Cara Mengganti LCD HP Android yang Tidak Bisa di Sentuh atau Pecah

Apakah Anda sudah mengetahui Cara Mengganti LCD HP Android Yang Tidak Bisa di Sentuh Atau Pecah? Bagi banyak orang memang masalah yang satu ini cukup memusingkan. Hal itu dikarenakan hp android yang dimilikinya bermasalah pada bagian layarnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa smartphone berbasis android cara menggunakannya dengan touch sreen atau layar sentuh.

Namun demikian, Anda yang tidak berhati-hati bisa merusak bagian layarnya. Jika sudah tidak bisa diaplikasikan dengan menyentuh layarnya, sama saja smartphone tersebut tidak bisa digunakan karena memang seluruh cara mengaplikasikan fitur di dalamnya dengan touch screen. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Cara Mengganti LCD HP Android yang Tidak Bisa di Sentuh atau Pecah

Bagian layar atau LCD yang sudah tidak bisa difungsikan tersebut biasanya mengalami kerusakan pada komponennya. Misalnya, terjatuh cukup keras hingga LCD-nya pecah. Jika hanya bagian kaca atau pelindung LCD-nya yang pecah mungkin masih bisa difungsikan.

Namun jika sudah merusak bagian LCD hingga pecah, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sementara itu, harga LCD smartphone yang asli di pasaran sesuai merk atau brand seri tertentu cukup mahal. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang mencari dan membeli LCD yang asli tapi palsu (aspal) karena harganya jauh lebih murah.

Jika mengalami hal seperti itu, Anda mungkin akan segera membawanya ke tukang service smartphone di sekitar tempat tinggal masing-masing. Cara tersebut yang paling mudah dan praktis karena penggantian LCD-nya cukup rumit. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda mengetahui Cara Mengganti LCD HP Android Yang Tidak Bisa di Sentuh Atau Pecah, seperti yang akan diinformasikan di bawah ini. Semoga menambah pengetahuan bagi Anda sekalian.

Anda harus menyiapkan terlebih dulu peralatan untuk membongkar pasang smartphone tersebut. Selanjutnya, mulailah membuka casing atau penutup di bagian luar smartphone secara perlahan. Perlu diingat bahwa Anda harus mematikan (off) smartphonennya terlebih dulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, ada komponen yang terlepas, hingga berpengaruh pada sistem operasinya. Setelah mematikannya, Anda bisa melepas baterai dan SIM card-nya. Terutama untuk kartu SIM-nya jangan sampai hilang karena ukurannya cukup kecil. Setelah semua terlepas, Anda pun bisa segera melepas komponen LCD yang masih menempel pada tubuh smartphone.

Ada beberapa sekrup kecil yang membuat LCD masih menempel. Oleh karena itu, Anda harus melepaskan semua sekrup tersebut satu per satu. Tidak menutup kemungkinan ada sekrup yang terlihat atau tertutupi. Silakan untuk mencarinya serta menyimpan sekrup-sekrup yang sudah dilepas sebaik-baiknya karena nanti akan dipasang kembali.

Setelah semuanya dilepas, anda bisa melepas bagian LCD-nya secara perlahan. Jika masih sulit dilepas jangan dipaksakan karena juga terhubung dengan kabel konektor di tubuh smartphonennya. Jadi memang harus berhati-hati agar tidak ada komponen lainnya bergeser atau lepas yang bisa berpengaruh pada fungsinya secara keseluruhan.


Perlu diketahui bahwa biasanya LCD terpisah dengan touchscreen. Untuk bisa memisahkannya, memang membutuhkan alat pemisah khusus. Oleh karena itu, tak mungkin memisahkannya sehingga harus diganti satu paket LCD beserta touchsreen-nya. Lagipula, LCD smartphone berbasis android yang dijual dipasaran juga satu paket dengan touchsreen.

Silakan membelinya sesuai merk, tipe, dan serinya agar ukurannya juga pas dan sesuai dengan smartphone tersebut. Pasang kembali LCD baru tersebut beserta semua sekrupnya. Jangan lupa memasang baterai kartu SIM untuk mencoba hasilnya. Itulah Cara Mengganti LCD HP Android Yang Tidak Bisa di Sentuh Atau Pecah.

0 Response to "Cara Mengganti LCD HP Android yang Tidak Bisa di Sentuh atau Pecah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan