Cara Memperbaiki Coil Mobil Yang Cepat Panas

Seringkali kita sebagai manusia tidak begitu memperhatikan sesuatu yang manusia itu telah miliki baik yang berupa benda maupun yang lainnya. Untuk benda, pastilah mempunyai fungsi dasar untuk meringankan atau membantu manusia dalam segala aktifitasnya.

Benda yang berulang kali digunakan tentunya suatu saat akan menurun bahkan bisa rusak. Mobil yang notabenenya adalah alat pembantu manusia memiliki bermacam-macam komponen sebagai penunjang satu sama lainnya. Manusia sang mahluk sosial pastinya bergerak kesana kemari guna memenuhi kebutuhannya. Bisa dibayangkan bila mobil yang dimilikinya mengalami kendala sehingga dapat menghambat aktifitas manusia tersebut.

Cara Memperbaiki Coil Mobil Yang Cepat Panas

Apalagi jika mobil tersebut mengalami gangguan pada komponen-komponen vitalnya yang alhasil dapat terancamnya keselamatan. Ada suatu komponen yang disebut coil yang terkadang memiliki kendala berupa cepat panas sehingga menyebabkan mobil tersebut sulit untuk distarter bahkan mogok. Untuk itu, ada baiknya Anda sebagai pemilik mobil mengetahui cara memperbaiki coil mobil yang cepat panas.

Coil itu sendiri adalah komponen dengan bentuk bulat memanjang selain memiliki fungsi yang ditopang oleh CDI dan busi, Coil mendongkrak tegangan pada listrik dari aki mobil yang besaran basic-nya sebesar 12 volt menjadi 20 ribu hingga 30 ribu volt.

Perubahan voltase ini dapat terjadi disebabkan ignition coil yang memiliki 2 lembar gulungan yaitu gulungan primer dan gulungan sekunder. Hal ini membantu agar pantikan api yang tersalurkan ke busi dapat merata dan memaksimalkan pengapian yang akhirnya menciptakan tenaga pada kendaraan.

Barangkali cara memperbaiki coil mobil yang cepat panas termudah adalah dengan menggantikan coil yang bermasalah tersebut dengan coil yang baru. Tetapi seringkali terjadi juga coil yang telah diganti dengan yang baru tersebut mngalami hal yang sama dengan coil sebelumnya yaitu cepat panas. Jadi segala komponen yang mendukung sistem pengapian mau tidak mau harus diperhatikan secara detail.

Permasalah pada coil yang cepat panas dugaan terbesarnya adalah pada beberapa komponen yang terangkum sebagai sistem perapian mengalami kerusakan. Komponen tersebut adalah CDI ataupun busi. CDI atau busi sendiri memiliki fungsi untuk mentransfer sinyal ke coil agar dapat mengalirkan arus pengapian.

Terkadang para montir sering menggunakan arus coil bermuatan negatif untuk menghitung perputaran mesin. Apa yang dilakukannya tersebut tidaklah keliru asal dengan catatan bahwa mobil tersebut adalah mobil dengan platina pada sistem pengapiannya. Sedangkan dalam melakukan perputaran mesin pada mobil canggih menggunakan ECU yang berbeda dengan mesin sistem injeksi yang mengambil pembangkit pulsa pada komputer untuk menghitung putaran mesinnya.

Akan menjadi keliru bila arus positif yang diambil dari coil tersebut digunakan untuk mengalirkan arus yang ditujukan ke komponen yang lain misal fuel pump. Arus positif ini dianggap arus kontak, hingga pada saat dinyalakan membuat coil ikut bekerja sehingga coil dipastikan kekurangan suplai daya sehingga coil kehilangan kemampuannya agar dapat mengalirkan arus yang cukup pada busi dan akibatnya putaran mesin melemah kemudian coil cepaT mengalami panas.

Cara memperbaiki coil mobil yang cepat panas sebenarnya berawal dari pemiliihan atau pembelian spare part yang abal-abal. Coil yang tidak orisinil dapat dipastikan cepat rusak. Penentuan cocok tidaknya coil dengan jenis mobil juga sangat berpengaruh, jadi disarankan untuk bertanya kepada mekanik coil yang mana yang cocok dengan jenis mobilnya adalah lebih baik.


Yang tersering direkomendasikan adalah coil dengan 3 baut. Ini menunjukkan bahwa coil tersebut memiliki resistor atau werstan pada bagian atasnya yang berfungsi sebagai penahan panas serta menahan beban berat dalam pengapiannya dan penyeimbang pengapian serta membuat coil memiliki masa pakai yang relatif lebih panjang.

0 Response to "Cara Memperbaiki Coil Mobil Yang Cepat Panas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan