Teknik Dasar Permainan Bola Voli Beserta Penjelasan Lengkap

Bola voli adalah salah satu olahraga yang paling di gemari terutama untuk orang indonesia, selain cara bermainya juga lumayan mudah dan hampir semua orang indonesia bisa bermain bola voli atau paling tidak tahu teknik dasar bermain bola voli.


teknik dasar permainan bola voli

Teknik dasar dalam permainan bola voli juga tidak banyak dan bisa dengan mudah di coba maupun di pelajari bagi pemain pemula untuk bisa menguasai cara-cara bermain bola voli yang benar. Teknik dasar bermain bola voli ada 4 antara lain:

1. Teknik Service

Teknik service adalah upaya pemain awal dalam permainan bola voli melakukan pukulan utama dengan cara mengambil langkah pada sudut pojok dengan memukul bola hingga melampaui net yang sudah di tentukan dengan tujuan dan sekaligus tanda bahwa permainan telah di mulai dan sedang berlangsung.

2. Teknik Block

Teknik Block adalah upaya pemain menghalau dengan kata lain membendung bola yang di pukul oleh tim lawan menuju ke tim yang di serang dengan pukulan smash atau pukulan yang bisa di block dan cara ini biasanya di lakukan oleh satu atau dua orang pemain seregu, dengan cara meloncat di dekat net pada saat tim lawan melakukan pukulan dengan target utama menahan bola yang meluncur ke tim sendiri.Dan pengeblock tidak boleh tubuh atau tanganya terkena net, apabila terkena net maka walaupun block berhasil di lakukan skor akan di dapat oleh tim lawan.

3. Teknik smash

Teknik smash Adalah upaya tim lawan memberikan sebuah peluang pukulan yang tepat atau dengan kata lain smash kepada tim sendiri baik pada saat service atau hasil dari teknik passing dari tim lawan. Cara menyemash ini juga bisa di lakukan apabila tim seregu mendapatkan peluang melakukan passing dan biasanya passing bisa di lakukan 3 kali dan kesempatan terahir dalam melakukan passing itulah yang di arahkan tim seregu yang sudah siap untuk mensmash bola voli ke tempat lawan dengan pukulan sekuat-kuatnya dengan tujuan tidak bisa di ambil oleh tim lawan.

4. Teknik Passing

Teknik passing adalah upaya pemain menerima bola dari lawan untuk di mainkan atau di oper kepada teman seregunya dan bisa menjadi peluang emas bagi pemain yang bisa memanfaatkan cara tersebut untuk melakukan smash.Dan passing juga terbagi kedalam 2 bagian yaitu passing bawah dan passing atas.

Passing bawah di gunakan pada saat tim lawan melakukan serangan yang mengarah ke bawah dengan tujuan agar bola bisa di kuasai dan menjadi normal kembali dalam pemanfaatan untuk di jadikan peluang.Cara melakukanya cukup tangan kanan kalian di letakan di tangan kiri dan tangan kiri kalian mengepal tangan kanan dengan posisi jempol berada di atas baik yang kiri maupun yang kanan.

Sementara passing atas di gunakan ketika menerima bola dengan posisi lawan mengoper bola dengan pas dan biasanya passing atas sering di gunakan untuk mengoper yang menjadi cikal bakal melakukan pensmashan. Caranya juga mudah cukup kedua tangan di angkat ke atas dan posisi jari kalian di lemaskan dan bola akan seperti tertahan di sebuah lontaran pir dan segera kalian oper kepada teman seregu apabila masih ada kesempatan untuk memainkan di regu sendiri.

Dari ke empat teknik dasar di atas bisa kalian pelajari lebih dalam lagi bagai mana gerakanya dan bagai mana cara atau bentuk persiapanya, tentunya bisa kalian pelajari dan di praktekan oleh guru sekolah kalian atau di guru olahraga kalian.

Saran dari saya

Karena permainan bola voli ini adalah permaian yang menggunakan tumpu tangan lebih banyak dari pada kaki jadi sebelum melakukan permainan bola voli ini harus melakukan pemanasan agar tangan menjadi lentur dan tidak tegang, dan yang terpenting saat melakukan permaian bola voli kalian rileks dan jangan tegang.Apabila kalian tegang saat bermain bola voli tidak di ragukan lagi kalau saat memukul bola arah bola kalian bisa miring dan tentunya jangan mudah putus asa ya.


Kata kunci pencarian:

▪ 5 teknik dasar permainan bola voli
▪ teknik dasar bola voli dan cara melakukannya
▪ teknik dasar bola voli beserta gambarnya
▪ peraturan permainan bola voli
▪ materi voli ringkas dengan penjelasan lengkap
▪ teknik dasar bola voli smash
▪ cara bermain bola voli
▪ teknik dasar bola basket
▪ sejarah permainan bola voli
▪ teknik permainan bola voli
▪ peraturan bola voli

0 Response to "Teknik Dasar Permainan Bola Voli Beserta Penjelasan Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bertanya sesuai topik pembahasan