsoft Word 2013 dan 2010, anda dapat langsung menyimpan file MS word dalam format PDF. Anda tinggal memilih tab File, kemudian pilih opsi Save As seperti di gambar. 

Cara Merubah File MS Word ke PDF Terbaru 2017

Ketikkan nama file anda terlebih dahulu setelah anda memilih lokasi penyimpanan. Kemudian di bawah nama file, anda bisa memilih jenis-jenis format yang available. Pilihlah format PDF, setelah itu klik Save. Untuk menguji apakah berhasil atau tidak, cari nama file dokumen yang anda simpan tadi, dan tekan enter. Anda dapat melihat bahwa dokumen MS Word tadi secara otomatis tersimpan dalam bentuk PDF.

Jika anda menggunakan MS Word versi yang lebih lama atau terjadi error dalam proses penyimpanan seperti di atas, sehingga anda tidak bisa merubah file MS Word ke PDF, jangan khawatir dulu! Masih ada cara lain. Anda dapat menyimpan file MS Word anda dalam format MS Word seperti biasa. Bukalah beberapa situs gratis dibawah ini yang bisa meng-convert file anda. Website convert gratis itu antara lain:

-          www.smallpdf.com
-          www.freepdfconvert.com
-          www.ilovepdf.com
-          www.pdfonline.com
-          www.wordtoppdf.com
-          www.doc2pdf.com
-          www.convertonlinefree.com


Beberapa situs di atas bisa digunakan untuk merubah File MS Word ke PDF. Atau bisa juga anda gunakan untuk merubah file PDF menjadi file MS Word. Tapi, tidak seperti langsung dari MS Word sendiri, terkadang merubah file via website ini menghasilkan sedikit error pada file atau dokumen kita. Jadi pastikan anda mengeceknya kembali sebelum mengirim. 



Kata kunci pencarian:

▪ cara mengubah word ke pdf online
▪ cara mengubah word 2007 ke pdf
▪ cara mengubah word 2010 ke pdf
▪ cara merubah word ke pdf tanpa software
▪ cara mengubah file jpg ke pdf
▪ cara mengubah word ke pdf dengan adobe reader
▪ cara convert word ke pdf online
▪ cara mengubah word 2013 ke pdf
▪ aplikasi word ke pdf
▪ cara menyimpan word ke pdf office 2007
▪ download convert word ke pdf

0 Response to "Cara Merubah File MS Word ke PDF Terbaru 2018"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan