Faktor Penyebab Terjadinya Korupsi Dan Cara Mengatasinya

Best Artikel 2018 | Tindakan korupsi adalah tindakan yang sangat merugikan yang biasanya di lakukan perorangan maupun di lakukan oleh beberapa orang, korupsi biasanya di lakukan oleh kalangan pejabat-pejabat yang mengapdi kepada negara namun sayang pegabdianya bukan merupakan hal yang tulus melainkan ada sebab dan tujuan tersendiri.

Akibat terjadinya korupsi negara akan kehilangan dana yang seharusnya dana tersebut di berikan mungkin untuk kegiatan pembangunan ataupun untuk membeli perlengkapan negara. Di indonesia sendiri bila kita berbicara tentang korupsi saya rasa orang yang tidak bersekolah pun akan tahu dan paham apa pengertian dari korupsi dan apa saja dampak yang di timbulkan dari korupsi sendiri.

Sebelum kita membahas lebih dalam faktor dan penyebab terjadinya korupsi di sini saya akan mengajak anda untuk memahami apa saja hal yang di timbulkan akibat terjadinya korupsi. Pastinya semua akibatnya akan sangat merugikan baik bagi negara maupun seluruh masyarakat, adapun akibat terjadinya korupsi iyalah:

Faktor Penyebab Terjadinya Korupsi Dan Cara Mengatasinya

- Negara akan mengalami kerugian yang besar akibat ulah oknum-oknum pejabat yang mempunyai sifat tikus berdasi.

- Akibat lain yaitu akan menjadi masalah negara dalam mengatur uang kembali karena terdapat dana yang menghilang tanpa ada konfirmasi dari pemerintah.

- Apabila dana yang di korupsi tersebut adalah dana untuk keperluan pembangunan di berbagai daerah maka akan tejadinya pengunduran ataupun keterlambatan dalam pembangunan, akibatnya dana yang seharusnya di salurkan ke daerah-daerah mengalami kekurangan dari jumlah dana yang di berikan dari negara.

Kemudian berbicara tentang faktor terjadinya korupsi biasanya terbagi menjadi 2 faktor yaitu faktor penyebab korupsi Internal dan Eksternal. Lalu apa saja faktor Eksternal dan faktor Internal itu serta apa yang di maksud dengan faktor Eksternal dan Internal penyebab terjadinya korupsi.


Untuk Faktor Eksternalnya:


1. Lemahnya Hukum di Indonesia

Untuk faktor yan pertama ini saya yakin anda semua sudah sangat mengerti sekali, seperti yang kita rasakan sama-sama bahwa hukum di indonesia tentang korupsi sangat nyaman sekali. Seharusnya hukum untuk pelaku korupsi harus sangat tegas sekali dan bila perlu hukum seberat-beratnya sampai pelaku merasa jera atas perbuatanya,

2. Keterbatasan Ekonomi

Faktor yang ke-2 ini sangat mempengaruhi sekali karena banyak sekali berita baik kriminal seperti kejahatan, pembunuhan, perampokan dan lain sebagainya bisa terjadi akibat faktor keterbatasan ekonomi atau terdesaknya kebutuhan ekonomi. Apalagi di kalangan seperti ini yang sangat sering sekali memegang uang demi rakyat dan padahal orang tersebut sudah sangat di percaya oleh masyarakat, tapi na'as pelaku tidak mampu menjaga kepercayaan yang telah di berikan oleh masarakat terhadap dirinyanya sendiri.

3. Faktor Organisasi

Yaitu kurangnya sikap seorang pemimpin yang mampu memberikan contoh yang baik dan yang patut di contoh bagi bawahanya untuk menjadi teladan yang baik, seperti kebanyakan pendapat bahwa baik atau buruknya sebuah pemerintahan itu faktor terbesarnya adalah seorang pemimpin. Bila seorang pemimpin mampu memimpin dengan baik maka akan semakin baik pula pemerintahanya begitu pula sebaliknya.


Untuk Faktor Internalnya


1. Kurangnya Iman

Faktor utama yang sangat mempengaruhi seseorang adalah kurangnya iman, bila seseorang mumpunyai iman pada dirinya tidak mungkin orang tersebut mau melakukan hal yang jelas-jelas di larang agama dan negara. Solusinya perbanyak iman dan banyak-banyaklah mengingat tuhan.

2. Mempunyai Sifat Rakus / Tamak

Sifat seperti ini biasanya tumbuh di dalam diri seseorang karena ada kebiasaan ataupun dari bawaan keturunan, seseorang yang mempunyai sifat seperti ini amat sangat merugikan masyarakat dan orang lain. Solusinya untuk mencegah terjadinya korupsi haruslah di landasi dengan tekat yang kuat.

3. Gaya Hidup Yang Berlebihan

Terjadinya korupsi juga bisa terjadi akibat faktor gaya hidup yang berlebihan, gaya hidup yang berlebihan biasanya akan mempempengaruhi seseorang dalam melakukan korupsi. Hal ini di sebabkan oleh hasil pendapatan gaji yang tidak sesuai dengan kebutuhan, akibatnya seseorang mau melakukan cara agar kebutuhanya bisa terpenuhi dengan cara menghalalkan berbagai  cara.

Mungkin itulah faktor penyebab korupsi dan solusianya serta cara mencegah dan mengatasi korupsi yang sudah anda baca, semoga apa yang saya tulis dapat membantu anda dalam memahami beberpa penyebab terjadinya korupsi. Dan apabila terdapat pertanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar.



Kata Kunci Pencarian:


  • faktor penyebab terjadinya korupsi internal dan eksternal
  • faktor internal terjadinya korupsi
  • faktor utama terjadinya korupsi adalah
  • faktor pendorong terjadinya korupsi menurut para ahli
  • faktor yang menyebabkan terjadinya korupsi di indonesia
  • faktor internal dan eksternal terjadinya korupsi di indonesia
  • pengertian dan faktor terjadinya korupsi
  • faktor-faktor yang mendukung terjadinya korupsi
  • penyebab terjadinya korupsi menurut para ahli
  • penyebab terjadinya korupsi dan cara mengatasinya
  • penyebab terjadinya korupsi dan cara menanggulanginya
  • dampak terjadinya korupsi
  • penyebab korupsi dalam perspektif teori
  • cara pencegahan korupsi di indonesia
  • cara memberantas korupsi di indonesia
  • makalah cara mengatasi korupsi
  • upaya pencegahan korupsi secara preventif
  • cara mencegah korupsi sejak dini
  • solusi untuk mengatasi kasus korupsi

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Korupsi Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan