Kelebihan dan Kekurangan Musik Barat vs Musik Indonesia

Terdapat banyak sekali kelebihan dari ke 2 jenis musik di atas, namun di sisi lain kelebihan yang di miliki juga menyimpan beberapa kelemahan atau bisa di bilang kekurangan baik segi lirik, nada, dan ekspresinya yang bisa kalian rasakan sendiri saat kalian mendengarkan 2 jenis musik di atas.

Kelebihan dan Kekurangan Musik Barat vs Musik Indonesia

Sebelum saya ulas lebih dalam apa saja kelemahan dan kelebihan dari musik barat dan musik indonesia saya akan mengajak kalian untuk mengenali beberapa jenis musik yang terdapat di 2 musik tersebut. Karena yang kita pahami bahwa jenis-jenis musik di setiap negara pasti berbeda-beda dan tentunya lebih dari satu jenisnya.

Untuk musik di indonesia sendiri jenis musik yang paling banyak di gemari oleh penduduk indonesia untuk kelas bapak-bapak ataupun ibu-ibu pasti kebanyakan menyukai jenis musik Dangdut. Sementara untuk kelas remaja sampai dewasa akan lebih menyukai jenis musik pop yang biasanya banyak menyanyikan lagu tentang percintaan.

Jika saya mengulas jenis-jenis musik di indonesia pasti butuh banyak waktu untuk membahasnya karena jenis musik di indonesia tergolong banyak sekali jenisnya apalagi kalau membahas para penyanyinya atau bisa di katakan artis lah kalau sudah di jaman yang serba modren ini.

Kemudian Apasih Kelebihan dan Kekurangan Musik Indonesia?

Kelebihan musik dari indonesia bila kita ambil dari jenis musik dangdut akan terasa bahwa kelebihanya di bagian irama musik yang di mainkan oleh pemegang alat, di samping kesuksesan dalam memainkan alat musik  ternyata juga ada yang sangat mempengaruhi yaitu penyanyinya. Tanpa penyanyi, sebaik apapun pemain alat musik memainkannya maka kurang maksimal bila tiada penyanyinya.

Kemudian mengambil dari jenis musik pop, pasti kalian semua terutama yang remaja akan sangat terasa bahwa kelebihan dari musik indonesia di jenis pop ini iyalah penghayatan si penyanyi dalam menyanyikan lagunya sangat menyentuh sekali dan seolah-olah orang yang mendengarkanya akan terasa seperti dalam alunan cerita musik pop tersebut.

Terkadang jenis musik pop lebih mementingkan perasaan si pendegar misalnya lagu pop tentang percintaan yang mengepresikan rasa kehilangan, galau, bersedih, putus cinta. Atau jenis musik pop yang seolah-olah menceritakan hal yang sangat gembira dan orang yang mendengarkanya pun akan terasa termotivasi baik dalam mengejar impian atau mengingatkan bahwa tidak ada gunanya menyesali penyesalan yang sudah terjadi.

Tetapi, dari sekian banyak jenis lagu-lagu di indonesia hanya sekitar 25% lagu yang bisa memotivasi seseorang agar terus bersemangat dan mengingatkan untuk meninggalkan masa lalu yang sangat suram demi pencapaian masa depan yang lebih luas kembali. Dan kebanyakan jenis musik di indonesia di bagian pop ataupun dangdut lebih memilih lagu dengan tema percintaan dan kebanyakan menceritakan tentang kegelisahan, kegalauan atau yang mengarah ke hal yang sedih.

Lalu apa Kelebihan dan Kekurangan Musik dari Barat?

Bila berbicara musik dari barat, sebenarnya hampir sama dengan musik indonesia namun bila berbicara dari jenis yang sering trending terdapat jenis yang berbeda-beda misalkan jazz, dance, rock, remix dan masih banyak lagi. Di karenakan musik dari barat juga sangat bermacam-macam jadi jangan heran jika jenis musik yang populer pun sangat banyak di bagian barat.

Untuk kelebihan musik barat sendiri biasanya lebih mengusung kepada hal yang berbau kesenangan, hiburan, dansa, atau dugem-dugem gitu la. Di karenakan di bagian barat banyak sekali pecinta musik yang menyukai musik yang memiliki suasana semangat dengan tujuan untuk melupakan masalah atau pikiran di hari pekerjaanya sesaat demi menghibur dirinya sendiri dengan musik-musik ini.

70% musik dari barat yang sedang populer pada saat ini iyalah jenis musik remix, musik remix pada saat ini lebih di sukai oleh kalangan muda maupun dewasa. Namun untuk musik percintaan di bagian barat, hanya 30% saja yang populer dan itupun terkadang dalam memberikan irama musiknya sudah di campur dengan jenis musik remix agar mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar agar musik yang di nyanyikan dapat populer seperti jenis musik lain.

Jika berbicara dari segi kekurangannya musik barat lebih menonjolkan musik yang sering berbau dengan kesenangan dan sedikit sekali para pemusik yang menyanyikan lagunya dengan penghayatan yang tinggi seperti di indonesia, apa lagi musik yang di nyayikan bertemakan percintaan maka indonesialah yang mempunyai tingkat penghayatan yang dalam seolah-olah hal tersebut benar-benar terjadi pada diri si penyanyi ataupun pada diri si pendengar.

Ya mungkin itulah kelebihan dan kekurangan dari musik barat, yang sudah kita bahas pada kali ini. Dan mungkin masih ada kelebihan ataupun kekurangan yang lain yang dapat kalian tambahkan sendiri di kolom komentar agar semakin lengkap, sebenarnya apasih kelebihan dan kekurangan musik indonesia dan musik barat itu?

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Musik Barat vs Musik Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan