Panduan Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap 2018

Cara ternak burung labet atau yang paling sering di sebut burung lovebird sebenarnya gampang-gampang susah, soalnya mau di bilang mudah terkadang ada saja hal yang membuatnya susah untuk di rawat. Kalau di bilang susah kadang ada juga mudahnya.

Burung lovebird di indonesia sendiri merupakan salah satu burung primadona bagi kalangan pecinta burung pada saat ini, biasanya dalam perlombaanya burung lovebird atau yang gampangnya di panggil burung labet ini yang di perlombakan iyalah suaranya ataupun kecantian bulu yang terdapat di burung lovebird sendiri.

Panduan Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap 2017

Dari situlah sekarang banyak orang yang awalnya hanya sekedar memelihara burung labet dan ahirnya sampai menjadi peternak. Karena semua pecinta burung pasti tahu harga burung lovebird juga terbilang lumayan di kelas burung lain, tentunya dari harga ratusan ribu sampai harga jutaan untuk per ekor.

Seorang peternak biasanya memilki cara tersendiri dalam memelihara burung lovebird agar tetap sehat, memiliki perkembangan pertumbuhan yang baik, sampai dapat berkembang biak dengan baik pula. Tentu semuanya memiliki rahasianya tersendiri.

Kemudian bagaimana cara berternak burung lovebird bagi pemula agar bisa menjadi bisnis yang menjajikan bagi semua orang yang berminat dalam beternak burung ini. Jawabanya sangat singkat sekali yaitu bagi siapapun yang ingin beternak lovebirid harus memahami faktor-faktor penting yang wajib di pelajari dan di persiapkan. Hal tersebut antara lain:

jenis-jenis penyakit burung lovebird dan cara penyembuhanya

Penyakit pada burung lovebird terbilang banyak, jadi untuk mengobatinya anda harus tahu jenis penyakitnya.

  • Penyakit Mata Atau Snot, penyakit ini terbilang berbahaya biasanya di tandai dengan mata pada burung yang mengluarkan cairan yang tidak biasa. Cara pengobatanya pisahkan burung lovebird yang sakit dengan burung lovebird lain karena penyakit ini menular dan secepatnya berikan obat MGS Bird Farm.

  • Gangguan pernapasan, biasnya penyakit ini di tandai dengan kluarnya cairan kental pada lubang hidung dan untuk cara pengobatanya dengan cara membersihkan sangkar secara rutin bila perlu dengan menyemprotkan anti septik karena kebanyakan di sebapkan bakteri.

  • Penyakit kutu, Penyakit kutu ini biasanya di tandai dengan seringnya burung lovebird mematuki tubuh atau bulunya sendiri dan untuk menanganinya selalu bersihkan sangkar burung secara rutin dan pastikan sarang benar-benar bersih.

  • Penyakit bubul, biasnya di tandai dengan membengkaknya area kulit dan yang paling sering terjadi pada bagian jari kaki. Untuk mengobatinya bisa mengoleskan bitadin di area bubul dan jangan lupa selalu membersihkan area bertengger burung dan lantai pada sangkar burung.

  • Penyakit berak kapur, penyakit ini biasanya di tandai dengan kotoran burung yang memutih dan terlihat bening di bagian sisi kotoran dan encer. Cara pengobatanya dengan memberikan obat Tetra chlor atau menggunakan bawang putih yang di potong kecil-kecil.

Cara meracik makanan untuk anakan lovebird

Di sini saya akan mengajarkan anda bagai mana membuat pakan lovebird yang hemat dan mempunyai daya vitamin, protein, dan karbohidrat yang cukup demi kesehatan si anak lovebird. Caranya dengan menggunakan bubur bayi SUN kemudian tuangkan bubur SUN ke mangkuk kecil secukupnya atau bisa di kira-kira banyaknya anakan lovebid yang di pelihara.

Campur bubur SUN dengan air secukupnya pastikan jangan terlalu encer dan tambahkan Vitamin burung misalnya vitamin OrBird yang memang spesialis vitamin burung terutama untuk burung jenis lovebird. Untuk membantu melolohnya anda juga bisa menggunakan suntik khusus tanpa jarum agar lebih memudahkan pakan di cerna burung.

Cara pembuatan sangkar lovebird

Sangkar untuk sepasang burung labet biasanya memiliki ukuran 60 x 60 x 60 cm dan memiliki kerapatan jeruji kurang lebih 0,50mm. Untuk area sarang biasnya memiliki diameter 20 x 25 x 25 cm dan pastikan ukuran sarang tidak terlalu besar dan tidak terlau kecil, lebih mudahnya ikuti saran ukuran di atas.

Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Biasanya burung labet betina memiliki tubuh yang lebih besar di bandingkan jantan namun ukuran pada kepala betina akan sedikit lebih kecil, betina biasnya memliki suara yang sangat panjang di banding jantan, bentuk tubuh pada burung labet betina biasanya juga akan lebih bulat.

Di tambah pada saat bertengger kaki lovebird jantan akan lebih sempit membuka di bandingkan yang betina yang jauh leibh renggang kakinya dalam bertengger. Dan ter ahir jangan sampai tertipu ketika anda meilihat puluhan lovebird di dalam sangkar kemudian ada seperti 2 lovebird saling berdempetan seolah-olah yang anda lihat adalah pejantan dan betina, tetapi kenyataanya burung tersebut sesama jenis yaitu jantan dengan jantan dan sebaliknya.

Cara menentukan usia burung lovebird yang produktif

Burung labet betina biasnya memiliki suara yang sudah setandar burung labet betina lain dan idealnya memiliki umur 1 tahun, kemudian untuk jantan usia idealnya 8 bulan dan sudah siap di kembang biakan dengan cara di kawinkan dengan burung lovebird lain.

Tata cara mengkawinkan lovebird betina dan pejantan

Untuk usia perkawinan lovebird seperti yang saya jelaskan di atas, kemudian untuk cara pengawinanya agar mendapatkan anak yang bagus baik dari segi suara maupun kecantikan warna bulunya. Biasanya para peternak lebih banyak menggunakan sistem perkawinan poligami maksudnya 1 pejantan mengawin 3 betina.

Menentukan tujuan berternak burung Lovebird

Pada faktor-faktor di atas faktor inilah yang paling penting yaitu menentukan tujuan berternak misalnya beternak lovebird yang mengutamakan kecantikan bulunya bisa menggunakan sistem poligami untuk caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Kemudian apabila beternak dengan tujuan agar burung yang di hasilkan memiliki suara yang bagus silahkan mencari bibit betina yang bagus pula.

Jadi itulah faktor terpenting yang bisa anda pahami sebelum menjadi seorang peternak burung labet yang hebat, dan saran saya bila memang anda serius untuk menjadi peternak burung ini silahkan perbanyak pengetahuan anda tentang burung labet.

Misalnya dengan cara membeli buku seputar burung labet atau membaca informasi dan bila perlu mengikuti pelatihan dalam memelihara burung labet ini. Dan harapan saya semoga informasi yang di tulis ini dapat bermanfaat bagi banyak orang terutama bagi anda yang sedang mencari cara praktis berternak burung labet bahkan anda masih pemula pun bisa.

Apabila dari pembahasan kali ini ada yang kiranya bapak atau mas tanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar dan sebisa mungkin saya akan menjawab pertanyaan  yang anda tanyakan demi kemajuan pecinta burung lovebird indonesia.

Pencarian terkait:

- harga lovebird terbaru 2017
- cara ternak lovebird lutino
- artikel contoh kandang untuk beternak lovebird
- ternak lovebird kandang kapsul
- ternak lovebird di sangkar gantung
- ternak lovebird di dalam rumah
- cara ternak lovebird koloni pemula
- cara ternak lovebird agar cepat bertelur
- ternak lovebird di luar ruangan
- kandang ternak lovebird ideal
- ternak lovebird menggunakan kandang kapsul
- cara ternak lovebird ngekek panjang
- cara ternak lovebird rumahan
- ternak lovebird supaya cepat bertelur
- ternak lovebird tanpa kangkung dan jagung
- ternak lovebird tanpa sinar matahari
- cara ternak lovebird warna unik
- ternak lovebird yang baik dan benar

6 Responses to "Panduan Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap 2018"

  1. Wah thanks gan lengkap banget, saya bookmark dulu siapa tahu nanti beli burung Lovebird...

    ReplyDelete
  2. Lengkap sekali artikelnya jadi gak harus browsing ketempat lain. Memang menguntungkan kalau sampai bisa sukses ternak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..tapi dalam berternak sesorang memang harus di tuntut untuk selalu belajar mengenai burung lovebird.

      Delete
  3. ini bisa saya coba karena masih belum pernah ternak burung

    ReplyDelete
  4. Iya mas...selamat berexperimend ya.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan