Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Bunyinya Lemah / Mati

Tak dapat dipungkiri bahwa klakson merupakan bagian cukup penting dan vital dari sebuah motor. Bila klakson ini mengalami macet atau rusak tentunya saling sapa para pengguna jalan yang kebetulan saling memiliki relationship akan terganggu. Selain itu yang lebih penting adalah klakson merupakan salah satu penopang dan penunjang keselamatan dalam berkendaraan.

Fungsinya sebagai tanda peringatan bagi sesama pengguna jalan begitu vital apalagi di saat ini kelakuan para pengguna jalan jauh dari santun dan beretika dalam berkendaraan. Jadi penting juga bagi kita untuk sekedar mengetahui cara memperbaiki klakson motor yang bunyinya lemah / mati ini agar bila terjadi hal tersebut dapat dengan segera untuk menanganinya.

Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Bunyinya Lemah / Mati

Untuk diketahui, permasalahan pada klakson dari sebuah motor masuk ke ranah kelistrikan dari motor itu sendiri. Walau terkesan rumit tapi apabila dipelajari secara teliti kan terasa sebenarnya mudah dan simple

Untuk itu, cara memperbaiki klakson motor yang bunyinya lemah/mati ini salah satu caranya adalah mengecek kondisi aki. Jika aki motor telah habis atau soak, otomotis klakson tidak dapat berbunyi atau mati.

Jika penyebabnya adalah aki, maka tidak hanya klakson yang mengalami trouble, lampu dan starter pun akan terkena dampaknya. Jika tidak memiliki perlengkapan dan kemampuan untuk menggantikan aki yang soak tersebut dengan aki yang baru maka cukup pergi ke bengkel yang dipercayai, tunggu paling lama maksimal 30 menit maka selesai sudah masalah yang dihadapi klakson motor tersebut.

Selanjutnya, jika telah mengganti aki tetapi klakson masih belum berbunyi maka target pengecekan selanjutnya adalah kabel dari klakson itu sendiri. Coba cek secara detail kalau-kalau ada kabel yang terlepas hingga membuat klakson motor mati. 

Sekaligus saja coba cek baut platina yang biasanya terletak di belakang klakson yang bisa saja pemasangannya tidak pas atau kendor murnya. Buka saja baut tersebut terlebih dahulu lalu atur menuju ke posisi yang tepat dan benar, kunci kembali kemudian di tes apakah klaksonnya telah normal kembali.

Misalkan setelah melakukan hal-hal tersebut di atas klakson masih bisu atau mati, maka pastikan terlebih dahulu apakah telah dilakukan secara benar dan tepat. Bila sudah dipastikan melakukan hal-hal tersebut di atas secara benar tapi masih macet juga maka ada kemungkinan klakson tersebut berkarat pada saklarnya.

Bila saklar klakson berkarat atau dipenuhi kotoran, maka saat menekan saklar klakson tersebut akan mengalami kendala dan tidak berfungsi.

Cara mengatasinya tinggal membuka rumah saklar kemudian dibersihkan bagian-bagian tersebut menggunakan cairan anti karat dengan memakai sikat gigi atau kuas berukuran kecil. Hal ini adalah opsi terakhir yang bisa dilakukan bila step-step di atas gagal. 

Hal yang bisa terbilang primitif namun terkadang dapat berhasil pada cara memperbaiki klakson motor yang bunyinya lemah / mati adalah dengan cara mengetuk-ngetuk klakson dengan sambil menekan saklar klakson menggunakan obeng atau benda keras lainnya.

Tidak perlu berjam-jam mengetuknya, cukup beberapa menit dan jika masih belum mau bersuara, maka harus menerima kenyataan bahwa klakson tersebut telah rusak atau mati. Kalau sudah begitu maka pergilah ke bengkel kenalan lalu ganti klakson yang sudah mati tersebut dengan yang baru.


Sekiranya demikian ulasan cara memperbaiki klakson motor yang bunyinya lemah/mati ini. Walau terkesan agak remeh, tetapi keselamatan para pengguna jalan pun ada di pundak klakson. Jadi bila terjadi sesuatu pada klakson motor Anda, maka lakukan langkah-langkah tersebut di atas terlebih dahulu. Semoga informasi ini dapat membantu.

0 Response to "Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Bunyinya Lemah / Mati"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan