Baterai HP Tidak Bisa Penuh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi pengguna ponsel dengan intensitas penggunaan yang cukup tinggi, khususnya smartphone, pasti sering mengalami kehabisan daya pada baterai ponselnya. Ini masalah klasik yang kerap terjadi, padahal kita tengah asyik chatting atau sedang berada di saat-saat genting yang membutuhkan smartphone tetap berada dalam kondisi standby.

Baterai HP Tidak Bisa Penuh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tapi apa mau dikata, ketika indikator baterai sudah menunjukkan indikasi genting, ponsel pun harus segera di­-charge. Kalau mengikuti ketentuan seharusnya (umur awet baterai), ponsel harus dinonaktifkan bila sedang mengisi daya. Namun berhubung kita tak mau melewatkan sedikitpun hal penting yang berlangsung pada smartphone kita saat sedang di-charge, mau tak mau ponsel pun tetap kita nyalakan (bahkan dipakai untuk aktivitas data) meskipun dalam kondisi sedang di-charge.

Ilustrasi tersebut pasti tak terlalu asing buat kita sebagai pengguna smartphone. Satu masalah yang sering muncul terkait hal ini adalah baterai HP jadi susah terisi penuh ketika sedang mengisi daya. Nah, apakah Anda juga pernah mengalami hal serupa? Baterai HP tidak bisa penuh? Ini penyebab dan cara mengatasinya yang akan kita ulas bersama.

Sebenarnya banyak sebab yang membuat baterai HP kita susah terisi penuh ketika sedang di-charge. Apa saja yang menjadi penyebabnya, berikut di antaranya:

  • Adanya aktivitas penggunaan ponsel oleh pengguna dalam kondisi pengisian daya

Penyebab yang pertama ini rasanya hampir semua pengguna sudah memakluminya dan masih sulit melepaskan kebiasaan menggunakan ponsel dalam kondisi sedang di-cash. Apalagi di era smartphone saat ini, dimana berbagai medsos, game, maupun aplikasi menarik lainnya pada ponsel terasa sangat menggelitik dan sayang kalau dianggurkan. Padahal inilah yang sering menjadi sebab utama habisnya daya baterai atau sulitnya baterai terisi penuh ketika sedang di-charge.

  • Kondisi baterai yang sudah Drop

Kalau ingin memastikan kondisi baterai sudah rusak, maka lepas baterai dari ponsel dan pasang kembali. Bila dari kondisi baterai habis tiba-tiba setelah dipasang nampak baterai penuh, ini berarti baterai sudah nge-drop dan layak diganti.

  • Rendahnya kualitas kabel charger

Yang dimaksud dengan rendahnya kualitas kabel disini adalah kualitas rendah serabut tembaga yang mengisi bagian dalam kabel, dimana jumlah serabut yang ada Cuma sedikit sehingga membuat arus kurang mengalir maksimal.

  • Alat charger yang sudah rusak

Sebaiknya pastikan apakah memang charger yang rusak atau tegangan charger-nya yang memang tak sesuai dengan kebutuhan baterai ponsel.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah di atas? Berikut beberapa solusi yang perlu anda ketahui:


  • Untuk pengisian daya yang benar, usahakan menggunakan alat charger asli atau bawaan ponsel. Atau kalaupun terpaksa menggunakan charger bukan bawaan ponsel, pastikan tegangan charger yang tertera sudah sesuai dengan kebutuhan baterai.

  • Untuk baterai yang drop atau rusak, gantilah baterai ponsel dengan spare-part asli / orisinil HP anda. Kalaupun tidak bisa, usahakan agar spesifikasi baterai kompatibel dengan HP anda.

  • Pastikan waktu pengisian baterai yang anda lakukan sudah maksimal. Rata-rata waktu pengisian yang benar adalah sekitar 2 sampai 4 jam dalam kondisi HP dimatikan. Selain itu juga tergantung pada tegangan charger dan baterai.

  • Apabila semua perangkat charging dan baterai sudah dipastikan tidak bermasalah, ini dia hal yang patut diperhatikan. Pastikan tidak ada aktivitas penggunaan ponsel saat HP di­-charge, apalagi aktivitas data atau aplikasi yang berat. Lebih baik, nonaktifkan ponsel saat pengisian baterai dilakukan.

Demikianlah ulasan berjudul baterai HP tidak bisa penuh? Ini penyebab dan cara mengatasinya kita bahas bersama. Semoga dapat membantu masalah anda.

0 Response to "Baterai HP Tidak Bisa Penuh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan