Cara Tercepat Mengatasi '' Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti '' Pada Smartphone Android

Permasalah yang sangat-sangat sering terjadi bahkan tidak asing lagi di kalangan para pengguna smartphone pada saat ini. Mungkin kalian sering branggapan bahwa hal tersebut adalah hal yang sudah umum terjadi kepada para pengguna android lain, memang benar karena menyangkut ke dalam beberapa faktor kenapa hal tersebut bisa sering terjadi.

faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi antara lain karena faktor yang utama yaitu karena kualitas smartphone sendiri. faktor kualitas smartphone yang di libatan bukan menyagkut faktor apakah kualitas fisiknya bagus atau tidak, namun faktor yang mempengaruhi iyalah di bagian ram pada smartphone tersebut.

Cara Tercepat Mengatasi '' Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti '' Pada Smartphone Android

Seperti yang kita ketahui pada saat ini bahwa semakin besar ram pada smartphone maka akan semakin baik dan akan semakin leluasa bahkan dengan mempunyai ram yang besar seseorang juga bisa memainkan aplikasi yang mempunyai kapasity besar tentu saja akan memakan ruang yang besar.

Dan masalah ini sering terjadi pada saat meng instal aplikasi maupun game pada perangkat smartphone yang mempunyai ukuran yang cukup besar yang menyebabkan sedikitnya ruang yang tersisa. Dan itulah benyebab terbesar yang menyebabkan saat membuka aplikasi selalu muncul '' Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti ''.

Bahkan kata-katanya juga tidak sama terkadang perbedaan kata-kata seperti di atas di karenakan faktor perbedaan merk smartphone namun mempunyai makna yang sama. Biasanya kata-kata yang menyangkut atau masih dengan inti yang sama seperti kata '' sayangnya proses com.android.phone telah berhenti '' atau lebih singkat lagi '' sayangnya setelan telah berhenti ''.

Yang paling sering iyalah tiga kata tersebut sebenarnya ada satu kata yang jarang muncul namun juga memiliki inti maupun peringatan yang sama yaitu '' sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti '' tetapi untuk mengatasi hal tersebut masih dalam satu cara yang saya jelaskan di bawah ini.

cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi hal tersebut iyalah sebagai berikut.

1. Kurangi memperbanyak aplikasi & game

Kurangi yang di maksud iyalah dengan tidak memperbanyak aplikasi maupun game yang terdapat dalam smartphone dalam jumlah yang banyak atau bisa dengan cara installah aplikasi maupun game yang kiranya penting-penting saja. Atau bisa dengan cara menginstal secara bergantian msisalkan pada minggu ini kalian ingin bermain game contoh Minecraft kemudian minggu depanya lagi berganti instal game lain dan apabila game yang sudah di instal sebelumnya sudah bosan bisa kalian hapus agar tidak terjadi penumpukan cache.

Hal ini bertujuan agar kapasitas internal kalian tidak terlalu  penuh agar smartphone kalian juga tidak lambat dan bila terlalu banyak menginstal aplikasi maupun game maka potensi awal akan mempengaruhi ram yang menyebabkan penyempitan ram yang bisa berakibat kesalahan seperti pembahasan kita kali ini.

2. Re star ( Muat Ulang)

Bila cara pertama sudah kalian terapkan silahkan langkah selanjutnya untuk merestar Smartphone kalian dan tunggu sampai prosesnya selesai. Untuk cara mengatasi sayangnya setelan telah berhenti.

3. Hapus Data Aplikasi / Game

untuk cara mengatasi sayangnya proses com.android.phone telah berhenti dengan cara meghapus data aplikasi / game pada Smartphone kalian (Bukan Aplikasinya). Untuk cara-caranya apabila kalian belum tahu silahkan buka pengaturan pada smartphone kalian kemudian cari tab kategori '' Manejer Aplikasi '' atau yang sejenisnya biasanya lain merk smartphone maka lain juga nama kategorinya.

kemudian cari aplikasi / game yang bermasalah tersebut misal saya ambil contoh saya ingin memperbaiki game yang baru saya instal namun tidak bisa terbuka dengan permasalahan saya misal game yang saya instal adalah game '' Clash of Clans ''. Maka cari game tersebut di manajer aplikasi dengan nama dan game tersebut.

langkah selanjutnya yaitu klik game tersebut maka akan muncul di bagian laman baru di dalam game tersebut dan terdapat beberapa pilihan antara lain '' copot pemasangan'', '' hapus data aplikasi'' dan masih terdapat menu lain lagi. Tetapi saya hanya menyarankan kalian untuk mengklik hapus data pada aplikasi yang bermasalah tersebut.

Bila ketiga cara tersebut sudah kalian lakukan silahkan kalian tes aplikasi / game yang tidak bisa di buka tadi seperti biasa layaknya membuka aplikasi. Dan lihat apa yang terjadi, jika berhasil maka akan tetap lanjut di bagian game tersebut. namun apabila masih tetap muncul seperti itu juga.

saya sarankan untuk melihat ruang ram kalian dan jangan lupa untuk melihat kapasitas game/ aplikasi yang bermasalah tersebut. karena terkadang seseorang dengan mudahnya menyalahkan tata cara padahal yang bermasalah tersebut kapasitasnya sangat besar yang memang smartphone tidak mampu untuk menjalankanya, otamatis walau di coba ratusan kali cara di atas pun tetap tidak akan bisa.

SARAN DARI SAYA

Cara tersebut memang belum di coba di berbagai merk smartphone dan hanya pernah di uji cobakan di dua merk smartphone yaitu samsung dan VIVO. Namun bukan berarti di smartphone lain cara ini tidak berhasil hanya saja kami belum mencoba di smartphone merk lain.

oya ada satu lagi yang wajib kalian pahami permasalahan di atas lebih sering terjadi di smartphone cihna karena pasti kalian tahu sendiri produk-produk dari china itu murah tapi katanya kualitas bagus tapi buktinya kalian pasti tahu sendiri. cara di atas juga masuk ke di dalam pembahsan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.

dan hal tersebut tidak salah lagi yaitu kelebihan muatan kapasitas memori yang menyebabkan apabila kalian menjalankan aplikasi terkadang dapat keluar sendiri tanpa ada alasan dan hal tersebut sering disebut force close yang pastinya akan membuat semua orang emosi.


itulah hasil pembahasan kita kali ini seputar cara mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”pada smartphone Android. Mungkin dari pembahasan tersebut terdapat pertanyaan yang ingin di tanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar maka sebisa mungkin saya akan menjawabnya.

4 Responses to "Cara Tercepat Mengatasi '' Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti '' Pada Smartphone Android"

  1. Thanks gan infonya. Sekarang aplikasi smartphone kesayanganku jadi nggak error' lagi. Dulunya muncul kyk gitu terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok terimakasih telah menjadi bagian bukti dari informasi yang sudah saya buat ini...

      Delete
  2. Wah ternyata masih berhasil cara ini. Terimkasih hp saya dak kumat lagi

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan