Cara Memperbaiki Knalpot Motor Yang Nembak Sendiri

Dapat dibayangkan  bila si Boy sang anak jalanan begitu tengsinnya lantaran motor yang dikendarainya dari kanlpotnya terdengar bunyi yang memekakkan telinga layaknya sebuah bunyi ledakan. Knalpot yang nembak sendiri begitu kira-kira istilah anak motor.

Adapun yang menyebabkan hal ini adalah campuran antara udara dan bahan bakar tidak sempurna terbakarnya oleh busi sehingga terjadilah proses pembakaran kedua atau after burn yang disertai letupan karena gas segar yang tidak ikut terbakar berhasil keluar dari knalpot. Untuk itu sebelum mengetahui cara memperbaiki knalpot motor yang nembak sendiri, ada baiknya mengetahui penyebab detailnya fenomena yang terjadi di motor si Boy ini.

Cara Memperbaiki Knalpot Motor Yang Nembak Sendiri

Proses terjadinya knalpot nembak ini dapat dideskripsikan bahwa posisi selongsong gas setelah dilakukan penarikan kemudian diulur dengan secara tiba-tiba. Penarikan gas yang awalnya cepat dan kencang ini lalu secara cepat turun drastic hingga akhirnya timbul bunyi ledakan. Istilah untuk penurunan dan penarikan gas ini disebut efek knocking. Definisi knocking sendiri adalah ketidaksempurnaan dan tidak normalnya proses pembakaran bahan bakar yang ditandai dengan bunyi ledakan.

Di samping itu juga ada beberapa dugaan lain terkait kenapa bisa terjadi fenomena knalpot nembak ini. Di antaranya adalah terjadinya error atau kerusakan pada supplier udara bersih di ruang pembakaran seperti air screw karburator yang aus dan bisa juga penyetelan karburator yang tidak optimal. Dugaan lain berupa sudah tidak layaknya lagi busi sebagai penyebabnya.

Bagian busi yaitu elektrodanya kotor plus terselimuti kerak-kerak sisa pembakaran ataupun basah terkena air menyebabkan ketidak stabilan pada percikan api pengapian. Kerusakan pada packing knalpot juga dapat menjadi faktor penunjang knalpot nembak sendiri ini di samping mur pengikatnya yang kendor hingga kebocoran terjadi saat pembuangan gas. Penyebab lainnya adalah ignition timing yang tidak tepat, serta faktor oktan bahan bakarnya maupun detonation dan pre ignition-nya.

Setelah memperoleh gambaran penyebabnya, ada beberapa tips atau cara memperbaiki knalpot motor yang nembak sendiri seperti mengecek kondisi busi apakah masih layak pakai atau tidak. Standard busi harus diganti saat motor telah menempuh jarak 6 ribu km. Serta jangan lupa mengatur ulang gap busi menjadi 0,7 mm.

Selain itu mengecek setelan pilot screw atau angin-angin yang setelannya harus sesuai standar motor yaitu 2,5 - 3 putaran penuh atau juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Selang vacuum dari bahan bakar yang menuju tangki pun harus dipastikan tidak mengalami kebocoran, dan juga kebersihan dari filter udara motor juga wajib dicek. Jika filter udara motor ini kotor, maka aliran udara yang menuju karburator akan terhambat sehingga mengakibatkan minimnya campuran antara udara dan bahan bakar.

Maka bersihkan filter udara tersebut atau disarankan menggantikannya dengan menyesuaikan jenis filternya. Karena penyebab knalpot nembak dapat berasal dari knalpor itu sendiri, maka kondisi dan pemasangan knalpot harus dicek kembali. Sedangkan untuk motor injeksi, coba cek kondisi AIS (Air Induction System) kalau-kalau membrane AIS tidak berfungsi secara optimal.


Nah, itulah tips atau cara memperbaiki knalpot motor yang nembak sendiri. Relatif mudah bukan? Pastinya tidak serumit bayangan Anda, dan si Boy sang anak jalanan pun pasti akan melakukan hal-hal tersebut saat knalpotnya mengalami masalah di atas. 

Walau memang si Boy ini anak jalanan, namun bukan berarti yang wajib untuk mengetahui dan menguasai cara memperbaiki knalpot motor yang nembak sendiri hanya anak jalanan saja, Anda yang sedang membaca ulasan ini pun pasti dapat melakukannya.

0 Response to "Cara Memperbaiki Knalpot Motor Yang Nembak Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan